√ Pengertian Manajemen Logistik Beserta Manfaat dan Tujuannya --> -->

Advertisement

Pengertian Manajemen Logistik Beserta Manfaat dan Tujuannya

Sabtu, 12 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Manajemen Logistik Beserta Manfaat dan Tujuannya

PEMUDABERSATU.COM - Apa yang dimaksud manajemen logistik (logistics management)? Secara umum, pengertian manajemen logistik ialah suatu penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam kegiatan logistik dengan tujuan agar suatu pergerakan personil dan barang bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Manajemen Logistik Menurut Para Ahli


Manajemen Logistik Menurut Para Ahli

Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain management (SCM) yang memiliki fungsi penting di dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian efektifitas dan efisiensi penyimpanan dan aliran barang,serta  pelayanan dan informasi, hingga ke titik konsumsi supaya memenuhi keperluan konsumen.

Dari penjelasan tersebut maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa logistics management adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan cara pengelolaan logistik.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Perusahaan

Fungsi Manajemen Logistik


Fungsi Manajemen Logistik

Dalam pelaksanaannya, logistics management tersebut memiliki beberapa fungsi penting yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Adapun fungsi manajemen logistik antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan
Logistics management berfungsi sebagai suatu perancang dan penentu kebutuhan dari setiap program organisasi. Semua itu mencakup kegiatan analisis terkait produk yang akan dipakainya, ketersediaan, dan skala prioritas. Kegiatan perencanaan tersebut harus memperhatikan budget yang dimiliki oleh organisasi, dan aspek ketersediaan, serta kemudahan akses untuk mendapatkan barang.

2. Fungsi Penganggaran
Fungsi ini bertujuan untuk memastikan bahwa keperluan pengadaan barang sudah sesuai dengan budget yang dimiliki. Apabila biaya penganggaran logistik ternyata tidak sesuai dengan budget, maka akan diperlukan perubahan pada perencanaan.

3. Fungsi Pengadaan
Pada dasarnya logistics management itu lebih fokus pada pengadaan barang dan merupakan hal yang wajib. Apabila suatu terjadi ketidakcocokan anggaran dan sulit mengubah suatu perencanaan maka manajer logistik harus dapat melakukan improvisasi untuk mengelola kegiatan logistik dengan anggaran yang terbatas.

4. Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran
Ini merupakan proses yang dimana barang telah didapatkan disimpan di tempat yang seharusnya. Selanjutnya, barang itu kemudian akan disalurkan kepada pihak lain yang berkepentingan sesuai dengan standar operasional prosedur tersebut.

5. Fungsi Pemeliharaan
Di dalam proses manajemen logistik juga mencakup seluruh pemeliharaan barang. Secara umum, tujuan pemeliharaan barang logistik ialah untuk memastikan barang yang disimpan tersebut tidak cepat rusak.

6. Fungsi Penghapusan
Di dalam kegiatan logistics management juga terdapat suatu kegiatan penghapusan. Dalam hal ini fungsi penghapusan adalah agar dapat memisahkan barang yang rusak, dan memperbaiki barang yang rusak, serta mengganti barang yang rusak dengan yang sesuai.

7. Fungsi Pengendalian
Fungsi pengendalian dilakukan oleh seorang manajer logistik yang dengan tahapan sesuai fungsi yang disebutkan di atas. Tujuan pengendalian ini ialah untuk memastikan setiap fungsi manajemen logistik yang dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Artikel Terkaid : Pengertian Manajemen Operasional

Tujuan Manajemen Logistik


Tujuan Manajemen Logistik

Sesuai dengan fungsi logistics management yang telah diterangkan di atas, berikut ini merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaannya, antara lain:

1. Tujuan Umum
Pada dasarnya tujuan khusus dari suatu kegiatan logistics management adalah fokus kepada pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

2. Tujuan Khusus
Ada tiga tujuan khusus yang ingin dicapai di dalam kegiatan Logistics management, antara lain tujuan operasional, tujuan keuangan, dan tujuan pengamanan

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Media Online

Tugas Manajemen Logistik

Sejatinya tugas utama manajemen logistik ialah supaya dapat memastikan keseimbangan antara pendapatan dan biaya untuk menghasilkan keuntungan. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, maka ada beberapa tugas penting lainnya yang harus dilakukan, diantaranya ialah:


  • Menentukan sistem logistics management yang dipakai.
  • Menentukan pemakaian logistik secara privat atau agen.
  • Menentukan moda transportasi yang akan dipakai.
  • Membuat rancangan organisasi logistik.
  • Menentukan lokasi pergudangan pada lokasi terbaik.
  • Menentukan kegiatan operasional gudang.
  • Membuat rancangan bauran logistik.


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Administrasi

Manfaat Manajemen Logistik


Manfaat Manajemen Logistik

Menerapkan suatu kegiatan manajemen logistik yang baik secara berkesinambungan akan memberikan sebuah manfaat yang besar bagi suatu organisasi. Adapun beberapa manfaat manajemen logistik yang perlu anda ketahuai:

1. Persediaan
Dengan adanya logistics managament yang baik, tentunya ketersediaan barang akan dapat dijamin sehingga kegiatan operasional perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

2. Transportasi
Kegiatan logistik tentunya selalu membutuhkan alat transportasi sehingga organisasi yang memiliki logistics management yang baik akan memastikan bahwa ketersediaan transportasi untuk distribusi barang tersedia.

3. Fasilitas
Selain alat transportasi, juga terdapat fasilitas logistik yang dibutuhkan agar suatu kegiatan logistik dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya logstics management maka organisasi tersebut dapat mengetahui fasilitas yang akan dibutuhkan untuk mendukung kegiatannya.

4. Layanan
Memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Pelayanan tersebut tidak hanya kepada konsumen namun juga pada stakeholder lainnya, seperti supplier.

5. Manajemen dan Administrasi
Setiap proses manajemen tentunya selalu didukung oleh kegiatan administrasi. Tujuannya ialah untuk memastikan setiap kegiatan tercatat dengan baik dan juga teratur sehingga informasi kegiatan logistik bisa ditemukan dengan mudah ketika diperlukan.

6. Inbound Transportasi
Kegiatan ini bertujuan agar dapat menangani distribusi barang dan bahan baku dari para supplier ke perusahaan. Dengan manajemen persediaan yang baik, tentunya perusahaan lebih berpeluang bekerjasama dengan supplier yang memiliki kualitas barang yang baik serta ketersediaan yang memadai.

7. Outbound Transportasi
Kegiatan ini menangani distribusi dari perusahaan ke konsumen serta memastikan pengantaran barang dapat berjalan dengan baik.

8. Pemecahan Masalah
Di dalam proses penyediaan barang, tentunya akan ada masalah yang mungkin terjadi. Dengan adanya manajemen logistik yang baik, tentunya permasalahan dapat diantisipasi serta diatasi dengan tepat, cepat, dan akurat.

9. Informasi Kepada Konsumen
Pada umumnya konsumen melakukan tracking terhadap suatu pengiriman barang yang dipesan. Dengan adanya logistics management yang baik, tentunya penyampaian informasi terkait distribusi barang dapat dilakukan lebih terorganisir.

10. Kepercayaan dari Konsumen
Pelayanan terbaik kepada konsumen, baik itu sebuah pemberian informasi, atau ketepatan distribusi, serta pelayanan yang baik, pada akhirnya akan dapat menghasilkan tingkat kepercayaan konsumen yang lebih besar kepada perusahaan tersebut. Hal ini kemudian akan dapat menumbuhkan loyalitas konsumen terhadapa suatu perusahaan.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Waktu

Itulah uraian ringkas mengenai pengertian manajemen logistik, tugas, fungsi, serta manfaatnya bagi sebuah bisnis. Semoga artikel manajemen logistik ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.