√ Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner -->

Advertisement

Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner

Selasa, 21 Januari 2020

Ad1

Ad2

Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner

Cara Scan Dokumen Dengan Scanner, Printer dan Aplikasi Scanner Dengan Mudah - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutotial mengenai cara scan sebuah dokumen dengan mudah. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa scan adalah mencopy atau menyalin atau memindai dokumen / gambar fisik menjadi softcopy yang dapat kita simpan di dalam memory komputer atau di penyimpanan lain. Dengan anda melakukan scan maka secara otomatis anda akan memiliki sebuah duplikasi dokumen asli yang berbentuk sofycopy, dan bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan secara online atau hanya untuk sekedar menyimpan.

Mungkin sebagian orang setiap harinya ada yang membutuhkan dokumen-dokumen softcopy untuk keperluan melamar pekerjaan atau lainnya seperti softcopy ijazah, kartu keluarga, ktp, sertifikat hingga surat perjanjian. Dengan adanya dokumen softcopy ini akan mempermudah semua orang untuk mengirim dokumen secara online dalam bentuk email.

Namun di era digital ini, tak menutup kemungkinan masih banyak orang yang belum mengetahui cara scan dokomuen yang benar melaui scanner, printer maupun lewat aplikasi scanner. Perlu diketahui terlebih dahulu agar anda bisa melakukan scan tentu anda harus memiliki salah satu alat seperti mesin scanner yang terdapat didalam printer 3 in 1 yang dimana printer tersebut mampu untuk melakukan foto copy, scan dan juga print out. Selain itu jika ingin melakukan scan dokumen anda juga dapat menggunakan alat scanner khusus misalnya canon LIDE 110 atu dengan menggunakan sebuah aplikasi android untuk melakukan scan.

Untuk itu saya akan menjelaskan secara lengkap cara scan dokumen menggunakan scanner, printer maupun aplikasi scanner dengan mudah

Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Barcode Tidak Bisa Scan Dengan Mudah

Cara Scan Dokumen Dengan Mudah


Berikut langkah-langkah mudah untuk melakukan scan dokumen:

Cara Scan Dokumen Dengan Scanner LIDE 110


Oh iya cara menggunakan scanner canon LIDE 110 untuk melakukan scan dokumen sangat mudah, akan tetapi anda perlu install driver khusus untuk manajemen scan. Jika anda menggunakan scanner cannon LIDE 110 ini maka anda akan di tawarkan 2 cara untuk melakukan scan dokumen, yaitu dengan menggunakan tombol scan yang berada di printer atau menggunakan aplikasi atau program.

Langkah-Langkah Menggunakan Aplikasi Scanner Canon MP Navigator 4.0 Untuk Scan



  • Silahkan download dan install driver canon LIDE 110 dan juga aplikasi MP Navigator ex 4.0
  • Jika anda sudah berhasil install silahkan buka aplikasi MP Navigator EX 4.0 untuk melakukan scan dokumen.
  • Pilih auto scan atau dokumen/photo, silahkan pilih dokumen untuk memulai scan.
  • Namun sebelum itu silahkan masukan dokumen yang ingin anda scan di mesin printer tersebut.
  • Kemudian pilih dokumen type atau filih format lain kemudian silahkan tentukan resoution hasil scan yang di inginkan.
  • Jika semua sudah dilakukan, silahkan klik scan maka secara otomatis proses scan dokumen berjalan dan pada jendela samping maka anda akan melihat hasil dokumen yang anda scan.
  • Nah apabila hasil scan sudah selesai maka silahkan klik simpan hasil scan. save as.
  • Kemudian tentukan format hasil scan dokumen yang diinginkan mulai dari PDF hingga JPG.
  • Jika sudah klik simpan, dan anda berhasil scan dokumen melalui canon LIDE 110


Langkah-Langkah Scan Dokumen Dengan Tombol Scanner LIDE 110



  • Buka tutup / cover dokumen scanner.
  • Kemudian silahkan letakan dokumen yang ingin di scan dan pastikan posisi ujung dokumen beradi di kiri atas ( Tanda Panah).
  • Dilanjut dengan tutup cover dokumen pada scanner.
  • Jika sudah, dilanjut dengan tekan tombol auto scan pada printer scanner LIDE 110.
  • Silahkan tunggu proses scan dokumen selesai.
  • Jika proses selesai silahkan simpan dokumen ke folder yang diinginkan.


Baca Juga: Cara Memperbaiki Scanner Macet Dan Mengatasi Hasil Scan Buram


Cara Scan Dokumen Dengan Printer


Jika cara scan dokumen diatas menggunakan alat mesin scanner maka langkah kedua ini kita menggunakan printer. Perlu diketahui terlebih dahulu, apabila anda akan melakukan scan dokumen menggunakan printer, maka anda harus menyiapkan printer fitur 3 in 1 yang mimiliki fungsi mencetak seperti scan, print dan foto copy.

Langkah-Langkah Scan Dokumen Dengan Printer



  • Untuk memulai scan dokumen di printer ialah dengan menyiapkan printer 3 in 1 dulu dan pastikan driver sudah ter-install di komputer / laptop.
  • Jika semua sudah terpasang dilanjut dengan menyalakan printer.
  • Kemudian siapkan dokumen yang hendak di scan di dalam printer tersebut.
  • Lalu buka penutup scanner printer selanjutkan letakkan dokumen yang akan di scan (Posisi dokumen menghadap ke bawah kaca scanner) lalu tutup cover printer.
  • Selanjutnya buka progran windows Fax and scanner di pengaturan lalu klik new scan, maka akan muncul tampilan pengaturan scan.
  • Lalu silahkan atur hasil scan yang dinginkan mulai dari format gambar hingga resolusi gambar.
  • Jika sudah melakukan pengaturan scan secara benar, lanjut dengan klik preview untuk memastikan bahwa hasil scan sudah sesuai dan tidak ada yang terpotong.
  • Apabila dirasa hasil scan sudah sesuai silahkan klik scan untuk memulai scan dokumen. TRunggu proses hingga selesai.
  • Jika proses scan selesai maka hasil scan file secara otomatis akan di simpan di folder scanned dokuments. Selesai.


Baca Juga: Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Cara Mengatasi-Nya

Cara Scan Dokumen Dengan HP Smartphone Android


Nah jika diatas mengenai tutorial cara scan dokumen dengan mesin scanner dan printer 3 in 1 maka selanjutnya kita akan membahas tentang cara scan file dokumen lewat HP smartphone android. Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat pada saat ini anda bisa scan file dokumen menggunakan aplikasi android dengan mudah.

Aplikasi scanner yang mudah digunakan adalah Camscane, selain mudah digunakan aplikasi camscane ini mampu menghasilkan hasil scan bagus dengan kamera terbaik. Cara kerja aplikasi Camscanner ini ialah degan hasil jepret hp android kemudia di scan.

Cara Scan Dokumen Dengan Aplikasi Camscanner Android


Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menggunakan aplikasi camscanner:


  • Silahkan download dan install aplikasi cam scanner di google playstore.
  • Jika sudah terinstall buka dan jalankan aplikasi cam scanner tersebut.
  • Lalu klik tab icon camer untuk mengambil gambar yang akan di scan bisa berupa dokumen atau foto.
  • Nah disana terdapat dua opsi pilihan yaitu mode batch mode ( ber-fungsi untuk mengambil gambar dokumen lebih dari satu secara berurutan) dan mode Single (berfungsi untuk mengambil satu gambat dokumen saja).
  • Selain itu juga terdapat 3 jenis data dari aplikasi camscanner anatara lain dokumen biasa, barcode dan id card. akan tetapi untuk fotur scan id hanya untuk versi premium.
  • Jika anda sudah mendapatkan gambar atau dokumen yang akan di scan di aplikasi android ini , silahkan lakukan pengaturan resolusi, potong gambar dan atur rotasi sesuai keinginan hingga sesuaikan warna kontras seperti original, auto, gray mode dan hitam putih.
  • Apabila dirasa sudah benar silahkan klik centang maka secara otomatis hasil scan dari aplikasi android ini akan tersimpan di galeri HP smartphone anda.


Oh ya aplikasi android camscanner ini juga bisa digunakan untuk scan dokumen faktur, tanda terima, kartu nama, ijazah, sertifikat dan lain sebagianya, selain itu terdapat berbagai format hasil scan yang bisa dipilih mulai dari JPEG, PDF dan JPG.

Baca Juga:



Demikianlah beberapa cara scan dokumen dengan mudah melalui mesin scanner, printer maupun lewat aplikasi camscanner HP smartphone android. Semoga tutorial mengenai cara scan file dokumen ini dapat bermanfaat. Aamiin.