√ Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Fungsinya --> -->

Advertisement

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Fungsinya

Minggu, 13 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Fungsinya

PEMUDABERSATU.COM - Apakah sih yang dimaksud dengan evaluasi (evaluation)? Secara umum, Pengertian evaluasi adalah suatu proses identifikasi untuk mengukur / menilai apakah sesuatu kegiatan atau program yang telah dilaksanakan sudah sesuai dengan perencanaan serta tujuan yang ingin dicapai. Seorang ahli mengungkapkan bahwa pengertian evaluasi adalah kegiatan mengumpulkan informasi mengenai kinerja sesuatu (metode, manusia, peralatan), yang dimana informasi tersebut nantinya bisa dipakai untuk menentukan alternatif terbaik didalam membuat suatu keputusan.

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli


Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Terangkan Pengertian Evaluasi? Evaluasi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia sehingga meningkatkan efektivitas serta produktivitas, baik dalam lingkup individu dan kelompok, maupun lingkungan kerja. Ada beberapa informasi yang didapatkan dari proses evaluasi antara lain:


  • Tingkat kemajuan suatu kegiatan.
  • Tingkat pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan tujuannya.
  • Hal-hal yang harus dilakukan di masa mendatang.


Artikel Terkaid: Pengertian Sistem

Definisi Evaluasi


Definisi Evaluasi

Agar Anda dapat lebih memahami apa itu arti evaluasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli antara lain;

1. Anne Anastasi
Menurut Anne Anastasi (1978), definisi evaluasi adalah suatu proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan instruksional tersebut dicapai oleh seseorang. Evaluasi merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara sistematik, terencana, dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas.

2. Sajekti Rusi
Menurut Sajekti Rusi (1988), pengertian evaluasi adalah suatu proses menilai sesuatu, yang mencakup deskripsi tingkah laku siswa baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

3. Suharsimi Arikunto
Menurut Suharsimi Arikunto (2003), pengertian evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan di dalam suatu program pendidikan.

4. A.D Rooijakkers
Menurut A.D Rooijakkers, definisi evaluasi adalah suatu usaha / proses dalam menentukan nilai-nilai. Secara khusus evaluasi / penilaian juga dapat diartikan sebagai proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk pengambilan keputusan.

5. Norman E. Gronlund
Menurut Norman E. Gronlund (1976), arti evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan / membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai para siswa

6. Abdul Basir
Menurut Abdul Basir (1996), pengertian evaluasi adalah suatu proses pengumpulan data yang deskriptif, informative, prediktif, yang dilaksanakan secara sistematik serta bertahap untuk menentukan kebijaksanaan di dalam usaha memperbaiki pendidikan.

7. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann
Menurut William A.Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978) definisi evaluasi adalah suatu proses merencanakan, dan memperoleh, serta menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat suatu alternatif-alternatif keputusan.

Artikel Terkaid: Pengertian Efektivitas

Tujuan Evaluasi

Tujuan Evaluasi

Evaluasi tersebut dilakukan bukan tanpa tujuan, namun ada hal-hal yang ingin dicapai melalui kegiatan itu. Secara khusus, adapun beberapa tujuan evaluasi antara lain:


  • Untuk mengetahui seberapa baiknya tingkat penguasaan seseorang terhadap suatu kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Untuk mengetahui apa saja kesulitan yang telah dialami seseorang di dalam kegiatannya sehingga dapat dilakukan diagnosis serta kemungkinan memberikan remedia teaching.
  • Untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas suatu media,  metode, dan sumber daya lainnya di dalam melaksanakan suatu kegiatan.


Sebagai umpan balik dan informasi penting untuk pelaksana evaluasi dapat memperbaiki kekurangan yang ada dimana hal tersebut bisa dijadikan sebagai acuan di dalam mengambil keputusan di masa mendatang.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Administrasi

Fungsi Evaluasi


Fungsi Evaluasi

Kegiatan evaluasi tentunya memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi pihak yang melakukan evaluasi maupun untuk pihak yang dievaluasi. Adapun beberapa fungsi evaluasi antara lain:

1. Fungsi Selektif
Fungsi selektif adalah fungsi yang bisa menyeleksi seseorang, apakah ia memiliki komptensi yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Seperti; menentukan seseorang diterima kerja atau tidaknya, dan menentukan seseorang naik jabatan atau tidak, dan sebagainya

2. Fungsi Diagnosa
Fungsi diagnosa ini bertujuan agar dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan seseorang di dalam bidang kompetensi tertentu. Seperti untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan seorang siswa di dalam bidang studi yang telah didapatkannya di sekolah.

3. Fungsi Penempatan
Fungsi penempatan ini bertujuan agar dapat mengetahui di mana posisi terbaik seseorang di dalam suat bidang tertentu. Seperti agar dapat mengetahui posisi terbaik seorang pegawai sesuai dengan bidangnya dalam suatu perusahaan.

4. Fungsi Pengukuran Keberhasilan
Di dalam hal ini, evaluasi berfungsi agar dapat mengukur tingkat keberhasilan pada suatu program, termasuk metode yang dipakai, penggunaan sarana, dan pencapaian tujuan.

Artikel Terkaid: Pengertian Logistik

Demikianlah ulasan mengenai pengertian evaluasi menurut para ahli beserta tujuan dan fungsi evalusi. Semoga dengan anda membaca artikel pengertian evaluasi ini, dapat menambah wawasan Anda.