√ Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh Teks Deskripsi -->

Advertisement

Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh Teks Deskripsi

Kamis, 27 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh Teks Deskripsi

PEMUDABERSATU.COM - Jika anda pernah menemukan sebuah teks yang menjelaskan tentang sebuah informasi secara lengkap dan terkait dengan topik yang dibahas di teks tersebut, kemungkinan besar itu merupakan pengertian teks deskripsi. Sebab ciri-ciri teks deskripsi ini sangat menonjol. Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan membahas secara lengkap beberapa hal dari teks deskripsi antara lain:

  • Pengertian teks deskripsi
  • Tujuan teks deskripsi
  • Ciri-ciri teks deskripsi
  • Struktur teks deskripsi
  • Jenis teks deskripsi
  • Ciri/ Kaidah kebahasaan teks deskripsi
  • Contoh teks deskripsi

Teks Deskripsi


pengertian teks deskripsi

Apa sih pengertian teks deskripsi itu? teks deskripsi ialah sebuah paragraf yang dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas tempat, objek, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada para pembacanya. Sehingga pembaca seolah-olah akan merasakan secara langsung apa yang sedang diungkapkan di dalam isi teks deskripsi tersebut.

Tujuan Teks Deskripsi


tujuan teks deskripsi

Tujuan teks deskripsi berbeda dengan tujuan teks negosiasi, yang dimana tujuan teks deskripsi sangat jelas yaitu agar para pembaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan di dalam isi teks deskripsi itu.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi


ciri ciri teks deskripsi

Ciri-ciri teks deskripsi ini sangat jelas sehingga akan lebih mudah membedakan teks ini dengan teks lainnya. Berikut ini  adalah ciri-cirinya:

  • Paragraf deskripsi akan menggambarkan sesuatu hal.
  • Paragraf yang digambarkan akan dijelaskan secara jelas dan rinci serta akan melibatkan kesan indera.
  • Ketika para pembaca sendang membaca teks deskripsi, maka ia seolah-olah akan merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam isi teks deskripsi itu.
  • Teks deskripsi itu menjelaskan tentang ciri-ciri fisik objek, misalnya ukuran, bentuk, warna, atau ciri-ciri keadaan suatu objek dengan secara rinci.

Struktur Teks Deskripsi


struktur teks deskripsi

Adapun 3 struktur yang menyusun dalam penyusuanan teks deskripsi memiliki struktur yang jelas, berikut ini struktur teks deskripsi yang perlu anda ketahui:

  1. Identifikasi merupakan sebuah penentu identitas seseorang, benda, atau lain sebagainya.
  2. Klasifikasi merupakan penyusunan yang ber-sistem di dalam kelompok menurut standar atau kaidah kebahasaan teks deskripsi yang telah ditetapkan
  3. Deskripsi bagian merupakan suatu bagian teks yang berisi tentang suatu gambaran-gambaran bagian didalam isi teks tersebut.

Jenis Teks Deskripsi


jenis teks deskripsi

Teks Deskripsi itu memiliki beberapa jenis teks paragraf antara lain:

  1. Teks paragraf deskripsi subjektif ialah suatu paragraf deskripsi yang memiliki penggambaran objek nya maupun menurut kesan yang dimiliki oleh penulis isi teks deskripsi itu.
  2. Teks paragraf spatial adalah objek yang menggambarkan hanya berupa benda, tempat, benda, ruang dan lainnya.
  3. Teks paragraf objektif adalah objek yang digambarkan apa adanya dan yang menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa adanya penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Langkah-langkah Membuat Teks Deskripsi / Paragraf Deskripsi


Langkah-langkah Membuat Teks Deskripsi / Paragraf Deskripsi

Dalam langkah membuat teks deskripsi ini memerlukan beberapa proses isi paragraf berikut ini adalah cara membuat teks deskripsi yang benar:

  • Menentukan tema atau objek yang akan dibahas.
  • Menentukan tujuan.
  • Kumpulkan data-data dan kemudian lakukan pengamatan secara langsung mengenai objek yang akan dibahas.
  • Setelah semua data-data terkumpul, kemudian susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan atau paragraf
  • Uraikan kerangka karangan tersebut menjadi sebuah teks deskripsi yang sesuaikan dengan topiknya.

Artikel Terkait : Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi


Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Selain pengertian teks deskripsi dan Struktur teks deskripsi yang sudah anda baca di ulasan diatas, maka kali ini saya akan menjelaskan tentang kaidah kebahasaan teks deskripsi yang perlu anda ketahui:

  1. Menggunakan kata benda sesuai topik yang sudah dideskripsikan. Misalnya rumah, sekolah
  2. Menggunakan frasa yang mengandung sebuah kata benda. Misalnya beliau, beliau merupakan seorang kepala sekolah yang sangat rendah hati.
  3. Mengandung kata sifat dan yang bersifat menggambarkan. Misalnya dua kaos kaki putih, satu siswa rajin.
  4. Mengandung kata kerja Transitif agar dapat memberikan informasi subjek. Misalnya: siswa itu mengenakan seragam merah putih.
  5. Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) yang bertujuan mengungkapkan pandangan/pendapat pribadi penulis mengenai subjek. Misalanya saya pikir itu adalah saya yakin yang membaca artikel ini orangnya baik
  6. Mengandung kata keterangan agar dapat memberikan informasi tambahan mengenai objek. Misalnya di rumah, di kantin.
  7. Mengandung bahasa kiasan yang berupa perumpamaan ataupun metafora. Misalnuya: kulitnya lembut seperti benang sutra.

Contoh Teks Deskripsi


contoh teks deskripsi

Agar anda dapat mengetahui tentang teks deskripsi secara jelas, maka saya akan memberikan contoh teks deskripsi bahasa indonesia dan contoh teks deskripsi bahasa inggris.

Contoh teks deskripsi dalam Bahasa Indonesia

Aku punya marmut bernama Tina. Bulunya berwarna kuning dan putih, dengan kuning sebagai warna dominan. Tina mempunyai ekor pendek dan sangat lucu. Tina suka sekali memakan sayuran dengan buat buah. Saat Tina lapar, dia akan berlari meminta makan.

Contoh singkat deskripsi dalam bahasa inggris

I had a hamster named Nugie. His fur is white and brown, with white as predominant color. Nugie really like to play a round and a lot of drinking. Rio loves to eat kuwaci. When Nugie was hungry, he will usually silent.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

Itulah ulasan tentang pengertian teks deskripsi secara lengkap beserta struktur, ciri-ciri dan contoh teks deskripsi dalam bahasa indonesia maupun dalam bahasa inggris. Dalam pelajaran bahasa indonesia tentunya cara pembuatan struktur teks deskripsi sering kita jumpai di dalam ujian nasional setiap tahunnya.