√ Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya -->

Advertisement

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya

Rabu, 22 Januari 2020

Ad1

Ad2

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya - Selamat datang di blognya pemudabersatu.com yang membahas mengenai dunia printer dan scanner. Oh iya untuk kali ini saya akan memberikan informasi tentang penyebab perangkan scanner tidak bisa melakukan scan berserta cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa scanner adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh instansi pemerintah untuk membantu pekerjaan didalam mencetak dokumen atau copy. Scanner ini merupakan alat yang mampu merubah file dokumen biasa diubah menjadi file digital.

Mesin scanner ini memiliki banyak fungsi dan keuntungan didalam penggunaannya, namun kelemahan dari scanner ini sering mengalami eror seperti scanner tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk scan dokumen/ macet.

Penyebab scanner tidak bisa melakukan scanning ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari driver hingga mesin scanner rusak.

Untuk itulahlah saya akan menjelaskan secara detail mengenai penyebab scanner tidak bisa scan dan cara untuk mengatasi permasalah scanningeror tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Memperbaiki-Nya


Berikut ini adalah beberapa yang menjadi penyebab perangkat scanner tidak dapat melakukan scan beserta solusi-Nya.

Driver Scanner Tidak Terinstal Dengan Benar


Penyebab pertama yang membuat scanner tidak bisa melakukan scan ialah karena driver scanner di komputer tidak sesuai, jadi mengakibatkan scanner tidak berfungsi. Nah untuk solusi mengatasi hal ini ialah dengan cara install driver yang sesuai dengan jenis scanner yang dipergunakan.

Cara mengatasi scanner tidak bisa scan dalam kasus ini sangatlah mudah bukan karena tinggal install ulang driver scanner yang digunakan. Meskipun penyebab dalam masalah ini jarang sekali di temui namun apa salahnya anda cek driver scanner.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah


Driver Corrupt


Penyebab scanner tidak dapat scan kedua ini masih berhubungan dengan cara diatas yaitu terdapat masalah driver yang mengalami corrupt. Dalam artian driver scanner tidak berhasil dipasang dengan baik, maka file-file atau data yang dibutuhkan agar driver tidak bisa berfungsi dengan normal karena tidak tersedia di dalam file komputer dan mengakibatkan scanner tidak bisa melakukan scan.

Cara mengatasi scanner tidak bisa scan dalam hal ini ialah dengan melukan proses instalasi ulang dengan driver yang tepat agar file driver yang akan dibutuhkan oleh scanner dimiliki oleh sistem komputer.

Agar disaat melakukan proses instalasi ulang alangkah baiknya jika Anda uninstal driver lama terlebih dahulu, baru kemudian instal driver scanner baru setelah itu lakukan restart. Dengan begitu maka scanner bisa berjalan normal dan dapat melakukan scanning kembali.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner

Port Keliru


Penyebab scanner tidak bisa melakukan scan yang ketiga adalah karena registrasi port yang salah / keliru. Adanya masalah pada port yang keliru didalam pemasangan instalasi dapat menyebabkan scanner tidak dapat melakukan scan dengan baik.

Cara untuk mengatasi scanner tidak bisa scan dalam kasus ini ialah melakukan registrasi port ulang dan dipastikan benar didalam melakukan instalasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah


Kabel Data Scanner Ke Komputer Rusak


Selain ketiga diatas yang dapat menyebabkan scanner tidak bisa scan, kerusakan kabel data penghubung antara scanner ke komputer juga bisa menjadi penyebab scanner tidak dapat melakukan scanning.

Cara mengatasi scanner tidak bisa scan dalam hal ini ialah dengan melakukan pengecekan pada kabel, caranya cukup mudah yaitu dengan mencoba menggunakan kabel lain untuk melakukan proses scanning, jika setelah diganti kabel scanner bisa melakukan scan maka sudah dipastikan bahwa kabel data yang lama rusak, silahkan ganti kabel yang baru agar scanner bisa berfungsi dengan normal untuk melakukan scan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Bergaris Termudah

Slot Kabel Rusak


Penyebab scanner tidak bisa scan yang kelima adalah slot kabel rusak. Slot kabel / konektor yang menghubungkan perangkat komputer dan mesin scanner mengalami kerusakan, hal itu lah yang menyebabkan scanner tidak dapat melakukan scanning seperti biasanya.

Cara untuk memperbaiki scanner tidak bisa scan dalam hal ini adalah dengan melakukan penggantian slot kabel USB yang berada di dalam scanner atau komputer yang rusak.

Mesin Scanner Rusak


Penyebab terakhir yang dapat mengakitbatkan scanner tidak bisa melakukan scan ialah karena terdapat kerusakan pada mesin scanner, sehingga dengan begitu maka secara otomatis scanner tidak dapat melakukan scanning.

Untuk cara mengatasi scanner tidak bisa scan dalam masalah ini adalah dengan membawa mesin scanner ke tempat service atau mengganti dengan yang baru.

Itulah beberapa penyebab scanner tidak bisa scan berserta cara mengatasi-Nya. Semoga setelah anda mengetahui tutorial ini dapat membantu anda didalam memperbaiki mesin scanner anda yang sedang rusak atau tidak dapat lakukan Scanning. Semoga bermanfaat.