√ Pengertian Manajemen Pemasaran Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Pemasaran --> -->

Advertisement

Pengertian Manajemen Pemasaran Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Pemasaran

Jumat, 11 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Manajemen Pemasaran Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Pemasaran

PEMUDABERSATU.COM - apa manajemen pemasaran itu? Pengertian Manajemen Pemasaran secara umum adalah sebuah rangkaian proses analisis, perencanaan, dan pelaksanaan, serta pengawasan di dalam pengendalian suatu kegiatan pemasaran dimana tujuannya adalah supaya dapat mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien. Pengertian Manajemen pemasaran juga dapat diartikan sebagai alat analisis, perencanaan, dan penerapan serta pengendalian suatu program dalam perusahaan serta mempertahankan pertukaran agar dapat memberikan keuntungan.

Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli


Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Di situs Wikipedia, pengertian manajemen pemasaran adalah suatu proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran di dalam organisasi/perusahaan. Hal ini juga mencakup segala aktivitasnya bagaimana memenuhi tujuan tersebut, disamping telah melakukan pengukuran kemajuan sudah mencapai level mana dengan mempertimbangkan peluang pasar serta sumber daya internal.

Pelaku manajemen di bidang pemasaran ialah seorang manajer pemasaran yang akan mempelajari struktur pembiayaan, dan sumber keuntungan, serta sumber daya kompetensi. Selain itu yang tidak luput dipelajari oleh manajer pemasaran adalah diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, dan riwayat respon perkembangan industri serta faktor lain yang masih berkaitan dengan kompetitor.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Administrasi

Definisi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli


Definisi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Beberapa ahli dalam bidang pemasaran telah menjelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran tersebut? Berikut ini beberapa definisi manajemen pemasaran menurut para ahli, diantaranya adalah:

1. Philip Kotler (1980)
Menurut Philip Kotler, arti manajemen pemasaran adalah proses analisis, perencanaan, dan pelaksanaan, serta pengawasan program-program yang bertujuan untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju. Dengan maksud adar dapat mencapai tujuan perusahaan.

2. Dharmmesta dan Handoko (1982)
Menurut Dharmmesta dan Handoko, Definisi manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang serta mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran. Jauh sebelum barang itu diproduksi, proses pemasaran tersebut telah dilakukan dan tidak berakhir pada penjualan.

3. William J. Stanton
Menurut William J. Stanton, arti manajemen pemasaran adalah sebuah sistem dari keseluruhan kegiatan bisnis yang memiliki tujuan untuk perencanaan, penentuan harga, dan promosi, serta distribusi barang dan jasa yang dapat memuaskan konsumen.

4. Sofjan Assauri (2013:12)
Menurut Sofjan Assauri, pengertian manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan analisis, perencanaan, dan pelaksanaan, serta pengendalian berbagai program yang telah disusun di dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan laba hasil dari transaksi atau pertukaran melalui sasaran pasar agar dapat mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

5. Basu Swastha (2008:5)
Menurut Basu Swastha, pengertian manajemen pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis yang telah ditujukan untuk sebuah perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik pada konsumen yang ada maupun konsumben yang belum ada/pembeli potensial.

6. Buchori dan Djaslim (2010:5)
Menurut Buchori dan Djaslim, definisi manajeman pemasaran adalah proses perencanaan serta pelaksanaan konsepsi, promosi, penetapan harga, distribusi gagasan, barang, dan jasa, agar dapat menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan membantu memenuhi tujuan organisasi.

7. Ben M. Eniy (2007:130)
Menurut Ben M. Eniy, pengertian manajemen pemasaran adalah suatu proses untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari semua kegiatan pemasaran yang telah dilakukan oleh individu atau perusahaan.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Risiko

Konsep Manajemen Pemasaran


Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai falsafah bisnis yang dimana pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan pertahanan sebuah perusahaan. Tujuannya adalah memberi kepuasan terhadap apa yang diinginkan oleh konsumen (Stanton, 1978).

Maka dari itu setiap kegiatan pemasaran di dalam perusahaan harus diarahkan untuk tujuan itu. Ada 3 elemen penting yang juga termasuk konsep manajemen pemasaran, antara lain::

1. Orientasi Pada Konsumen (Market Oriented)
Konsep pemasaran yang paling baik ialah dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. maka dari itulah mengapa dalam strategi manajemen pemasaran /marketing selalu mengedepankan konsumen.

Di dalam pemasaran biasanya konsumen dianggap raja, dan produsen adalah seorang pelayan yang memberikan kebutuhan raja. Pelayanan produsen yang dilakukan dengan memberikan berbagai penawaran yang menarik, mulai dari produk terbaru hingga cara pelayanan konsumen.

2. Perencanaan Kegiatan Pemasaran
Pengaturan yang dilakukan secara dinamis sebagai bentuk penyusunan berbagai kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Semua aktivitas pemasaran, mulai dari strategi pemasaran, implementasi, pegawasan analisis, dan kegiatan lain yang terkait dengan pemasaran harus bisa disusun secara terperinci.

Dengan begitu, maka proses analisis serta pengawasan terhadap hasil pemasaran bisa dilakukan dengan baik. Hal ini pada akhirnya akan memudahkan di dalam melakukan evaluasi serta tindakan perbaikan terhadap kegiatan pemasaran.

3. Kepuasan Konsumen
Unsur paling penting dalam pemasaran adalah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dari kualitas produk saja, namun juga dari bagaimana strategi pemasaran yang telah dilakukan.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Organisasi

Fungsi Manajemen Pemasaran


Fungsi Manajemen Pemasaran

Sebuah bisnis yang sedang berkembang harus memahami manajemen pemasaran yang baik, apalagi pada era globalisasi seperti ini yang dimana banyak kompetitor telah berlomba-lomba memasarkan produknya hingga berbagai manca negara. Maka dari itu pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai fungsi manajemen pemasaran dan perannya untuk perkembangan bisnis.

Tentunya sebuah perusahaan wajib menjalankan manajemen pemasaran serta melibatkannya sebagai salah satu strategi penting agar dapat mencapai tujuan. Manajemen pemasaran memiliki beberapa fungsi seperti berikut:

1. Fungsi Pertukaran
Fungsi pertukaran manajemen pemasaran terbagi menjadi 2 fungsi utama, yaitu fungsi pembelian dan fungsi penjualan. Penjelasan fungsi pembelian yang berarti peran manajemen pemasaran berfungsi sebagai suatu proses timbal balik dari aktivitas penjualan.

Dengan begitu, diperlukan strategi pemasaran khusus, terutama dalam pemahaman mengenai kegiatan yang bisa menarik konsumen untuk membeli. Sedangkan fungsi penjualan tersebut, termasuk di dalam aktivitas untuk mempertemukan penjual dengan pembeli agar dapat melakukan transaksi jual beli secara langsung maupun melalui perantara.

2. Fungsi Fisis
Fungsi fisis manajemen pemasaran ini terfokus pada kegunaan lokasi, waktu, dan bentuk yang perlu dipertimbangkan pada produk ketika suatu produk akan diangkut, dan diproses serta disimpan hingga sampai ketangan konsumen. Apabila tidak dipertimbangkan serta direncanakan dengan baik, maka dapat membuat perusahaan mengalami kerugian besar akibat dari penanganan produk yang tidak berstandar.

3. Fungsi Penyediaan Sarana
Manajemen pemasaran juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai penyediaan sarana karena akan selalu  berkaitan dengan segala kegiatan yang mampu melancarkan operasional pemasaran. Fungsi penyediaan sarana adalah mencakup segala proses pengumpulan, komunikasi, dan penyortiran sesuai standar serta pembiayaan.

Artikel Terkaid: Pengertian perencanaan

Tujuan Manajemen Pemasaran


Tujuan Manajemen Pemasaran

Secara umum Manajemen memiliki banyak tujuan, berikut ini 6 Tujuan Manajemen Pemasaran yang perlu anda tahu:

1. Membangun Permintaan
Penjualan hanya dapat terjadi apabila ada permintaan dari konsumen. Maka dari itu untuk membangun permintaan tersebut, dibutuhkan berbagai upaya pemasaran untuk menimbulkan ketertarikan serta rasa penasaran konsumen terhadap produk.

2. Membangun Kepuasan Konsumen
Tidak cukup hanya dengan mendapatkan permintaan dari konsumen agar dapat mencapai target perusahaan. Tujuan selanjutnya adalah untuk membangun kepuasan konsumen dengan cara memahami kebutuhan atau keinginan konsumen, serta mengetahui bagaimana produk perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsument.

3. Mendapatkan Market Share
Tujuan manajemen pemasaran ini adalah untuk mendapatkan progres positif dari marketshare produk. Pasar itu ibarat sebuah kue, dan setiap dari potongan kue merupakan gambaran market share.

Semua perusahaan tentunya mengharapkan terjadi peningkatan dan perluasan market share atau biasa disebut penjualan. Cara meningkatkan omset penjualan salah satunya dengan memperbanyak pasar baru dan mempertahankan market share yang sudah diperoleh.

4. Mendapatkan Keuntungan
Target terakhir semua perusahaan adalah mendapatkan keuntungan. Dan juga setiap perusahaan telah menetapkan nominal keuntungan yang berbeda sebagai ukuran keberhasilan perusahaan. Dapat mencapai nominal keuntungan yang telah ditentukan merupakan salah satu tujuan manajemen pemasaran. Bagaimana suatu perusahaan dapat menjual dengan nilai margin optimal bisa menghasilkan tingkat penjualan yang maksimal.

5. Mendapatkan Pencitraan Sesuai Harapan
Selain untuk mendapatkan keuntungan, tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan pencitraan sesuai dengan yang di harapan. Citra yang baik terhadap produk, maka perusahaan akan memberikan efek positif bagi perusahaan, baik dari sisi konsumen, investor, mitra, dan tenaga kerja.

6. Menjaga Kelangsungan Usaha
Pemasaran adalah ujung tombak perusahaan agar dapat mencapai target penjualan, kepuasan serta target keuntungan. Itulah alasannya kenapa kelangsungan perusahaan juga merupakan bagian dari tujuan manajemen pemasaran.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Media Online

Itulah ulasan tentang pengertian manajemen pemasaran beserta fungsi dan tujuannya dalam sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan tidak dapat mencapai tujuan utamanya bila tidak adanya manajemen pemasaran yang baik dan strategis. Semoga bermanfaat.