√ Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah -->

Advertisement

Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah

Selasa, 21 Januari 2020

Ad1

Ad2

Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah - Untuk artikel kali saya akan memberikan tutuorial mengenai cara mengatasi scanner barcode eror atau tidak dapat melakukan scan. Namun sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian scanner barcode. Scanner barcode adalah suatu alat yang dipergunakan untuk membaca sebuh kode-kode yang memiliki bentuk garis vertikal.

Bagi seorang kasir supermarket tentu setiap harinya menggunakan scanner barcode ini, scanner barcode ini akan memancarkan sebuah warna merah dan biasanya digunakan untuk mengecek harga barang yang telah di beli konsumen.

Hampir seluruh supermarket menggunakan scanner barcode ini, sebab banyak sekali fungsi dan keuntungan menggunakan scanner barcode, antara lain:


  • Scanner barcode mampu mengurangi resiko adanya kesalahan didalam menginput data.
  • Scanner barcode dapat mempercepat proses didalam memasukan sebuah data barang.


Akan tetapi kelemahan dari scanner barcode ini seperti perangkat elektronik lainnya yaitu terkadang timbul eror. Untuk alat scanner barcode ini yang paling sering dialami penggunanya ialah scanner tidak bisa melakukan scan.

Jika scanner barcode tidak bisa scan / eror bukan berarti alat barcode tersebut rusak. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi scanner barcode tidak terdeteksi atau tidak bisa scan.

Lantas bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi scanner barcode yang tidak bisa scan tersebut? Yang pasti untuk cara mengatasi scanner barcode rusak atau tidak dapat scan ialah tidak membeli barcode baru dengan harga yang mahal melainkun memperbaikinya. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner

Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan


Tentu cara mengatasi scanner barcode rusak berbeda dengan cara mengatasi scanner yang tidak terdeteksi. Berikut cara untuk memperbaiki scanner barcode yang tidak bisa scan.

Memperbaiki Software Scanner Barcode


Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki scanner barcode tidak bisa scan ialah dengan mengganti software scanner atau mengembalikan setting awal barcode tersebut (Reset Pabrik).

Untuk cara mengembalikan software scanner barcode secara default agar bisa digunakan untuk scan kembali ialah sebagai berikut.


  • Nyalakan scanner barcode kemudian buka komputer lalu klik star menu lalu RUN kemudian ketik clearhive dan OK.
  • Jika setelah tekan OK, maka akan muncul notifikasi reset ke default, silahkan tekan OK untuk mereset software scanner barcode.
  • Dengan begitu maka seccara otomatis scanner barcode akan restart sendiri dan tunggu proses selesai dan mucul jendela desktop/ home.


Dengan selesainya proses maka software scanner barcode sudah kembali normal dan bisa melakukan scan barcode seperti semula. Namun apabilan scanner barcode masih belum bisa untuk scan silahkan liat penjelasan dibawah ini.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram

Memperbaiki Hardware Scanner Barcode


Apabila cara memperbaiki scanner barcode tidak bisa scan melalui software diatas belum bisa membuat scanner barcode bisa kembali untuk scan, maka silahkan perbaiki scanner barcode lewat hardware. Biasanya jika menggunakan cara mengatasi scanner barcode tidak bisa scan melalui bagian hardware ini bisa membuat kembali normal.

Cara memperbaiki scanner barcode tidak bisa scan melalui bagian hardware ini anda harus melepas baterai utama dan baterai backup terlebih dahulu yang berada di dalam scanner barcode. Cara melepas baterai scanner barcode ialah dengan membongkarnya.

Jika anda sudah berhasil melepas baterai scanner barcode silahkan dilanjut dengan mengganti komponen barcode bagian laser. Bagian laser ini yang akan mengeluarkan sinar di saat scanner akan melakukan scan barcode. (Penggantian laser ini, apabila laser tidak mengeluarkan cahaya di saat proses scan berlangsung).

Jika bagian laser scanner barcode sudah diganti baru namun scanner barcode masih tidak bisa melakukan scan, maka silahkan cek di bagian mainboard scanner. Pastikan Mainboard scanner barcode tidak mengalami kerusakan, jika rusak silahkan ganti yang baru dan asli kemudian silahkan di coba untuk melakukan scan kembali, apakah scanner barcode sudah bisa untuk scan atau belum.

Baca Juga: Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya

Periksa Kabel Data Scanner Barcode


Jika anda sudah memperbaiki software dan hardware namun scanner barcode masih tidak dapat melakukan scan, maka silahkan cek di bagian kabel datanya.

Biasanya penyebab scanner barcode tidak bisa scan terdapat kerusakan pada kabel atau kabel tidak terhubung. Untuk mengatasi scanner barcode tidak bisa scan dalam hal ini silahkan pastikan kabel data sudah terhubung dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Tidak Terdeteksi Dengan Mudah

Tips Menggunakan Scanner Barcode Untuk Scan



  • Disaat anda akan melakukan scan menggunakan scanner barcode pastikan anda sudah memposisikan barcode di tempat yang tidak begitu gelap maupun terang, sebab hal itu akan sangat mempengaruhi sinar infra merah scanner barcode untuk membaca.
  • Pastikan posisi lampu scanner lurus dan condong kebawah.
  • Disaat melakukan scanning menggunakan gerakan scanner dari atas barcode secara perlahan-lahan.


Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Bergaris Termudah

Itulah beberapa cara memperbaiki scanner barcode tidak bisa scan dengan mudah. Oh iya perlu diketahui faktor penyebab scanner tidak bisa scan itu banyak sekali, mulai dari barcode rusak, barcode tidak sesuai dengan scanner, ukuran barcode telalu kecil yang menyulitkan scanner barcode membaca, jarak barcode dengan scanner terlalu dekat hingga scanner barcode belum di setting dengan benar.