√ Pengertian Sistem Informasi Manajemen Beserta Tujuan dan Contohnya --> -->

Advertisement

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Beserta Tujuan dan Contohnya

Minggu, 13 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Beserta Tujuan dan Contohnya

PEMUDABERSATU.COM - Apakah yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen (SIM) itu? Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara umum adalah suatu sistem perencanaan di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian internal. Misalnya pemanfaatan sumber daya, teknologi, dokumen, dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi di dalam bisnis.

Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli


Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Sistem informasi manajemen di dalam bisnis/ perusahaan bertujuan untuk mengumpulkan, dan memproses, serta menyimpan hingga menganalisa informasi kemudian disebarkan untuk tujuan yang spesifik.

Manajemen sistem informasi berguna sebagai acuan agar dapat di pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Agar lebih dalam tentang manajemen sistem informasi, tujuan, dan fungsi serta contoh penerapannya dalam bisnis akan kita bahas secara lengkap dalam artikel kali ini.

Artikel Terkaid: Pengertian Sistem

Definisi Sistem Informasi Manajemen


Definisi Sistem Informasi Manajemen

Beberapa ahli di bidang ilmu manajeman telah menjelaskan mengenai definisi sistem informasi manajemen, diantaranya sebagai berikut:

1. Raymond McLeod Jr
Menurut Raymond McLeod Jr, Definisi Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem berbasis komputer yg menyediakan informasi untuk beberapa pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama. Informasi tersebut menjelaskan perusahaan / salah satu sistem utamanya tentang apa yang telah terjadi di masa lalu, tentang apa yang sedang terjadi sekarang, serta apa yang mungkin terjadi di masa depan.

2. Nash dan Robert
Menurut Nash dan Robert, arti sistem informasi manajemen adalah sebuah kombinasi dari teknologi dan media, user/orang, prosedur, dan juga pengendalian, yang telah memiliki tujuan tertentu. Tujuannya adalah untuk mendapatkan jalur komunikasi, dan memproses tipe transaksi, serta memberi sinyal kepada manajemen terhadap suatu kejadian di internal suatu perusahaan/organisasi.

3. Bodnar dan Hopwood
Menurut Bodnar dan Hopwood, pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu kumpulan dari perangkat keras atau hardware maupun perangkat lunak/ software untuk dapat mentransformasikan data ke dalam suatu bentuk informasi yang dapat lebih berguna.

4. James O’Brien
Menurut James O’Brien, pengertian sistem informasi manajemen adalah suatu kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh manuasi/ user, sftware, hardware, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data, serta database yang mengumpulkan, mengubah, dan juga menyebarkan informasi tentang suatu organisasi.

5. James AF Stoner
Menurut James AF Stoner, definisi sistem informasi manajemen adalah metode formal yang memberikan pihak manajemen tentang sebuah informasi yang tepat waktu, dan dapat dipercaya, serta dapat mendukung suatu proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, dan pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.

6. Danu Wira Pangestu
Menurut Danu Wira Pangestu, pengertian sistem informasi manajemen (SIM) adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan serta mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam suatu kegiatan perencanaan dan pengendalian.

7. Gordon B. Davis
Menurut Gordon B. Davis, definisi sistem informasi manajemen adalah sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang bisa memberikan informasi sedemikian rupa agar dapat menunjang jalannya operasional, dan manajemen, serta fungsi pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi/ perusahaan.

8. Azhar Susanto
Menurut Azhar Susanto, sistem informasi manajemen adalah suatu kumpulan/ group dari sub sistem atau komponen apapun, baik fisik maupun non fisik yang tentunya saling berkaitan satu sama lain serta memiliki fungsi di dalam hal pengevaluasian, pengendalian dan juga perbaikan berkelanjutan.

9. Joel D. Aron
Menurut Joel D. Aron, pengertian sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang memberikan sebuah informasi/ data yang dibutuhkan oleh seorang manajer di dalam mengambil keputusan.

Artikel Terkaid: Pengertian ISO dan Jenisnya

Tujuan Sistem Informasi Manajemen


Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Sesuai yang sudah dijelaskan diatas mengenai definisi sistem informasi manajemen, sebagai salah satu bentuk strategi di dalam internal perusahaan, maka dari itu penerapan manajemen sistem informasi memiliki beberapa tujuan dan fungsi antar lain sebagai berikut:


  • Pengumpulan data bisa menyediakan informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan.
  • Informasi berguna dalam perencanaan, pengendalian, dan evaluasi serta perbaikan lanjutan.
  • Sitem informasi dapat dipergunakan sebagai dasar sebagai perhitungan harga produk, dan jasa maupun untuk tujuan lainnya sesuai yang diinginkan manajemen.


Artikel Terkaid: Pengertian Evaluasi

Fungsi Manajemen Sistem Informasi


Fungsi Manajemen Sistem Informasi

Manajemen sistem informasi memiliki fungsi utama yang bermanfaat di dalam operasional suatu organisasi, antara lain:


  • Mempermudah manajer untuk dapat merencanakan, mengawasi, mengarahkan dan juga  mendelegasikan pekerjaan pada semua anggota tim melalui hubungan satu komando ataupun koordinasi.
  • Data yang tersaji menjadi lebih efektif dan efisien dan juga lebih akurat serta tepat waktu.
  • Dapat menjadi salah satu upaya untuk dapat meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya organisasi.
  • Melalui sistem kerja yang terkoordinir dengan baik serta sistematis bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Artikel Terkaid: Pengertian Efektivitas

Contoh Sistem Informasi Manajemen


Contoh Sistem Informasi Manajemen

Dalam perusahaan yang besar dan sudah berdiri lama, pada umumnya sistem informasi sudah terstruktur dengan sangat baik dan terprogram. Sistem informasi manajemen mengatur bagaimana interaksi dalam perusahaan maupun perusahaan dengan lingkungan dapat bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku, seperti dalam sistem informasi produksi, dan sistem informasi pemasaran maupun di dalam kegiatan lainnya.

Berikut ini beberapa contoh penerapan sistem informasi di dalam perusahaan antara lain:

1. Enterprise Resource Planning (ERP)
Perusahaan menggunakan sistem ERP untuk mengelola serta melakukan pengawasan yang saling terintegrasi kepada unit bidang kerja accounting, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasional dan juga pengelolaan persediaan.

2. Supply Chain Management (SCM)
Seperti namanya, sistem informasi manajemen ini bergerak sebagai penyaji data-data secara terintegrasi terkait suplai bahan baku, Misalanya pemasok, produsen, dan pengecer hingga ke konsumen terakhir.

3. Transaction Processing Sytem (TPS)
Sebuah program yang berguna sebagai pem proses dalam jumlah yang besar serta terjadi secara rutin. Biasanya diaplikasikan kepada manajemen gaji dan investaris.

4. Office Automation System (OAS)
Sistem informasi manajemen ini yang paling sering diterapkan pada perusahaan besar maupun kecil yang berguna untuk dapat melancarkan sistem informasi melalui pengintegrasian server-server komputer di dalam internal perusahaan.

5. Informastic Management System (IMS)
Sistem informasi manajemen ini berguna untuk dapat mendukung spektrum tugas-tugas di dalam perusahaan dan bisa juga digunakan untuk membantu pengambilan sebuah keputusan. di Dalam penerapannya, maka beberapa fungsi informasi akan disatukan melalui program komputerisasi.

6. Knowledge Work System (KWS)
Sistem informasi ini akan mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam perusahaan. Dengan pengetahuan baru tersebut itu, diharapkan para tenaga ahli dapat menerapkannya di dalam pekerjaan mereka.

7. Informatic Management System (IMS)
Sistem informasi IMS ini berfungsi untuk mendukung spektrum berbagai pekerjaan di dalam organisasi. IMS juga dipergunakan untuk membantu melakukan analisis pembuatan keputusan, serta dapat menyatukan beberapa fungsi informasi program komputerisasi, misalnya e-procurement.

8. Decision Support System (DSS)
DSS dapat membantu para manajer di dalam membuat keputusan dengan cara mengamati lingkungan suatu organisaisi tersbut. Misalnya, Link Elektronik di sekolah Tunas Bangsa, yang telah mengamati besar pendapatan ataupun pendaftaran siswa baru setiap tahun.

9. Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (A.I.)
Sistem informasi manajemen yang satu ini pada dasarnya telah menggunakan kecerdasan buatan untuk dapat menganalisisi pemecahan masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga ahli yg telah diprogram ke dalamnya. Seperti, sistem jadwal mekanik.

10. Executive Support System (ESS)
Sistem ESS akan membantu seorang manajer di dalam hal berinteraksi dengan lingkungan perusahaan/organisasi dengan berpegang pada grafik dan juga pendukung komunikasi lainnya.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Pemasaran

Pada intinya, sistem informasi manajemen ialah suatu upaya perusahaan untuk dapat saling berkoordinasi melalui suatu sistem komputer yang telah dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai pengumpul data-data dan informasi secara lebih efisien.