√ Pengertian Perencanaan Beserta Fungsi, Tujuan, Dan Jenis Jenis Perencanaan --> -->

Advertisement

Pengertian Perencanaan Beserta Fungsi, Tujuan, Dan Jenis Jenis Perencanaan

Minggu, 13 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Perencanaan Beserta Fungsi, Tujuan, Dan Jenis Jenis Perencanaan

PEMUDABERSATU.COM - Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian analisis data, maka pada kesempatan kali ini, kita akan membahas apakah yang dimaksud dengan perencanaan itu? Tentunya suatu kegiatan pasti membutuhkan suatu perencanaan agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai yang kita inginkan. Silahkan simak baik baik penjelasan mengenai pengertian perencaan berikut ini.

Pengertian Perencanaan


Pengertian Perencanaan

Apakah yang dimaksud dengan perencanaan itu? Pengertian perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan hal-hal yang ingin dicapai di masa depan serta untuk menentukan berbagai tahapan yang diperlukan agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Definisi Perencanaan Secara Umum


Pengertian perencanaan (planning) secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang terkoordinasi untuk dapat mencapai tujuan tertentu di dalam kurun waktu tertentu. Dengan begitu, di dalam sebuah perencanaan akan terdapat aktivitas pengujian beberapa arah pencapaian, mengkaji ketidakpastian, mengukur kapasitas, dan menentukan arah pencapaian, serta menentukan langkah untuk mencapainya.

Perencanaan adalah salah satu fungsi dari manajemen yang paling penting yang dimana di dalamnya terdapat aktivitas mendefinisikan tujuan organisasi, dan membuat strategi, serta mengembangkan rencana kerja organisasi. Perencanaan adalah suatu tahap awal di dalam kegiatan suatu organisasi terkait dengan suatu pencapaian tujuan organisasi tersebut.

Artikel Terkaid: Pengertian Efisiensi

Definisi Perencanaan Menurut Para Ahli


Agar lebih memahami apa yang dimaksut dengan arti perencanaan, maka dari itu kita dapat merujuk pada pendapat para ahli sebagi berikut ini:

1. Erly Suandy
Menurut Erly Suandy (2001:2), definisi perencanaan adalah suatu proses penentuan tujuan organisasi dan kemudian akan menyajikan dengan jelas strategi-strategi, atau taktik-taktik, dan operasi yang diperlukan untuk dapat mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh.

2. Becker
Menurut Becker (dalam Rustiadi 2008:339), arti perencanaan adalah suatu cara rasional untuk dapat mempersiapkan masa depan.

3. Alder
Menurut Alder (dalam Rustiadi 2008:339), definisi perencanaan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapainya di masa yang akan datang dan menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk dapat mencapainya.

4. Douglas
Menurut Douglas, pengertian perencanaan adalah suatu proses kontinu dari pengkajian, yang membuat tujuan dan sasaran, mengimplementasikan dan juga mengevaluasi atau mengontrolnya.

5. Steiner
Menurut Steiner, definisi perencanaan adalah suatu proses memulai dengan sasaran-sasaran, batasan strategi, dan kebijakan, serta rencana terperinci untuk bisa mencapainya. Mencapai organisasi untuk dapat menerapkan keputusan, dan juga termasuk tinjauan kinerja atau umpan balik terhadap pengenalan siklus perencanaan baru.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Pemasaran

Fungsi Dan Tujuan Perencanaan


Fungsi Dan Tujuan Perencanaan

Pada dasarnya fungsi perencanaan ialah untuk dapat membantu proses pengambilan keputusan terbaik yang tentunya sesuai dengan tujuan organisasi.

Fungsi Perencanaan


Suatu proses perencanaan yang dilakukan seorang manajer harus dapat menjawab pertanyaan 5W dan 1H, Karena itu merupakan salah satu fungsi dari perencanaan

What: Apa tujuan yang ingin dicapai suatu organisasi?
Why: Mengapa hal itu menjadi tujuan organisasi?
Where: Dimana lokasi yang paling tepat agar dapat mencapai tujuan tersebut?
When: Kapan pekerjaan harus diselesaikan agar tujuan itu dapat tercapai?
Who: Siapa orang-orang yang paling tepat yang harus dipilih untuk bisa melaksanakan pekerjaan sehubungan dengan tujuan organisasi itu?
How: Bagaimana metode / cara melaksanakan pekerjaan di dalam upaya pencapaian tujuan organisasi?

Pada intinya, perencanaan berfungsi untuk dapat mencapai efektivitas dan efisiensi di dalam kegiatan organisasi. Dengan begitu maka bisa dilakukan upaya untuk mengidentifikasi berbagai hambatan, dan melakukan koreksi terhadap penyimpangan sesegera mungkin, sehingga organisasi bisa dikendalikan dengan baik.

Artikel Terkait: Pengertian Manajemen Kinerja

Tujuan Perencanaan Organisasi


Setiap suatu organisasi tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda, dan tentu juga suatu perencanaan yang dibuat juga akan berbeda-beda. Akan tetapi, pada dasarnya tujuan organisasi melakukan sebuah perencanaan adalah untuk:


  • Mengantisipasi dan beradaptasi dengan segala perubahan yang akan terjadi.
  • Memberikan sebuah arahan (direction) kepada para adiminitrator maupun kepada non administrator agar dapat berkerja sesuai dengan rencana.
  • Menghindari dan meminimalisir potensi terjadinya tumpang tindih serta pemborosan di dalam pelaksanaan perkerjaan.
  • Menetapkan sebuah standar tertentu yang harus digunakan di dalam bekerja sehingga memudahkan dalam pengawasan / kontrol.


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Perusahaan

Jenis-Jenis Perencanaan


Jenis-Jenis Perencanaan

Secara umum, perencanaan itu dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu perencanaan berdasarkan ruang lingkupnya, dan berdasarkan tingkatannya, serta berdasarkan jangka waktunya. Berikut ini penjelasan jenis-jenis perencanaan yang perlu Anda tahu;

1. Perencanaan Berdasarkan Ruang Lingkup


Rencana strategis (strategic planning), adalah perencanaan yang di dalamnya terdapat uraian mengenai kebijakan jangka panjang dan dalam waktu pelaksanaan yang lama. Pada umumnya jenis perencanaan ini sangat sulit untuk diubah.

Rencana taktis (tactical planning), adalah suatu perencanaan yang di dalamnya terdapat uraian tentang kebijakan yang bersifat jangka pendek, dan mudah disesuaikan aktivitasnya selama tujuannya masih sama dengan tujuan awal

Rencana terintegrasi (integrated planning), adalah perencanaan yang di dalamnya terdapat suatu penjelasan secara menyeluruh dan sifatnya terpadu.

2. Perencanaan Berdasarkan Tingkatan


Rencana induk (master plan), adalah suatu perencanaan yang fokus pada kebijakan organisasi, yang dimana di dalamnya terdapat suatu tujuan jangka panjang dan ruang lingkupnya luas.

Rencana operasional (operational planning), adalah suatu perencanaan yang fokus pada pedoman atau petunjuk pelaksanaan program-program organisasi.

Rencana harian (day to day planning), adalah suatu perencanaan yang di dalamnya terdapat sebuah aktivitas harian yang bersifat rutin.

3. Perencanaan Berdasarkan Jangka Waktu


Rencana jangka panjang (long term planning), adalah suatu perencanaan yang dibuat dan berlaku untuk jangka waktu sekitar 10 – 25 tahun.

Rencana jangka menengan (medium range planning), adalah suatu perencanaan yang dibuat dan berlaku untuk jangka waktu 5 – 7 tahun.

Rencana jangka pendek (short range planning), adalah suatu perencanaan yang dibuat dan hanya berlaku selama kurang lebih 1 tahun lamanya.

Artikel Terkaid: Seputar Bisnis

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian perencanaan, fungsi, tujuan, dan jenis-jenis perencanaan. Semoga artikel perencanaan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.