√ Pengertian Manajemen Media Online Beserta Peranannya --> -->

Advertisement

Pengertian Manajemen Media Online Beserta Peranannya

Kamis, 10 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Manajemen Media Online Beserta Peranannya

PEMUDABERSATU.COM - Apa manajemen media online itu? Pengertian manajemen media online adalah suatu proses dalam pengelolaan media online secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan bermacam-macam sumber daya untuk mencapai tujuan. Maka pada artikel ini saya akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan manajemen media online, serta bagaimana penerapannya dalam bisnis online.

Manajemen Media Online


Manajemen Media Online

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa manjemen media online merupakan proses dalam pengelolaan media online, taukan anda bahwa manajemen media online dapat dibagi beberapa elemen, peran dan manfaat manajemen media online.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Perusahaan

Elemen Manajemen Media Online


Elemen Manajemen Media Online

Dari berbagai rujukan para ahli telah mengatakan bahwa kegiatan manajemen media online ini dapat diklasifikasikan di dalam 3 bagian, yaitu: Manajemen Konten, Manajemen Desain dan Manajemen Pemasaran

1. Manajemen Konten Media Online
Pandangan secara umum, yang dimaksud dengan konten media online ialah isi atau pesan dari informasi yang telah disampaikan. Maka, manajemen konten media online merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang bertugas sebagai pengelola isi atau pesan yang akan disampaikan melalui internet. Pada divisi ini terdiri dari pimpinan redaksi,  penulis, reporter/ fotografer, redaktur/ editor, kontributor dan koresponden.

2. Manajemen Desain Media Online
Desain media online ini tentunya berhubungan dengan tampilan website serta berbagai elemen di dalamnya. Berikut ini merupakan beberapa hal penting di dalam penerapan desain media online yang baik, antara lain:


  • Loading cepat/ Ringan (fast loading).
  • Tampilan bersih (clean).
  • Ramah bagi pengguna (user friendly).
  • Desain mobile responsif (mobile friendly).
  • Ramah mesin pencari (SEO friendly).

Divisi yang menangani desain media online ini ialah web desainer atau web developer. Dan bBasanya bagian web desainer ini bekerja sama dengan divisi lain dalam artian pemasaran dan konten, agar desain website yang dihasilkan bisa memenuhi kriteria tertentu.

3. Manajemen Pemasaran Media Online
Pemasaran media online merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah bisnis atau perusahaan. Pemasaran ini bisa dalam bentuk online maupun offline. Manajemen pemasaran media online pada dasarnya meliputi:


  • SMM (Social Media Marketing) dan Social Media Optimization
  • SEO (Search Engine Optimization) dan Search Engine Marketing (SEM).


Meskipun masih banyak terdapat metode pemasaran di luar sana, akan tetapi penggunaan media sosial, dan email marketing, serta mesin pencari masih merupakan cara yang paling efektif untuk saat ini.

Artikel Terkaid: Pengertian Manjemen Organisasi

Peranan Media Online Dalam Bisnis


Peranan Media Online Dalam Bisnis

Dalam mengembangkan sebuah bisnis tidak akan terlepas dari peranan media online, dalam hal ini adalah media sosial. Media online seperti  halnya website maupun situs media sosial merupakan sebuah sarana promosi yang paling efektif dan efisien dalam berbisnis. Sehingga manajemen media online sangat dibutuhkan dalam strategi pemasaran suatu perusahaan atau sebuah bisnis untuk mengenalkan produknya kepada calon konsumen. Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online salah satunya ialah dengan melakukan promosi sebanyak-banyaknya dimedia online.

Pengertian manajemen media online sendiri merupakan suatu cara untuk mengatur, dan mengelola serta mengendalikan media-media online perusahaan agar secara efektif dapat dipergunakan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan pada umumnya memanfaatkan media online bukan hanya untuk ajang promosi saja, akan tetapi juga sebagai sarana untuk mengenali pasar dan konsumen.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemn Risko

Manfaat Manajemen Media Online untuk Bisnis


Manfaat Manajemen Media Online untuk Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian manajemen media online di atas, ada beberapa alasan penting agar dapat mengelola media online dalam perkembangan bisnis, diantaranya adalah:

1. Mengenal pelanggan
Sukses dalam berbisnis tidak akan terlepas dari keberadaan pelanggan. Dengan memaksimalkan media online maka, akan dapat membantu Anda mengenal pelanggan lebih dekat. Media online dapat dijadikan alat survey sebagai memetakan konsumen seperti apa yang menjadi pelanggan Anda kemudian hari.

Misalnya Anda dapat menggunakan tool seperti Facebook Insight untuk mempelajari dominansi pelanggan berdasarkan usia maupun jenis kelamin. Informasi seperti inilah yang tentunya bermanfaat untuk memaksimalkan promosi dan branding.

2. Mendengar keinginan konsumen
Adanya feedback baik positif maupun negatif dari konsumen, tentunya dapat membantu untuk mengevaluasi bisnis yang anda lakukan agar menjadi lebih baik. Melalui media online seperti situs resmi perusahaan atau media sosial dapat lebih cepat mendapatkan kritik ataupun saran dari konsumen. Sehingga media online dapat menjadi alat pengukur kepuasan pelanggan Anda.

3. Memberikan respon cepat
Dengan adanya testimoni pelanggan melalui media online, tentunya Anda dapat memberikan respon secara lebih cepat. Perusahaan yang baik tentunya tidak hanya merespon keluhan via telepon saja, namun juga menerima keluhan atau kritik melalui media online yang disediakan perusahaan.

4. Melihat persaingan di pasar
Media online berperan untuk menggali informasi tentang kondisi pasar baru, terutama di dalam hal persaingan. Melalui media online inilah, Anda bisa mengumpulkan semua informasi tentang kelebihan dan kekurangan kompetitor, dengan begitu anda dapat meningkatkan strategi bisnis.

5. Meningkatkan pengunjung situs
Manajemen media online sangat diperlukan untuk meningkatkan pengunjung situs atau website perusahaan. Manajemen dapat dilakukan dengan memasukkan konten yang berkualitas yang dapat meningkatkan traffic SEO sehingga website bisnis dapat menjadi tranding di mesin pencari Google.

Artikel Terkaid: Pengertian Manjemen Pemasaran

Tools Manajemen Media Sosial


Tools Manajemen Media Sosial

Mengacu dari pengertian manajemen media online serta beberapa alasan pentingnya media online bagi pelaku usaha, berikut ini adalah beberapa tool yang dapat digunakan untuk mengelola media online perusahaan:

1. Hootsuite
Tool ini cukup popoluer bagi pelaku bisnis karena sering dipergunakan pada bisnis yang ia lakukan yang memang berbasis online. Hoosuite terhubung dengan beberapa media sosial populer misalanya facebook, Twitter, Linkedln, WordPress dan Foursquare.

2. Post Planner
Post Planner sering disebut oleh pelaku bisnis online sebagai pengelola media online yang paling efisien. Post Planner awalnya hanya dioptimalkan pada media sosial facebook untuk membantu brand atau  sebuah bisnis memberikan konten yang relevan dengan komunitas mereka.

3. Buffer
Bisnis profesional lebih sering menggunakan tool buffer ini untuk mengelola media online perusahaan. Buffer memiliki desain sederhana yang dapat membantu memendekkan link yang panjang serta menyediakan analytics konten. Buffer terintegrasi dengan facebook, Twitter, Linkedln, Pinterest dan Google+.

Artikel Terkaid: Pengertian Manjemen Operasional

Itulah ulasan mengenai pengertian manajemen media online, elemen media sosial, dan peranannya dalam perkembangan bisnis. Dengan adanya sistem manajemen media online yang baik, maka dapat membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan perusahaan anda.