√ Pengertian Manajemen Organisasi Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Organisasi --> -->

Advertisement

Pengertian Manajemen Organisasi Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Organisasi

Kamis, 10 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Manajemen Organisasi Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Organisasi

PEMUDABERSATU.COM - Menajeman Organisasi tentunya sedikit berbeda dengan manajemen perusahan. Lalu apakah Manajemen Organisasi itu? Pengertian manajemen organisasi menurut para ahli adalah suatu proses perencanaan dan pengendalian terhadap sumber daya sebuah organisasi dengan maksud agar tercapainya tujuan organisasi. Tujuan organisasi tersebut tentunya tentunya bermacam-macam semua tergantung dari  organisasi itu sendiri.

Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli


Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli

Manajemen organisasi yang akan kita bahas diartikel kali ini, akan berkaitan dengan pengelolaan sumber daya di dalam bisnis/ perusahaan. Sehingga manajemen organisasi akan lebih dikaitkan dengan seni agar dapat mengelola sumber daya manusia perusahaan, di dalam hal ini adalah karyawan. Tentunya dengan adanya manajemen organisasi di dalam perusahaan diharapkan akan dapat membentuk kinerja karyawan yang lebih efektif terutama di dalam hal koordinasi antar divisi atau departemen.

Pengertian manajemen organisasi mengacu pada cara seorang manajer organisasi untuk memimpin serta mengelola sumber daya perusahaan. Berikut ini adalah definisi, tujuan dan fungsi manajemen organisasi menurut para ahli.

Artikel Terkait: Pengertian Manajemen Risiko

Definisi Manajemen Organisasi


definisi manajemen organisasi menurut para ahli

Berikut ini adalah Definisi manajemen organisasi menurut para ahli yang perlu anda tahu:

1. George R. Terry
Menurut George R. Terry, organizational management merupakan aktivitas perencanaan/Planning, pengorganisasian /Organizing, penggerakan /Actuating, dan pengawasan /Controlling, yang dimana semua aktivitas itu bertujuan agar dapat mencapai target organisasi.

2. Menurut Luther M Gulick
Menurut Luther M. Gulick, arti manajemen organisasi adalah segala hal yang selalu berhubungan dengan perencanaan/Planning, mengorganisir /Organizing, pelengkapan Tenaga Kerja /Staffing, mengarahkan /Directing, mengkoordinir /Coordinating, melaporkan /Reporting, dan menyusun anggaran /Budgeting.

3. Henry Fayol
Menurut Henry Fayol, pengertian organizational management adalah suatu aktivitas perencanaan /Planning, mengorganisir /Organizing), mengkoordinir /Coordinating), dan mengawasi /Controling, yang dimana rangkaian aktivitas itu bertujuan untuk mencapai goal organisasi.

4. Menurut Koontz dan O. Donnel
Menurut Koontz dan O. Donnel, arti manajemen organisasi adalah semua aktivitas organisasi yang selalu berhubungan dengan perencanaan /Planning, mengorganisir /Organizing, melengkapkan Tenaga Kerja /Staffing, mengarahkan /Directing, dan mengawasi /Controlling.

Definisi manajemen organisasi yang sudah dijelaskan oleh para ahli di atas terlihat sama. Akan tetapi, yang berbeda ialah pada pelaksanaannya yang harus sesuai dengan visi dan misi masing-masing organisasi tersebut.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Administrasi

Tujuan Manajemen Organisasi


Tujuan Manajemen Organisasi

Tujuan utama organizational management di dalam perusahaan iala agar dapat mencapai apa yang diinginkan oleh organisasi itu dengan cara seefisien mungkin. Sehingga di dalam jangka panjang akan dapat menjamin profitabilitas perusahaan.

Manajemen organisasi bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan di dalam suatu bisnis atau perusahaan, terutama di dalam bisnis yang sedang berkembang. Tanpa adanya manajemen organisasi yang baik maka bisa menyebabkan kemunduran profibilitas perusahaan hingga akan berujung pada perpecahan secara internal. Berikut Tujuan manajemen Organisasi menurut para ahli:


  • Membentuk koordinasi yang baik antar divisi ataupun individu.
  • Membentuk kinerja sumber daya yang lebih efektif yang melalui pemberian rasa aman serta kesatuan diantara pegawai.
  • Menciptakan suasana lingkungan kerja yang positif dan damai.
  • Mendorong karyawan agar dapat bekerja dengan rasa tanggung jawab
  • Mencapai tujuan utama perusahaan dengan cara-cara yang paling seefisien mungkin melalui dari pembentukan karakter sumber daya


Manajer akan selalu berupaya untuk mengoptimalkan sumber daya yang telah dimiliki dengan sesuatu perencanaan dan pengendalian yang tepat di tempat kerja. Dengan hal ini maka seluruh anggota dapat menyadari peran serta tanggung jawab masing-masing terhadap perusahaan tersebut.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Pemasaran

Fungsi Manajemen Organisasi


Fungsi Manajemen Organisasi

Mengacu pada pengertian organizational management menurut para ahli yang sudah dijelaskan di atas, dapat diambil kesimpulan sebagai upaya agar dapat mengelola dan mengendalikan sumber daya, maka dari itu manajemen organisasi memiliki beberapa fungsi, berikut fungsi manajamen organisai yang harus diterapkan di dalam perusahaan:

1. Fungsi Perencanaan (Planning)
Manajer akan bertindak untuk merencanakan serta mempersiapkan semua kegiatan bisnis yang berkaitan dengan sumber daya. Ini merupakan langkah penting untuk dapat menentukan keputusan seperti apa yang akan diambil di masa yang akan datang, sehingga akan dapat menghindari kebingungan. Secara teknis perencanaan dapat dilakukan melalui sebuah koordinasi dalam rapat yang tentunya membahas tetang rencana kerja dan angarannya.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Dalam fungsi inilah, manajer diwajibkan membuat kebijakan terbaik yang terkait dari penggunaan sumber daya. Fungsinya adalah agar dapat mendapatkan kinerja yang terbaik dari pegawai. Sebagai contoh, apabila perusahaan memiliki kegiatan tertentu yang akan berkaitan dengan peningkatan pemasaran atau penjualan omset, maka pemilihan sumber daya untuk kegiatan itu harus dipilih dari divisi yang menangani pemasaran.

3. Fungsi Kepegawaian (Staffing)
Suatu organisasi wajib memiliki management yang baik agar dapat menciptakan suasana kerja yang sehat didalam organisasi tersebut. Selain itu, didalam perekrutan anggota yang tepat juga akan memberikan sumbangsih yang besar pada suatu organisasi

4. Fungsi Pengarahan (Lead)
Seorang manajer sangat berperan untuk mengarahkan anggota tim yang sesuai target yang jelas. Fungsinya ialah supaya sumber daya bekerja dengan arah yg benar sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut.

5. Fungsi Kontrol (Controling)
Seorang manajer juga harus berperan sebagai  seorang pengendali terhadap setiap kegiatan yang melibatkan sumber daya. Apabila terjadi tindakan-tindakan yang dapat merugikan perusahaan yang dilakukan oleh salah seorang karyawan maupun tim perusahaan, maka seorang manajer berhak untuk mengambil keputusan yang terkait hal tersebut.

6. Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)
Organisasi yang dapat menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif, maka akan dapat berkembang dengan cepat dan sehat. Hal ini selalu berkaitan dengan cara kerja karyawan yang tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar sesuai tanggungjawabnya.

7. Fungsi Motivasi (Motivation)
Manajemen perusahaan sangat berperan penting di dalam memberikan motivasi kepada anggotanya. Dengan adanya motivasi,  maka para karyawan akan termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Operasional

Demikianlah ulasan mengenai pengertian manajemen organisasi menurut para ahli dan, fungsi, serta tujuan manajamen oraganisasi tersebut. Diharapankan dengan anda memahami manajemen organisasi tersebut, anda dapat mengeloloa manajemen perusahaan anda dengan baik sesuai tujuan perusahaan anda. Semoga bermanfaat.