√ Pengertian Manajamen Perusahaan Beserta Fungsinya --> -->

Advertisement

Pengertian Manajamen Perusahaan Beserta Fungsinya

Kamis, 10 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Manajamen Perusahaan Beserta  Fungsinya

PEMUDABERSATU.COM - Apa sih yang dimaksud dengan manajemen perusahaan? Pengertian Manajemen Perusahaan secara umum adalah suatu serangkaian unsur dalam perusahaan sebagai proses memimpin, mengarahkan serta mengadministrasikan sumber daya yang telah dimiliki perusahaan. Melalui penjelasan pengertian manajemen perusahaan diatas maka sudah terlihat bahwa manajemen adalah suatu unsur penting yang harus dimiliki sebuah perusahaan bisnis.

Ekonomi Manajemen Perusahaan


Pengertian Ekonomi Manajemen Perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan, ekonomi manajemen merupakan suatu komponen penting yang harus dimiliki perusahaan agar dapat mewujudkan visi misi perusahaan yang ingin dicapainya. Tanpa adanya manajemen perusahaan yang baik beserta struktur organisasi yang jelas, maka tujuan perusahaan akan sangat sulit dicapai dan justru akan dapat menimbulkan ketidakjelasan pekerjaan serta tanggung jawab setiap anggotanya.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Aset

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli


Apakah manajemen perusahaan itu? Untuk Definisi manajemen perusahaan sebetulnya sudah dijelaskan oleh beberapa ahli manajamen, diantaranya ialah:

1. George R. Terry (1997)
Menurut Ahli manajemen George R. Terry, manajemen perusahaan adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari perencanaan/planning, penyusunan/organizing, dan pengarahan /actuating, serta pengendalian /controlling, yang dimana dilakukan agar dapat mencapai tujuan utama perusahaan yang dengan melibatkan manusia dan sumber daya lainnya.

2. Koontz
Menurut Koontz, arti manajemen perusahaan merupakan suatu seni yang produktif yang di dasarkan pada sebuah pemahaman ilmu, yang dimana ilmu dan seni tidak bertentangan, akan tetapi keduanya saling melengkapi.

3. Wilson
Menurut Wilson, pengertian manajemen perusahaan ialah suatu serangkaian tindakan atau upaya anggota perusahaan agar dapat mencapai sasaran atau target bisnis yang telah dinaungi perusahaan itu, yang dimana proses tersebut dapat dicapai melalui aktivitas yang sistematis.

4. Stoner
Menurut Stoner, arti manajemen perusahaan adalah suatu proses dalam membuat suatu perencanaan, penyusunan, dan pengendalian, serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas ataupun organisasi menggunakan semua sumber daya yang telah dimiliki agar dapat mencapai tujuan yang telah diinginkan.

5. Lawrance A. Appley
Menurut Lawrance A. Appley, arti manajemen perusahaan adalah tentang seni agar dapat mencapai sebuah tujuan yang telah dinginkan dan yang dilaksanakan dengan usaha orang lain.

6. Mary Parker F
Menurut Mary Parker F, manajemen di dalam perusahaan merupakan suatu seni, di tiap-tiap pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan bantuan orang lain.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Waktu

Struktur Manajemen Perusahaan


Perusahaan biasanya memiliki beberapa komponen manajemen perusahaan, agar dapat mewujudkan fungsi dari manajamen perusahaan tersebut,  yang sudah terbagi berdasarkan tugas dan tanggung jawab. Tugas dan tanggungjawab itu diwujudkan melalui sistem divisi yang biasa disebut juga sebagai departemen yang bertingkat yaitu:

1. Human Research
Divisi yang bertugas sebagai penilai yang memberikan saran serta wawasan terhadap sumber daya yang biasanya dipimpin seorang HRD.

2. Credit Risk
Divisi ini bertanggung jawab untuk melindungi serta memberi pengawasan terhadap aset perusahaan dan juga sebagao pemegang informasi lengkap yang bisa berpengaruh terhadap perusahaan.

3. Corporate Treasury
Divisi corporate treasury yang bertanggungjawab sebagai pengelola keuangan perusahaan.

4. Compliance
Divisi tersebut bertindak untuk mengidentifikasi serta memberi bimbingan terhadap pelanggaran aturan dan juga sebagai pendesain aturan yang efektif yang berfungsi untuk mendukung komitmen perusahaan.

5. Firm Risk Management
Divisi firm riks management ini bertanggung jawab atas pengembangan manajemen risiko.

6. Firm Strategy and Execution
Divisi ini bertanggungjawab untuk membantu di dalam pengambilan keputusan perusahaan.

7. Finance
Divisi yang bertugas melaporkan keuangan perusahaan kepada pimpinan perusahaan.

8. Internal Audit
Divisi inilah yang memberikan tinjauan independen dari kualitas pengendalian internal, dan manajemen risiko, serta sistem tata kelola proses perusahaan.

9. Market Risk
Divisi yang bertugas mengelola semua eksposur risiko pasar di dalam kegiatan bisnis perusahaan yang dilakukan.

10. Operational Risk
Bagian dari perusahaan yang bekerja sama dengan unit bisnis ataupun kelompok kontrol untuk dapat  membantu memastikan bahwa perusahaan memiliki program yang transparan.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Logistik

Pengelolaan Manajemen Perusahaan


Pengelolaan Manajemen Perusahaan

Didalam pengelolaan manajemen perusahaan yang baik tentunya anda harus memahami fungsi dan kegiatan serta tingkatan dari manajemen perusahaan tersebut, berikut ini adalah fungsi dan langkah langkah dalam mengelola manajemen perusahaan beserta tingkatan manajemen di dalam perusahaan.

Fungsi Manajemen Perusahaan


Seberapa penting manajemen perusahaan itu? Dari beberapa pengertian manajemen perusahaan yang telah kita uraikan diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan adanya manajemen perusahaan yang baik serta terstruktur dalam sebuh bisnis /organisasi memiliki beberapa fungsi penting antara lain ialah:

1. Memimpin (Leading)
Manajemen perusahaan yang telah dijalankan oleh seorang manajer yang tentunya bertindak untuk memimpin supaya tujuan perusahaan dapat tercapai. Seorang manajer yang menjalankan manajemen perusahaan memiliki tugas Sebagai berikut:


  • Mengambil keputusan
  • Melakukan komunikasi
  • Memberi motivasi
  • Menentukan SDM untuk masuk divisi tertentu

Pengembangan SDM yang melalui sebuah penilaian terhadap hasil kinerja dengan memberikan sebuah saran maupun promosi.

2. Merencanakan (Planning)
Manajemen dalam perusahaan berfungsi sebagai perencana aktivitasa dan kegiatan seperti apa yang akan dilakukan oleh anggota perusahaan. Perencanaan tersebut antara lain:


  • Menentukan jenis kegiatan
  • Menetapkan waktu pelaksanaan kegiatan
  • Membuat target atau sasaran dari setiap kegiatan
  • Mengatur jadwal (scheduling)
  • Mengendalikan biaya agar tidak overbudget
  • Membuat standar operasional prosedur dari setiap kegiatan

Fungsi ini sangat penting sebab tanpa adanya suatu manajemen perusahaan yang baik, maka perusahaan akan sulit bergerak sesuai dengan tujuan semula.

3. Menyusun (Organizing)
Adanya suatu manajemen perusahaan maka dapat berperan sebagai pengatur serta penghubung antar divisi pekerjaan sehingga pelaksanaan disetiap tanggungjawabnya lebih efisien dan efektif, seperti:


  • Membuat desain struktur organisasi
  • Menentukan job description
  • Mendelegasikan tanggung jawab
  • Menetapkan hubungan-hubungan yang akan membedakan antara atasan dan staff
  • Mendeskripsikan sesuatu hal yang akan berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.


4. Pengawasan (Controlling)
Setiap kegiatan memiliki tanggung jawab masing-masing divisi, maka dari itu di dalam perusahaan perlu dilakukan pengawasan yang berguna sebagai pengendalian jika sewaktu-waktu terjadi penyimpangan dari suatu divisi. Manajer perusahaan berkewajiban untuk memberikan mengarahkan, dan memberi saran serta menentukan keputusan seperti apa yang harus diambil apabila terjadi penyimpangan dalam manajemen perusahaan. Kegiatan pengawasan, dan pengendalian serta pengamatan meliputi sebagai berikut:


  • Perkembangan pekerjaan
  • Pengukuran hasil pekerjaan
  • Melakukan tindakan koreksi dan perbaikan terhadap kesalahan
  • Tingkatan Level Manajemen Perusahaan


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Kinerja

Tingkatan Manajemen Perusahaan


Pada umumnya tingkatan manajemen dalam perusahaan memiliki beberapa bagian, antara lain:

1. Top Management
Pada level top management terdiri dari Boards of Director atau biasa kita kenal dengan Chief Of Executif, atau Senior Executif.

2. Midle Management
Pada tingkatan ini terdiri dari Departement of Division Head.

3. Lower Management
Di level lower managemenr ini terdiri dari Superintenden, dan General Foreman, serta Supervisor.

Jika mengacu pada kemampuan manajerial serta kemampuan berfikir, maka merekalah yang berada pada tingkatan tertinggi akan dituntut kemampuannya di dalam hal konseptual. Sedangkan mereka yang berada pada posisi di level bawah akan dituntut kemampuannya di dalam hal teknis operasional serta kemampuan mikro.

Dan perlu Anda tahu bahwa selain Manajemen perusahaan, ada juga manajemen lainnya yang memiliki pengertian dan tujuan yang berbeda tergantung dari jenis manajemen itu sendiri, seperti :


  1. Manajemen Resiko
  2. Manajemen Organisasi
  3. Manajemen Industri
  4. Manajemen Media Online
  5. Manajemen Admintrasi 
  6. Manajemen Pemasaran, dll


Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian manajemen perusahaan menurut para ahli. Dengan Anda mendalami pengertian manajemen perusahaan, maka perusahaan atau bisnis yang anda lakukan, akan dapat mempertimbangkan komponen manajemen apa yang dibutuhkan. Karena tidak semua perusahaan memiliki komponen tugas yang sama, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut.