√ Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram -->

Advertisement

Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram

Selasa, 21 Januari 2020

Ad1

Ad2

Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram

Cara Memperbaiki Scanner Macet dan Mengatasi Hasil Scam Buram Dengan Mudah - Jika scanner mengalami masalah seperti eror atau macet, maka Anda perlu membaca artikel ini, sebab pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial mengenai cara mengatasi scanner yang macet. Namun sebelum ke inti permasalah alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan scanner? Scanner adalah salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan atau instansi pemerintah untuk membantu pekerjaan di dalam mencetak dokumen digital.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa fungsi scanner ialah untuk merubah sebuah dokumen fisik menjadi dokumen dalam bentik digital. Dengan menggunakan scanner di dalam pekerjaan tentu dapat membantu anda didalam menyimpan file/ data penting dengan aman.

Scanner memeliki dua bentuk atau tipe yaitu mesin scanner tunggal dan scanner yang bergabung dengan printer ( Printer 3 in 1), meskipun memiliki tipe yang berbeda namun fungsi scanner hampir sama yaitu untuk mencetak dokumen seperti foto, ijazah, sertifikat dan lain sebagainya.

Apabila anda ingin menyimpan dokumen dengan cara di scan, maka dokumen tersebut harus terletak diatas kaca pemindai, langkah ini hampir sama dengan cara kerja mesin photo copy, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca Cara Scan Dokumen Dengan Benar yang pernah kita bahas diartikel sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa mesin scanner memiliki masala limit pemakaian sama halnya dengan mesin lainnya, jadi tidak heran jika tiba-tiba scanner macet atau tidak bisa digunakan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara mengatasi scanner macet dengan mudah dan aman.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Scanner Macet


Selain faktor usia penyebab mesin scanner macet adalah kurangnya perawatan. Suatu mesin jika tidak dirawat secara rutin maka dapat mengakibatkan kerusakan sama hal nya scanner ini. Maka anda harus melakukan perawatan scanner dengan baik dan hindari menyetuh kaca tempat pemindai scanner, sebab jika kaca scanner tergores atau kotor dapat menjadi penyebab hasil scanner buram dan terlihat jelek.

Ok kita ke inti permasalah mengenai cara memperbaiki scanner yang macet, terdapat beberapa langkah yang bisa anda gunakan untuk mengatasi scanner macet.

Periksa Koneksi Kabel Data Scanner Ke Komputer


Cara memperbaiki scanner macet yang pertama ialah dengan memeriksa koneksi kabel scanner ke komputer apakah kondisi masih bagus atau tidak. Perlu diketahui bahwa salah penyebab mesin scanner macet di saat digunakan untuk scan dokumen adalah kabel tidak terkoneksi dengan baik yang membuat proses aliran data dari scanner ke komputer menjadi terganggu.

Jadi solusi terbaik untuk mengatasi scanner macet disaat digunakan untuk scan ialah memastikan pemasangan kabel scanner terpasangan dengan tepat dan benar. Jika pemasangan kabel scanner sudah benar namun masih tidak bisa gunakan untuk scan, maka silahkan priksa kondisi kabel itu sendiri, apakah kabel data scanner mengalami kerusakan? Apabila kabel koneksi data scanner rusak silahkan ganti dengan kabel yang baru, agar mesin scanner bisa digunakan kembali untuk scan dan tidak macet.

Baca Juga: Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya

Meletakan Dokumen Sumber Tidak Tepat Di Kaca Scanner


Cara meperbaiki scanner macet yang kedua ialah dengan memastikan bahwa dokumen sumber sudah diletakkan dengan tepat. Penyebab berhentinya pemindaian scanner biasanya karena pengguna meletakan dokumen sumber tidak benar.

Jadi untuk cara mengatasi scanner macet / tidak bisa untuk scan dalam masalah ini ialah periksa kembali dokumen sumber apakah peletakan sudah benar dan diatas penampang kaca pemindaian atau tidak.

Perlu diketahui optic scanner akan kesulitan untuk memindai atau membaca dokumen jika dokumen sumber peletekannya kurang tepat. Dan akibatnya proses pemindaian berhenti dan melambat ( Scanner Macet).

Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah

Membebaskan Ruang Memori


Cara memperbaiki scanner macet yang ketiga ialah dengan membebaskan memori tempat penyimpanan hasil scan. Perlu diketahui salah satu penyebab proses scanning berhenti tiba-tiba di saat proses pemindai berjalan adalah karena kurang memori penyimpanan hasil scan yang disediakan.

Pada umumnya jika permasalah scanner tiba-tiba macet dalam hal ini akan di tandai dengan pesan eror yang bertulis Not Enough Memory.

Untuk menghindari masalah tersebut silahkan berikan dan bebaskan ruang penyimpanan hasil scan, karena jika tidak ada ruang yang cukup untuk menyimpan hasil scan makan proses scanning akan macet dan berhenti sendiri.

Apabila cara memperbaiki scanner macet diatas belum mampu mengatasi proses scanning yang berhenti tiba-tiba dan scanner belum bisa bejalan normal kembali, pada kemungkinan penyebab scanner macet atau berhenti sendiri adalah terdapat kerusakan pada perangkat scanner.

Namun jika cara memperbaiki scanner macet diatas berhasil namun hasil scan menjadi buram atau bergaris dengan kata lain tidak memuaskan, maka silahkan perhatikan ulasan dibawah ini

Cara Mengatasi Hasil Scan Buram dan Bergaris


Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi hasil scan buram dan bergaris yang perlu diketahui.

Membersihkan Kaca Scanner


Untuk mengatasi hasil scan yang bergaris dan bercak/buram adalah dengan membersihkan kaca tempat pemindaian. Nah untuk cara membersihkan kaca scanner silahkan gunakan cairan pembersih kaca dan kain halus, silahkan usap kaca pemindai secara jarum jam dan pelan pelan lalu keringkan.

Jika proses pembersihkan kaca scanner sudah dilakukan, silahkan di coba kembali melakukan scan dan liat hasilnya apakah bercak sudah hilang atau belum.

Meningkatkan Resolusi Pemindai


Nah cara kedua untuk mengatasi atau memperbaiki hasil scan buram dan bergaris ialah dengan meningkatkan resolusi pemindai / scanner.

Selengkapnya silahkan baca Cara Mengatasi Hasil Scan Bergaris Dengan Mudah.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki scanner macet dengan mudah dan cara mengatasi hasil scan buram dan bergaris. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda di dalam menemukan solusi tepat untuk mengatasi mesin scanner berhenti tiba-tiba / macet. Semoga bermanfaat.