√ Pengertian Konsep Diri Beserta Komponen, Ciri dan Faktor --> -->

Advertisement

Pengertian Konsep Diri Beserta Komponen, Ciri dan Faktor

Senin, 07 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Konsep Diri Beserta Komponen, Ciri dan Faktor

PEMUDABERSATU.COM - Apa yang dimaksud dengan konsep diri? Pengertian Konsep Diri adalah suatu sikap dan cara pandang seseorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri ini sangat erat hubungannya dengan dimensi fisik, dan karakter individu, serta motivasi diri. Pandangan diri atau konsep diri ini yang akan mencakup berbagai kekuatan individual dan juga kelemahannya, bahkan juga termasuk kegagalannya.

Pengertian Konsep Diri Secara Umum


Pengertian Konsep Diri Secara Umum

Konsep diri (self concept) ialah inti dari kepribadian dalam diri seseorang itu. Inti kepribadian individu mempunyai peranan yang sangat penting di dalam menentukan, mengarahkan perkembangan kepribadian dan perilaku seseorang di tengah-tengah masyarakat.

Secara sederhana, pengertian konsep diri adalah penilaian atau pandangan seseorang pada dirinya sendiri. Salah satu dari para ahli seperti yang bernama Atwater telah membagi konsep diri menjadi tiga bentuk, yang diantaranya adalah;


  • Body image, yang artinya suatu kesadaran seseorang melihat tubuh dan dirinya sendiri
  • Ideal self, yang artinya sebuah harapan dan cita-cita seseorang tentang dirinya sendiri
  • Social self, yang artinya bagaimana ia berpikir orang lain melihat dirinya


Konsep diri ini sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, mulai dari sosial sampai pada lingkungan pekerjaan sekalipun. Seseorang memiliki konsep diri negatif bila memandang dirinya lemah, tidak berdaya, gagal, malang, tidak kompeten, tidak disukai, dan sebagainya.

Artikel Terkait: Pengertian Motivasi

Pengertian Konsep Diri Menurut Para Ahli


Pengertian Konsep Diri Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah menjelaskan tentang definisi konsep diri, diantaranya sebagai berikut:

1. Rochman Natawidjaya (1979)
Menurut Rochman Natawidjaya telah mengungkapkan bahwa pengertian konsep diri adalah persepsi individu yang mengenai dirinya sendiri, kemampuan maupun ketidakmampuannya, harga dirinya, tabiat-tabiatnya, dan hubungannya dengan orang lain.

2. James F. Calhoun (1995)
Menurut ahli yang bernama James F Calhoun pengertian Konsep diri adalah suatu gambaran mental individu yang terdiri dari pengharapan diri, pengetahuan tentang dirinya sendiri, dan penilaian terhadap diri sendiri.

3. Stuart & Sundeen (2005)
Menurut Stuart dan Sundeen pengertian konsep diri adalah keyakinan, dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya sendiri serta yang mempengaruhi hubungannya dengan orang lain.

4. Keliat (2005)
Menurut ahli Keliat definisi konsep diri adalah cara individu memandang dirinya secara fisikal, utuh, emosional, sosial, intelektual, dan spiritual.

5. Potter dan Perry (2005)
Menurut Potter dan Perry pengertian konsep diri adalah suatu citra subjektif dari diri dan pencampuran yang kompleks dari sikap, perasaan, dan persepsi bawah sadar maupun sadar. Bahwa Konsep diri memberi individu kerangka acuan yang bisa mempengaruhi manajemen diri terhadap situasi dan juga hubungan seseorang dengan orang lain.

6. Burns (1993 : 2)
Menurut Burns dalam Pudjijogyanti pengertian konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang dirinya sendiri.

7. Clara R. Pudjijogyanti (1995)
Menurut ahli Clara R. Pudjijogyanti pengertian konsep diri adalah salah satu faktor penentu tentang perilaku seseorang, apakah prilaku tersebut akan baik atau buruk. Perilaku negatif seseorang adalah perwujudan dari adanya sebuah gangguan dalam usaha pencapaian harga diri.

Artikel Terkait: Pengertian Psikologi

Komponen Konsep Diri


Komponen Konsep Diri

Konsep diri terbagi dari beberapa komponen, diantaranya ialah:

1. Citra Tubuh
Citra tubuh / gambaran diri adalah sikap individu terhadap dirinya sendiri (fisik) baik itu disadari maupun tidak disadari. Komponen citra tubuh mencakup persepsi masa lalu dan/atau sekarang mengenai bentuk tubuh dan ukuran serta potensinya.

2. Ideal Diri
Ideal diri adalah persepsi individu tentang bagaimana ia seharusnya dapat berperilaku berdasarkan standar pribadi yang terkait dengan cita-cita. Pembentukan ideal diri mulai terjadi sejak pada masa anak-anak yang  dipengaruhi oleh orang-orang yang dekat dengan dirinya.

3. Harga Diri
Harga diri adalah persepsi individu terhadap hasil yang telah dicapai dengan menganalisis seberapa banyakkah kesesuaian tingkah laku dengan ideal dirinya. Komponen konsep diri ini mulai terbentuk sejak kecil sebab adanya penerimaan dan perhatian dari orang sekitarnya.

4. Peran Diri
Peran diri merupakan serangkaian pola sikap perilaku, dan tujuan yang diharapkan kelompok sosial terkait dengan memiliki fungsi seseorang di dalam tengah-tengah masyarakat.

5. Identitas Diri
Identitas diri merupakan kesadaran tentang diri sendiri yang dimiliki oleh seseorang dari hasil observasi serta penilaian dirinya, dan menyadari bahwa dirinya berbeda dengan orang lain. Komponen konsep diri ini  mulai terbentuk sejak masa kanak-kanak.

Artikel Terkait: Pengertian Ideologi

Macam-Macam Konsep Diri


Macam-Macam Konsep Diri

Secara umum jenis konsep diri dibagi menjadi dua macam, diantaranya adalah:

1. Konsep Diri Positif
Orang yang memiliki konsep diri positif tentunya akan lebih mudah beradaptasi dengan banyak orang dan situasi. Ia akan memandang hal-hal buruk memiliki hikmah dan bukan sebagai akhir dari segala-galanya. Orang seperti ini biasanya akan lebih optimis, percaya diri, dan selalu berpikir ada yang dapat dipecahkan.

Ciri-ciri individu yang memiliki konsep diri positif antara lain:


  • Menganggap orang lain sama dengan dirinya
  • Punya keyakinan mampu mengatasi bermacam masalah
  • Bisa menerima pujian tanpa merasa malu
  • Punya kesadaran bahwa orang lain punya perasaan, keinginan, dan perilaku yang belum tentu diterima semua anggota masyarakat
  • Keinginan dan kemampuan dalam memperbaiki diri sendiri


2. Konsep Diri Negatif
Orang-orang yang memiliki konsep diri negatif akan cenderung lebih pesimistik serta akan sulit melihat kesempatan di dalam kesulitan. Bahkan, mereka akan merasa kalah sebelum mencoba sesuatu. Jika pun ia gagal, orang-orang seperti ini akan menyalahkan orang lain, keadaan, atau diri sendiri.

Ciri-ciri individu yang memiliki konsep diri negatif antara lain:


  • Merasa pesimis setiap kali menghadapi persaingan
  • Sangat sensitif terhadap kritikan
  • Responsi terhadap pujian
  • Cenderung bersikap hiperkritis
  • Punya perasaan tidak disenangi oleh orang lain


Contoh Konsep Diri


Contoh Konsep Diri

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian konsep diri, pembentukan pola pikir ini dipengaruhi oleh berbagai hal. Termasuk pada pola asuh orang tua dan lingkungan ia tinggal, karena hal ini akan menjadi sebuah bahan informasi seorang anak tentang label yang sudah diberikan oleh orang lain padanya.

Pengalaman tersebut kebanyakan akan terbawa sampai ia dewasa. Contoh konsep diri; seorang anak yang kerap dibentak, dihinam dipukul, dan tidak pernah dipuji. Pada umumnya anak tersebut akan memiliki konsep diri negatif karena ia selalu menerima perlakuan tersebut sebagai bentuk hukuman atas kesalahannya. Sebaliknya, apabila ia tumbuh di lingkungan yang baik, maka ia akan merasa dihargai dan tumbuh lebih positif.

Akan tetapi, bukan berarti konsep diri ini bersifat statis. Konsep ini bergantung pada aspek-aspek lain, sehingga suatu saat dapat berubah.

Artikel Terkait: Pengertian Sosial

Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri


Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri

Masalah yang terjadi pada manusia sebagian besar berasal dari cara pandangnya terhadap dirinya sendiri. Pemahaman tersebut kerap berakar dari pikiran negatif baik pada diri sendiri, seperti merasa tidak berguna, tidak cantik, inferior, dan berbagai kritik pada diri sendiri yang justru akan membangun problematika.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi konsep diri seseorang selain dari pola asuh orang tua, diantaranya ialah:

1. Kegagalan
Disadari atau tidak, sesutu kegagalan yang terjadi secara terus menerus akan dapat memberikan pertanyaan besar pada kemampuan diri sendiri yang berujung pada anggapan tidak berguna dan lemah.

2. Depresi
Ketika seseorang dilanda depresi, maka ia akan cenderung memikirkan hal- hal yang negatif.

3. Overthinking
Bersikap overthinking sangatlah tidak baik sebab dapat mengarah ke pikiran yang buruk, terlebih lagi pada penilaian diri sendiri. Seseorang akan cenderung menilai diri sendiri ke arah yang negatif sehingga overthinking harus segera dihentikan secepatnya.

Artikel Terkait: Pengertian Manajemen Keuangan

Memahami pengertian konsep diri itu sangat penting. Apa lagi bila kita akan terjun di dalam dunia bisnis. Sudah pasti akan banyak hambatan yang akan menghadang dan kita akan dituntut untuk selalu bersikap dan berpikir positif di dalam mencari solusi. Ketika seseorang sudah terbentuk memiliki konsep diri yang negatif, maka ia akan sangat sulit untuk beranjak dari pikiran ini. Harus dengan mendapat keinginan keras serta dukungan dari orang sekitarnya