√ Manajemen Waktu - Pengertian, Tujuan dan Tips Manajemen Waktu Dalam Berbisnis --> -->

Advertisement

Manajemen Waktu - Pengertian, Tujuan dan Tips Manajemen Waktu Dalam Berbisnis

Sabtu, 12 Januari 2019

Ad1

Ad2

Manajemen Waktu - Pengertian, Tujuan dan Tips Manajemen Waktu Dalam Berbisnis

PEMUDABERSATU.COM - Apa yang dimaksud dengan time management? Pengertian manajemen waktu secara umum adalah suatu perencanaan, mengorganisir, dan menggerakkan, serta pengawasan, terhadap produktivitas waktu. Waktu merupakan salah satu sumber daya yang harus dapat dikelola dengan baik, agar individu atau organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Materi Manajemen Waktu Menurut Para Ahi



Materi Manajemen Waktu Menurut Para Ahi

Pengertian manajemen waktu dapat juga diartikan sebagai metode atau cara untuk memanfaatkan serta mengatur setiap bagian waktu di dalam mengerjakan aktivitas yang telah direncanakan dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Tujuan utama manajemen waktu adalah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Efektifitas di sebuah pekerjaan dapat dilihat dari tercapainya tujuan ataupun target yang sudah ditentukan dalam manajemen waktu sebelumnya. Agar anda lebih jelas tentang materi manajemen waktu ini silahkan perhatikan ulasan berikut ini.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Produksi

Definisi Manajemen Waktu


Definisi Manajemen Waktu

Pada artikel manajemen waktu ini, saya akan menjelaskan pengertian manajemen waktu yang telah dijelaskan oleh beberapa ahli sebagai suatu perencanaan dan pengorganisasian, serta penggerak atau pengendalian produktivitas waktu yang berkaitan dengan suatu pekerjaan.

1. Hynes
Menurut Haynes, definisi manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan di dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan manfaat serta efisiensi.

2. Davidson
Menurut Davidson, pengertian manajemen waktu adalah suatu cara memanfaatkan waktu dengan baik, yang dimana seseorang mampu menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan juga dapat bekerja lebih cerdas.

3. Leman
Menurut Leman, arti manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik-baiknya atau seoptimal mungkin dengan melakukan suatu  perencanaan aktivitas secara terorganisir dan matang.

4. Frederick Winslow Taylor
Menurut Frederick Winslow Taylor, pengertian manajemen waktu adalah suatu proses pencapaian sasaran utama kehidupan sebagai suatu hasil dari menyisihkan kegiatan-kegiatan yang tidak berarti. dalam artian yang sering memakan banyak waktu.

5. Akram
Menurut Akram, time management adalah pemanfaatan waktu yang dimiliki agar dapat melakukan hal-hal yang dianggap penting dan yang telah tercatat dalam tabel kerja.

6. Widyastuti
Menurut Widyastuti, pengertian manajemen waktu adalah suatu kemampuan untuk memprioritaskan, dan menjadwalkan serta melaksanakan tanggung jawab individu demi kepuasan individu tersebut.

7. Atkinson
Menurut Atkinson, definisi manajemen waktu adalah jenis keterampilan yang berhubungan dengan segala bentuk upaya dan suatu tindakan individu yang dilakukan secara terencana supaya individu tersebut bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.

8. Forsyth
Menurut Forysth, pengertian manajemen waktu adalah cara membuat waktu menjadi terkendali sehingga dapat menjamin terciptanya sebuah efektifitas dan efisiensi serta  produktivitas.

9. Orr
Menurut Orr, pengertian manajemen waktu adalah suatu kemampuan dalam menggunakan waktu secara efektif dan efisien supaya mendapatkan manfaat yang maksimal.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Pemasaran

Manfaat Manajemen Waktu


Manfaat Manajemen Waktu

Bagi pemula yang sedang dalam membangun bisnis, manajemen waktu tidak boleh diabaikan dan justru harus menjadi prioritas utama di dalam hal mencapai target. Berikut ini merupakan beberapa manfaat manajemen waktu di dalam organisasi:


  • Membantu individu / organisasi didalam menentukan prioritas. Seperti menentukan tingkat urgensi melakukan sebuah aktivitas
  • Membantu mengurangi kecenderungan menunda-nunda pekerjaan yang harus diselesaikan
  • Dapat membantu untuk mencegah terjadinya bentrok waktu di dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan di dalam waktu yang bersamaan
  • Membantu proses evaluasi terhadap suatu hasil pekerjaan individu atau organisasi


Sedangkan pada kehidupan pribadi, manajemen waktu yang baik juga dapat dilihat dari alokasi waktu untuk pekerjaan serta untuk kehidupan pribadi di luar pekerjaan. Berikut ini adalah manfaat time management bagi kehidupan pribadi:


  • Kemampuan individu dalam mencapai suatu produktivitas dan efisiensi yang lebih besar
  • Memiliki reputasi professional yang lebih baik
  • Terhindar dari tekanan / stress akan berkurang
  • Membantu meningkatkan sebuah peluang untuk mencapai kesuksesan
  • Memiliki keseimbangan di dalam kehidupan pribadi
  • Kesempatan karir yang lebih baik


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Administrasi

Tips Manajemen Waktu dalam Berbisnis


Tips Manajemen Waktu dalam Berbisnis

Manajemen waktu yang baik adalah salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Manajemen waktu berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa mengatur serta menjadwalkan setiap kegiatannya, sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Hal ini biasanya seringkali disepelekan oleh para pebisnis pemula, padahal dengan anda menerapkan sistem manajemen waktu yang baik dalam berbisnis, akan dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis yang Anda kembangkan. Berikut ini adalah beberapa tips manajemen waktu untuk sukses dalam berbisnis antara lain:

1. Membuat Skala Prioritas
Memutuskan untuk menggeluti sebuah bisnis, tentu saja harus bersiap dengan pekerjaan yang menyita waktu. Bahkan seringkali para pebisnis merasa waktu 24 jam sehari itu tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Maka dari itu, dengan banyaknya kegiatan didalam melakukan pekerjaan yang harus Anda selesaikan, maka Anda wajib membuat skala prioritas. Buatlah daftar pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan, seberapa pentingkah pekerjaan itu dan kapan harus diselesaikan.

Anda juga bisa membuat semacam daftar yang berisi list tugas-tugas yang wajib diselesaikan mulai dari pekerjaan yang terpenting hingga pekerjaan yang dirasa memiliki waktu tenggang lebih banyak.

2. Disiplin Waktu
Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian manajamen waktu bahwa tujuannya ialah menyelesaikan target sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Sehingga Anda perlu membiasakan berkeja dengan disiplin waktu (tidak menunda-nunda pekerjaan).

Sikap tidak disiplin dalam usaha, yang dapat membuat pekerjaan semakin lama semakin menumpuk dan tidak terselesaikan.

3. Fokus Dengan Apa yang Dikerjakan
Apabila Anda sudah membuat daftar tugas-tugas yang harus Anda selesaikan, maka usahakan anda untuk selalu fokus terhadap pekerjaan anda tersebut.

Berusahalah untuk segera mengerjakan apa yang sudah Anda agendakan dan jangan mudah tergoda dengan sesuatu yang tidak berkaitan dengan pekerjaan Anda. Seperti main game atau sering tidur saat bekerja, hal-hal inilah yang bisa menunda kesuksesan Anda.

4. Mengatur Waktu untuk Bisnis Jangka Panjang
Pengusaha yang sukses ialah golongan orang-orang yang selalu sibuk dengan pekerjaannya dan bagi mereka pekerjaanialah prioritas utama. Apabila dirasa anda memiliki sedikit waktu senggang karena semua pekerjaan sudah selesai, maka anda jangan terlena atau membuang-buang waktu.

Waktu sangat berharga untuk bisnis Anda. Anda dapat menggunakan waktu senggang untuk merencanakan bisnis jangka panjang / mengatur target apa yang harus dicapai didalam jangka waktu tertentu.

Pada intinya seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian manajamen waktu diatas, tujuannya ialah untuk menyelesaikan dan mencapai target bisnis sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan.

Artikel: Pengertian Manajemen Risiko

Bagi pebisnis profesional selalu beranggapan bahwa waktu adalah uang dan uang adalah waktu. Semoga artikel manajemen waktu ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang membangun bisnis.