√ Pengertian Statistik Beserta Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenis Statistik --> -->

Advertisement

Pengertian Statistik Beserta Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenis Statistik

Senin, 14 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Statistik Beserta Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenis Statistik

PEMUDABERSATU.COM - Artikel ini ditulis atas permintaan saudara Winarin salah satu mahasiswa diperguruan tinggi semarang, yang menginginkan untuk dijelaskan mengenai pengertian statistik beserta tujuan dan fungsi statistik. Maka dari itu saya akan mencoba memberi sedikit pemahaman tentang statistik agar dapat dipahami sesederhana mungkin.

PENGERTIAN STATISTIK


PENGERTIAN STATISTIK

Sebenarnya, apakah yang dimaksud statistik? Pengertian Statistik merupakan suatu kumpulan data yang berbentuk angka serta disusun di dalam bentuk diagram dan/ atau tabel yang dimana isinya menjelaskan mengenai masalah tertentu.

Statistik Secara Umum


Arti statistik secara umum adalah suatu sekumpulan metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, dan pengolahan, serta penafsiran data dari angka-angka yang menjelaskan data atau dari hasil pengamatan. Secara etimologis kata statistik itu berasal dari bahasa Latin, yang artinya status yang memiliki makna negara atau yang berkaitan dengan ketatanegaraan.

Umumnya statistik banyak digunakan di dalam suatu penelitian di berbagai bidang, seperti bisnis, ekonomi, manufaktur, pemasaran, dan lain-lain. Dengan adanya statistik ini maka akan didapatkan sebuah kesimpulan dan memudahkan proses pengambilan keputusan.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Risiko

Statistik Menurut Para Ahli


Agar dapat lebih memahami pengertian statistik, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli, seperti berikut ini;

1. Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc.
Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc, definisi statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data, serta penarikan suatu kesimpulan yang berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang telah dilaksanakan.

2. Anderson & Bancroft
Menurut Anderson & Bancroft, pengertian statistik adalah ilmu dan seni perkembangan serta metode yang paling efektif untuk pengumpulan, dan pentabulasian, dan juga interpretasi data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kesalahan didalam kesimpulan dan estimasi bisa diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan kepada matematik probabilitas (peluang).

3. Prof. Dr. H. Agus Irianto
Menurut Prof. Dr.H.Agus Irianto, arti statistik adalah suatu sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, dan pengolahan (analisis), serta penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka, tentunya dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

4. Anto Dajan
Menurut Anto Dajan, definisi statistik adalah data kuantitatif, baik yang masih belum tersusun maupun yang sudah tersusun dalam bentuk table.

5. Croxton dan Cowden
Menurut Croxton dan Cowden, pengertian statistik adalah suatu metode untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyajikan serta menginterpretasikan data yang berwujud angka.

Artikel Terkaid: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

TUJUAN STATISTIK


TUJUAN STATISTIK

Setelah kita memahami tentang arti statistik dari uraian diatas, tentunya kita akan bertanya tanya apa sih tujuan dari statistik tersebut?

Lima Tujuan Statistik


Dengan kita melakukan statistik tentunya kita harus mengetahui lima tujuan utama dari statistik. Berikut ini tujuan statistik yang perlu anda tahu:


  1. Untuk membuat teks deskripsi dan menjelaskan data tentang populasi yang telah diselidiki.
  2. Untuk membantu membuat suatu estimasi mengenai nilai yang tidak dapat diketahui berdasarkan data yang dianalisis.
  3. Untuk membuat suatu estimasi mengenai akibat suatu hipotesis yang telah diterima. Estimasi tersebut nantinya akan dipakai sebagai dasar pengembilan keputusan.
  4. Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih kecil dan agar lebih mudah untuk dipahami.


Artikel Terkaid: Pengertian Evaluasi

FUNGSI STATISTIK


Fungsi Statistik

Statistik memiliki 2 fungsi utama yang sangat penting bagi suatu kegiatan penelitian. Berikut ini fungsi statistik berdasarkan jenisnya:

1. Fungsi Deskriptif


Deskriptif Ini adalah fungsi statistik untuk mendeskripsikan, menerangkan data dan juga peristiwa, yang dikumpulkan melalui sebuah proses penelitian serta penyelidikan dimana belum sampai generalisasi / mengambil kesimpulan tentang populasi yang diteliti.

2. Fungsi Inferensial


Inferensial ini merupakan fungsi statistik untuk memprediksi serta mengendalikan seluruh populasi berdasarkan data, gejala, dan juga peristiwa yang ada pada proses penelitian. Fungsi ini akan dimulai dengan membuat suatu estimasi dan hipotesis.

Artikel Terkaid: Pengertian Konsep

JENIS JENIS STATISTIK


JENIS JENIS STATISTIK

Statistik tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang berdasarkan pada kriteria tertentu. Berikut ini jenis-jenis statistik yang perlu Anda tahu:

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan


Pengertian Statistik dalam matematika adalah statistik yang lebih mengedapankan pemahaman terhadap model, dan rumus-rumus statistika secara matematika-teoritis, serta penurunan konsep. Seperti, uji normalitas, galat, analisis regresi, dan lain-lain.

Statistik terapan adalah statistik yang lebih mengedapankan pada suatu pemahaman konsep, dan teknik statistika, beserta penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis


Pengertian statistik deskriptif adalah statistik yang berhubungan dengan sebuah pengumpulan pengolahan, analisis, serta penyajian data tanpa adanya kesimpulan secara umum. Bentuk statistik ini pada umumnya dalam tabel, diagra, grafik, modus, dan lain-lain.

Statistik inferensial adalah statistik yang prosesnya memungkinan diambilnya suatu kesimpulan secara umum terhadap data yang diolahnya.

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data


Pengertian Statistik parametik adalah statistik yang dilakukan berdasarkan suatu model distribusi normal.

Pengertian Statistik non-parametik adalah statistik yang dilakukan dengan suatu metode distribusi bebas / tidak berdasarkan pada model distribusi normal.

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat


Statistik univariat adalah statistik yang hanya memiliki satu variabel terikat.

Statistik multivariat adalah statistik yang memiliki lebih dari satu variabel terikat.

Artikel Terkaid: Pengertian Perencanaan

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian statistik, tujuan, fungsi, beserta jenis jenis statistik berdasarkan kriteria tertentu. Mudah-mudahan artikel statistik ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.