√ Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah -->

Advertisement

Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah

Rabu, 22 Januari 2020

Ad1

Ad2

Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah - Selamat datang di artikel pemudabersatu.com yang membahas mengenai permasalah pada mesin scanner seperti scanner rusak atau tidak bisa terdeteksi/ macet. Namun sebelum kita membahas tentang masalah pada mesin scanner dan cara memperbaiki-Nya, alangkah baik jika mengenal dulu tentang fungsi dari mesin scanner.

Scanner atau alat pemindai adalah suatu perangkat keras yang mampu membuat dokumen fisik menjadi dokumen digital dan alat scanner ini sering digunakan oleh instansi pemerintah untuk membantu di dalam mencetak dokumen atau untuk menyimpan dokumen digital.

Prinsip atau cara kerja mesin scanner itu hampir sama dengan mesin photo copy, namun yang jadi perbedaan adalah jika mesin photo copy hanya scaned data atau data dicetak langsung (print) dan tidak bisa di simpan dalam bentuk digital dalam folder, sedangkan mesin scanner bisa di simpan dalam bentuk digital dengan format seperti PDF, JPG atau sejenisnya.

Selain itu mesin scanner ini juga hampir sama dengan kamera yang bisa dipergunakan untuk memotret sebuah dokumen, akan tetapi file yang dihasilkan oleh mesin scanner ini lebih baik dan bagus.

Bagi perusahaan ataupun instansi pemerintah keberadaan scanner sangat dibutuhkan sekali, selain scanner mampu melakukan print atau memindai dokumen, scanner juga bisa digunakan untuk mengarsipkan dokumen dalam bentuk digital.

Karena keberadaan scanner itu sangat penting, maka tidak heran jika scanner digunakan untuk melakukan scan setiap harinya. Namun scanner ini sama seperti mesin lainnya yang bisa mengalami kerusakan atau eror, pada umumnya yang sering di alami oleh mesin scanner adalah scanner tidak bisa scan atau macet, hasil scan buram dan bergaris hingga scanner tidak bisa terdeteksi.

Untuk itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai cara mengatasi scanner tidak terdeteksi dengan mudah. Untuk mengetahui cara memperbaiki scanner yang tidak terdeteksi silahkan simak ulasan dibawah ini.

Baca Juga: Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya

Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbaiki scanner yang tidak bisa terdeteksi:

Driver Scanner Belum Di Install


Cara mengatasi perangkat scanner yang tidak terdeteksi pertama adalah dengan memastikan driver sudah terinstall dengan benar. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa driver sangat penting sekali sebagai media untuk memperkenalkan perangkat kerasa kepada sistem operasi (windows).

Sistem Operasi Windows seperti windows 8 dan 10 sudah dilengkap dengan driver resmi yang sudah mendukung plug and play (Hubungkan dan jalankan). Dalam artian pengguna tidak perlu melakukan penginstallan driver sendiri. Oleh karena itu terkadang terjadi permasalahan khususnya pada printer dan scanner di dalam satu perangkat. biasanya fungsi printer atau mencetak bisa berjalan normal namun untuk scanner /pemindai tidak berjalan normal atau tidak terdeteksi.

Jadi silahkan Anda mencari dan download driver sendiri yang sudah disediakan oleh situs resmi produsen scanner. Sebelum anda unduh silahkan pastkan arsitektur software yang sesuai dengan komputer seperti windows x64 yang memiliki arsitektur processor 64-bit atau windows x32 yang memiliki arsitektur processor 3-bit. Jika sudah di pastikan silahkan install driver scanner tersebut dan coba apakah cara mengatasi scanner tidak terdeteksi ini sudah berhasil atau belum.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram

Uninstall Driver Scanner lalu Install Kembali


Cara mengatasi scanner tidak terdeteksi selanjutnya ialah melakuan uninstall driver kemudian di install kembali. Pada umumnya penyebab scanner tidak terdeteksi karena driver scanner mengalami corrupt.

Jika file driver scanner terkena virus maka secara otamatis file driver akan dihapus oleh antivirus yang berada di komputer. Oleh karena itu untuk cara memperbaiki scanner tidak terdeteksi dalam hal ini adalah uninstall driver scanner lalu restart komputer kemudian install ulang. Dengan begitu maka scanner bisa kembali normal dan dapat digunakan untuk scanning / scan dokumen seperti semula.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah

Scanner Terkunci


Penyebab scanner tidak terdeteksi adalah karena scanner posisi terkunci dan untuk cara mengatasi permasalan tersebut, silahkan priksa bagian bawah scanner lalu buka kunci tersebut. Pada umumnya hal ini terjadi oleh flat scanner seperti Canon type Canoscan LiDe 200, Canon type Canoscan LiDe 210, Canon type Canoscan LiDe 110, Canon type Canoscan LiDe 100, Canon type Canoscan D464U ex, Canon type Canoscan 3000 ex.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner

Ganti Kabel Data Baru


Cara memperbaiki scanner yang tidak terdeteksi ke empat ialah dengan mengganti kabel data dengan yang baru. Permasalahan umum yang menjadi penyebab scanner eror / tidak terdeteksi adalah adanya kerusakan pada kabel data.

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kabel data penghubung scanner ke komputer mengalami kerusakan / rusak, misalnya usia kabel sudah lama, kabel digigit tikus, dan lain sebagainya. Oleh karena itu segera ganti kabel untuk mengatasi scanner tidak terdeteksi ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Bergaris Termudah

Pindahkan USB Connetor Scanner ke USB Port Lain di Laptop / Komputer


Lakukan pengecakan pada bagian USB Port yang menghubungkan scanner ke komputer apakah dalam keadaa baik atau rusak. Sebab jika usb port dalam kondisi rusak bisa menjadi penyebab scanner tidak terdeteksi.

Untuk cara mengatasi scanner tidak terdeteksi dalam masalah ini adalah dengan mencoba menghubungkan kabel data scanner langsung ke USB port motherboard komputer, sebab kemungkinan besar koneksi terminal USB tidak berjalan stabil dan mengakibatkan Scanner yang digunakan tidak dapat terdeteksi.

Baca Juga: Cara Merubah Font Pada Printer Dot Matrix Epson LX 300, LX 310+II atau LX 310

Menghubungkan Scanner Dengan Komputer Lain


Cara mengatasi scanner tidak terdeteksi ini digunakan jika solusi memperbaiki scanner diatas belum bisa membuat scanner terdeteksi kembali yaitu dengan mencoba hubungkan perangkat keras scanner ke komputer lain. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah scanner dalam kondisi rusak atau masih bisa digunakan.

Apabila anda sudah menghubungan scanner dengan komputer lain namun masih belum terdeteksi, berarti bisa diambil kesimpulan bahwa scanner dalam kondisi rusak, pada umumnya rusak pada bagian chip ( chipset) yang berfungsi untuk koneksi scanner terhadap komputer. Biasanya letak chip tersebut berada di dekat USB port pada board /PCB scanner.

Cara memperbaiki scanner tidak terdeteksi/ terkoneksi karena kerusakan pada chip ini, silahkan bawa ke tempat service printer scanner terpercaya.

Baca Juga: Cara Print Kwitansi Secara Manual di Laptop Dengan Format Excel

Demikianlah beberapa cara mengatasi scanner tidak terdeteksi dengan mudah beserta cara mengatasi permasalahan tersebut. Semoga setelah anda mengetahui artikel mengenai cara memperbaiki scanner eror atau tidak terdeteksi ini, dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan pada perangkat keras scanner dan bisa mengatisipasi yang bisa menjadi penyebab scanner rusak atau tidak terdeteksi.Semoga bermanfaat.