√ Cara Mengatasi Scanner Bergaris Termudah -->

Advertisement

Cara Mengatasi Scanner Bergaris Termudah

Rabu, 22 Januari 2020

Ad1

Ad2

Cara Mengatasi Scanner Bergaris Termudah

Cara Mengatasi Scanner Bergaris Termudah - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai hasil scan yang bergaris atau buram. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa perangkat keras yang bernama scanner adalah suatu alat yang miliki fungsi menyalin atau memindai dokumen gambar bentuk fisik menjadi file digital. Namun kendala yang dialami pengguna scanner adalah hasil scan terdapat garis yang melintang?

Scanner yang hasil scanning-nya bergaris tentu terdapat berbagai faktor penyebab-nya, Untuk itulah pada artikel ini saya akan memberikan tutorial mengenai penyebab scanner bergaris beserta cara mengatasi atau memperbaiki hasil scan yang bergaris dengan mudah.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi scanner yang bergaris, untuk mengetahui penyebab dan cara memperbaiki hasil scanning bergaris silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Scanner Bergaris


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika hasil scan bergaris vertikal:

Pastikan Kaca Scanner Asli


Cara mengatasi hasil scan bergaris yang pertama adalah dengan memastikan bahwa kaca scanner asli. Pada umumnya penyebab hasil scanning bergaris itu karena alat scanner pernah rusak dan diperbaiki oleh tukang service dan disaat memperbaiki-nya kaca scanner telah diganti dengan yang tidak asli dari merk produsennya.

Tentu dengan kaca scanner yang tidak asli dapat menjadi penyebab hasil scan bergaris, sebab terdapat perbedaan ketebalan kaca scanner asli dengan yang abal-abal.

Untuk cara memperbaiki hasil scan bergaris dalam hal ini silahkan anda ganti kaca scanner dengan yang asli, namun jika kaca scanner sudah asli dan hasil scanning tetap bergaris, silahkan liat langkah selanjutnya dibawah ini.

Baca Juga: Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya

Memastikan Hasil Scan Bergaris Tidak Berhubungan Dengan Printing


Cara kedua untuk mengatasi hasil scan bergaris ini berlaku bagi printer yang memiliki fitur scanner di dalamnya (Printer 3 in 1). Bukan menjadi rahasia umum bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat, banyak prodesen printer yang menawarkan fungsi scan di dalam printer yang di produksinya. Seperti printer merk HP dan Canon.

Jika anda pengguna printer HP dan hasil scan-nya bergaris, maka silahkan dipastikan terlebih dahulu bahwa permasalahan tersebut terjadi disaat anda melakukan scanning saja bukan disaat melakukan print. Akan tetapi jika hasil print juga ikut bergaris, maka silahkan lanjut ke cara mengatasi scanner bergaris berikutnya.

Sedangkan seputar masalah printer merk HP anda bisa mengunjungi website resmi di HP Customer Support, selanjutnya silahkan anda cari tipe printer / model number-nya, kemudian cari menu untuk mengatasi hasil print bergaris dan untuk masalah hasil scanning bergaris silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram

Bersihkan Kaca Scanner


Cara mengatasi hasil scan bergaris selanjutnya ialah dengan membersihkan kaca scanner dengan benar, biasanya debu, bekas sidik jari, sisa-sisa puing di kaca scanner atau noda yang berada dibawah di slot feeder kertas bisa menyebabkan timbulnya hasil scanning ber-garis dan warna pita yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu jika hasil scan anda bergaris, silahkan lakukan pembersihan pada kaca scanner dengan cara menyemprotnya pembersih kaca ke kain lembut lalu usabkan ke kaca scanner. Perlu diketahui untuk cara membersihkan kaca scanner itu berbeda-beda tergantung di jenis kaca scan nya. Beriku langkahnya.

A. Printer Dengan Memiliki Penutup Kaca Scanner



  • Untuk membersihkan kaca scanner yang memiliki penutup, silahkan matikan printer terlebih dahulu dan lepas sumber listrik terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buka penutup scanner untuk memulai pembersihkan kaca scanner agar hasil scan tidak lagi bergaris.
  • Silahkan semprotkan cairan pembersih kaca pada kain lembut ( Kain Mikrofiber).
  • Kemudian usapkan kain lembut tersebut ke kaca scanner dan juga pada celah-celah kaca hingga bersih.
  • Apabila dirasa kaca scanner sudah bersih, silahkan biarkan terbuka terlebih dahulu agar benar-benar kering dan komponen di dalam printer scanner aman.
  • Perlu anda ingat jangan menyemprotkan cairan pembersih kaca langsung di kaca scanner ya.
  • Jika dirasa kaca printer scanner sudah benar benar kering silahkan sambungkan printer dengan sumber listrik lalu nyalakan.
  • Nah kemudian gunakan untuk melakukan scan dokumen, apakah hasil scanning sudah bagus dan tidak bergaris lagi. Ingat di saat ingin melakukan scanning di mesin scanner pastikan dokumen kondisi bagus dan tidak terdapat kotoran agar hasil scanner juga bagus dan tidak bergaris.


Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah

B. Printer Dengan Slot Feeder Kertas



  • Cara membersihkan kaca printer scanner dengan slot feeder kertas adalah dengan matikan printer terlebih dahulu dan lepas sumber listrik kemudian cabute baterai printer (Jika Ada).
  • Kemudian buka penutup bagian atas printer, lalau bersihkan segala puing-puing yang berada disana seperti potongan kertas atau klik kertas yang berada di dalam feeder kertas.
  • Lalu semprotkan cairan pembersih kaca pada kain lembut, lalu usap kain ke kaca scanner dan pada bagian putih di sisi feeder kertas sampai benar-benar bersih kemudian keringkan.
  • Jika dirasa sudah kaca printer scanner sudah kering silahkan sambung kembali dengan sumber listrik kemudian coba untuk melakukan scanning, apakah hasil scan masih bergaris atau scanner sudah normal.


Baca Juga: Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner

Reset Printer atau Scanner


Cara mengatasi hasil scanning bergaris berikutnya ialah dengan melakukan reset printer atau scanner. Perlu diketahui jika anda me-reset scanner, maka secara otomatis beberaoa kesalahan yang dialami oleh scanner bisa terkalibrasi, dan ini juga salah satu cara terbaik untuk memperbaiki scanner yang bergaris dengan mudah.

Cara Reset Printer Scanner



  • Bersihkan semua kotoran yang berada di ADE (automatic document feeder) dan kaca scanner, selanjutnya tutup penutup kaca scanner.
  • Setelah itu nyalakan printer scanner, nah disaat printer menyala silahkan cabut sumber listrik dari printer kemudian tunggu sekitar satu atau dua menit.
  • Kemudian silahkan anda sambungkan kembali sumber listrik ke printer scanner. (Jika printer merk HP, lakukan kalibrasi scanner setelah reset printer).
  • Jika sudah di sambung kembali dengan sumber listri, silahkan nyalah dan pastikan scanner terdeteksi setelah direset. Jika tidak terdeteksi silahkan liat di halaman pemudabersatu.com dengan tag cara memperbaiki scanner tidak dapat terdeteksi.
  • Apabila scanner sudah terdeteksi, lakukan percobaan scanning dengan satu lembar dokumen atau foto.
  • Lalu liat hasil scan tersebut apakah masih bergaris atau sudah normal. Jika berhasil berarti cara memperbaiki scanner bergaris sudah teratasi.


Baca Juga: Cara Merubah Font Pada Printer Dot Matrix Epson LX 300, LX 310+II atau LX 310

Bersihkan ADF (Roller Automatic Document Feeder)


Jika printer anda mempunyai ADF, maka cara untuk mengatasi scanner bergaris ialah dengan membersihkan roller automatic document feeder ( ADF) dari kotoran debu atau sis-sisa kertas pada roller.

Sebab jika roller pada ADF kotor dapat mengakibatkan kualitas hasil scan menurut seperti bergaris atau buram.

Cara Membersihkan ADR



  • Siapkan alat seperti kain lembut dan air bersih terlebih dahulu.
  • Kemudian matikan printer scanner lalu buka penutup ADF.
  • Selanjutnya cari dan ambil roller pengambil kertas dan juga separator yang berada di dalam ADF tersebut.
  • Selanjutnya rendam kain di dalam air yang bersih, lalu peras dan gunakan untuk membersihkan segala kotoran yang berada di roller dan pad separator.
  • Jika sudah benar-benar bersih silahkan keringkan kurang lebih 5 menit. lalu tutup kembali penutup ADF dan masukan kerta ke tray feeder kertas dengan benar agar printer mudah mengambil kertas tersebut.
  • Kemudian sambung kembali printer scanner dengan sumber listrik dan nyalakan, kemudian coba lakukan scanning, apalah hasil scan sudah tidak bergaris. Jika masih hasil scanning masih bergaris, silahkan lanjut ke tahap cara mengatasi scanner bergaris dibawah ini.


Kalibrasi Scanner


Cara mengatasi hasil scan bergaris dengan mudah selanjutnya ialah dengan melakukan kalibrasi scanner. Jika ingin melakukan kalibrasi pada printer merk HP, silahkan gunakan HP Printer Assistant untuk mengakalibasi scanner dari OS windows.

Langkah-Langkah Kalibrasi Scanner



  • Nyalakan Printer lalu silahkan masukan satu lembar kertas putih dan bersih dalam printer scanner.
  • Nah disaat kertas sudah terisi di dalam scanner, maka secara otomatis printer akan memasukan kertas tersebut kedalam scanner dan lampu scanner akan menyala. ( Jika scanner tidak bekerja silahkan keluarkan kertas dan masukan lagi di dalam scanner).
  • Setelah itu buka windows for HP, lalu cari dan pilih tipe printer yang digunakan dan buka.
  • Lalu Kluk print selanjutnya klik maintain your printer, maka toolbox dari printer otomatis akan terbuka.
  • Nah pada tab scan services, silahkan Anda klik calibrate scanner, maka scanner akan menarik kertas dan melakukan kalibrasi. Perlu diingat jangan mengambil kertas hingga proses kalibrasi sudah selesai. JIka sudah selesai lanjut tekan OK. dan liat hasilnya apakah cara memperbaiki scanner bergaris ini berhasil?


Membaca Scanner Ke Service Center


Jika cara mengatasi scanner bergaris diatas sudah semua dilakukan, namun hasil scan masih terlihat bergaris maka cara terakhir yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hasil scanning bergaris ialah dengan membawa mesin scanner ke service center. Kemungkinan besar scanner sudah rusak.

Baca Juga: Cara Mencetak Kwitansi di PC dan Laptop Dengan Mudah

Itulah beberapa cara mengatasi scanner bergaris termudah, semoga dengan membaca artikel mengenai cara memperbaiki hasil scan bergaris ini dapat membantu Anda di dalam mengatasi hasil scanning yang tidak sesuai tersebut. Semoga bermanfaat.