√ Pengertian Manajemen Aset Beserta Tujuannya --> -->

Advertisement

Pengertian Manajemen Aset Beserta Tujuannya

Sabtu, 12 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Manajemen Aset Beserta Tujuannya

PEMUDABERSATU.COM - Apa yang dimaksud dengan manajemen aset itu? Pengertian manajemen aset adalah suatu proses pengambilan keputusan dan penerapannya sesuai dengan akuisisi, dan penggunaan, serta pembagian dari suatu aset.

Manajeman Aset Menurut Para Ahli


Manajeman Aset Menurut Para Ahli

Ada salah seorang ahlu menjelaskan bahwa asset management adalah suatu proses sistematis yang bertujuan untuk mempertahankan, dan membaharukan, serta mengoperasikan aset secara hemat melalui akuisisi, operasi, penciptaan, rehabilitasi pemeliharaan, dan penghapusan aset sehingga tujuan bisa tercapai secara efektif dan efisien.

Dengan kata lain, inti dari asset management adalah pengelolaan aset yang berhubungan dengan penilaian teknis, dan keuangan, serta praktek manajemen yang baik. Asset management digunakan untuk memutuskan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis tersebut, dan untuk mendapatkan serta mempertahankan aset selama masa pakai aset itu sampai ke pembuangan.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Waktu

Definisi Manajemen Aset


Definisi Manajemen Aset

Agar Anda dapat lebih memahami apa itu manajemen aset, maka kita dapat merujuk pada pendapat ahli tentang definis manajemen aset, berikut ulasannya:

1. Gima Sugiama
Menurut Gima Sugiama (2013), Definisi manajemen aset adalah suatu ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup semua proses perencanaan kebutuhan aset, mendapatkan, inventarisasi, menilai, mengoperasikan, legal audit, memelihara, membaharukan / menghapuskan, hingga kepengalihkan aset secara efektif dan efisien.

2. Dolli D. Siregar
Dolli D. Siregar (2004), pengertian manajemen aset adalah suatu profesi atau keahlian yang belum sepenuhnya berkembang /populer di lingkungan pemerintahan maupun berada di satuan kerja /instansi.

3. Kaganova dan McKellar
Menurut Kaganova dan McKellar, asset management adalah suatu proses pengambilan keputusan dan implementasinya sesuai dengan penggunaan, akuisisi, dan pembagian dari aset tersebut.

4. Danylo dan Lamer
Menurut Danylo dan Lamer (1999), asset management adalah suatu metodologi untuk secara efisien serta adil mengalokasikan sumber daya di antara tujuan sasaran yang valid dan bersaing.

5. Departemen Transportasi Amerika Serikat
Pengertian Manajemen aset adalah suatu proses yang sistematis untuk memelihara, dan memperbaharui, serta mengoperasikan dengan biaya efektif aset fisik.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Produksi

Tujuan Manajemen Aset


Tujuan Manajemen Aset

Pada dasarnya tujuan asset management adalah agar dapat membantu perusahaan di dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat sehingga aset bisa dikelola secara efektif dan efisien. Berikut ini beberapa tujuan manajemen aset adalah sebagai berikut:


  • Untuk memastikan status kepemilikan suatu aset.
  • Untuk menginventarisasi kekayaan dan masa pakai aset yang telah dimiliki.
  • Untuk menjaga agar nilai aset tetap tinggi serta memiliki usia hidup yang panjang.
  • Untuk meminimalisasi biaya selama umur aset.
  • Untuk memastikan suatu aset bisa menghasilkan keuntungan yang maksimum.
  • Untuk dapat mencapai penggunaan dan pemanfaatan aset secara optimal.
  • Untuk keperluan pengamanan aset.
  • Sebagai acuan di dalam menyusun neraca dalam akuntansi


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Kinerja

Siklus Manajemen Aset


Siklus Manajemen Aset

Di dalam pelaksanaan asset management terdapat delapan tahapan yang harus dilakukan sehingga siklus bisa terbentuk. Adapun beberapa tahapan manajemen aset, antara lain:

1. Perencanaan Kebutuhan Aset
Ini adalah tahap awal suatu proses asset management yang dimana dilakukan perencanaan mengenai apa saja hal yang dibutuhkan di dalam mengelola aset. Seperti kebutuhan untuk pengadaan, perawatan, inventarisasi, dan lain sebagainya.

2. Pengadaan Aset
Pada tahap ini dilakukan suatu kegiatan pengadaan aset, seperti barang dan jasa yang diperoleh dengan biaya sendiri ataupun pihak lain.

3. Inventarisasi Aset
Pada tahap ini terdapat suatu rangkaian kegiatan yang berupa identifikasi kualitas dan kuantitas aset, baik secara fisik maupun non fisik yang secara yuridis/ legal. Masing-masing aset didokumentasikan dan diberi kode tertentu sebagai keperluan pengelolaan aset tersebut.

4. Legal Audit Aset
Pada tahap ini dilakukan audit mengenai status aset, sistem dan alur pengalihan, sistem dan prosedur pengadaan. Selain itu, identifikasi kemungkinan yang terjadinya masalah legalitas juga dilakukan pada tahap ini dan juga sekaligus mempersiapkan solusinya.

5. Pengoperasian dan Pemeliharaan Aset
Pada tahap ini di setiap aset yang dimiliki digunakan untuk melakukan tugas dan pekerjaan yang sesuai dengan fungsinya agar dapat mencapai tujuan perusahaan.

6. Penilaian Aset
Pada tahap ini pihak asset management yang menentukan nilai aset yang dimiliki sehingga perusahaan bisa mengetahui dengan jelas nilai kekayaan yang dimiliki, serta yang dialihkan maupun yang dihapuskan.

7. Penghapusan Aset
Pada tahap ini perusahaan akan menilai aset apa saja yang sudah dianggap tidak menguntungkan dan akan segara dihapuskan.

8. Pembaharuan Aset
Pada banyak kasus aset yang sudah dianggap tidak produktif dapat diperbaharui sehingga bisa dimanfaatkan lagi sampai umur ekonomisnya berakhir. Pembaharuan atau peremajaan ini dilakukan dalam bentuk perbaikan ataupun penggantian suku cadang sehingga aset bisa bekerja seperti kondisi semula.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Logistik

Demikianlah penjelasan ringkas tentang pengertian manajemen aset, tujuan, siklus, dan contoh manajemen Aset. Semoga artikel manajemen aset ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.