√ 10 Tips Cara Menjawab Pertanyaan Pada Saat Interview Kerja -->

Advertisement

10 Tips Cara Menjawab Pertanyaan Pada Saat Interview Kerja

Minggu, 06 Januari 2019

Ad1

Ad2

10 Tips Cara Menjawab Pertanyaan Pada Saat Interview Kerja

PEMUDABERSATU.COM10 Tips Cara Menjawab Pertanyaan Pada Saat Interview Kerja - Agar dapat bekerja diperusahan perusahan besar, tentunya harus melewati beberapa proses, salah satu proses tersebut adalah interview. Interview merupakan salah satu faktor penting apakah kita dapat diterima atau tidaknya diperusahaan itu. Pertanyaan pertayaan interview pun beraneka ragam, dari kenapa anda ingin bekerja hingga pertanyaan berapa gaji yang dibutuhkan?

Dengan interview, perusahaan akan mengetahui apakah kita sebagai calon pegawai yang diinginkan perusahaan? Direktur perusahaan menilai calon pegawai dari wawancaranya, pertama-tama yang diliat dari calon pegawai adalah cara memperkenalkan diri saat interview dan yang kedua adalah dari segi ketanggapan apakah calon pegawai tersebut dapat menjawab pertanyaan disaat wawancara. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips cara menjawab pertanyaan pada saat interview kerja secara lengkap.

Pertanyaan Interview Kerja Dan Jawabannya


Pertanyaan Interview Kerja Dan Jawabannya

Wawancara kerja adalah suatu tahapan di dalam pencarian kerja yang cukup menantang dan mendebarkan. Sebab di tahapan ini, sang pewawancara bisa melihat secara jelas kepribadian serta cara seseorang mempresentasikan dirinya, dan untuk kemudian dinilainya apakah ia pantas atau tidak untuk bergabung dengan sebuah perusahaan. Tahapan ini juga dapat dibilang sebagai tahapan krusial karena akan memperlihatkan siapa dirimu sebagai calon pegawai di mata perusahaan. Maka dari itu, persiapkan diri sebaik-baiknya jelang wawancara.

Artikel Terkait : Cara Membuat Surat Keterangan Kerja Yang Benar

Contoh Pertanyaan Saat Interview


Salah satu persiapan terbaik interview adalah dengan kita memahami jenis dan tipe pertanyaan yang paling sering diajukan dalam wawancara. Kita tidak hanya memahami pertanyaan namun kita juga mempersiapkan jawabannya dengan baik. Berikut contoh pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya dibawah ini :

1. Bisakah Anda Menceritakan Soal Diri Anda?

Meski pertanyaan tersebut terkesan sederhana dan simpel, namun pertanyaan ini sangat penting. Kuncinya ialah Anda jangan seperti membacakan riwayat hidup. karena semua itu sudah ada di CV. Sebaiknya, berikanlah informasi-informasi yang tegas dan menarik yang dapat menunjukkan mengapa kamu layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Anda dapat memulai dengan 2 atau 3 pencapaian / pengalaman terbaikmu setelah itu tutup dengan pengalaman terkini yang membuatmu memiliki status atau pekerjaan saat ini.

2. Kenapa kami harus mempekerjakan Anda?

Mungkin pertanyaan itu sangat terkesan lugas dan tidak neko-neko. Namun percayalah, ketika pertanyaan tersebut muncul, kamu beruntung. Karena ini adalah dimana waktu yang tepat untuk menjual skill-mu kepada sang pewawancara. Pastikan memberikan jawaban yang mencakup 3 hal penting antara lain, kamu bukan hanya bekerja namun juga bisa menghasilkan yang terbaik, kamu bisa dengan mudah beradaptasi dengan tim dan kamu ialah pilihan terbaik dibanding kandidat lain.

3. Apa saja kelebihan yang Anda miliki?

Jawablah pertanyaan ini secara akurat dan jelas dengan mengeluarkan kekuatanmu yang sesungguhnya, akan tetapi bukan yang mengada-ada. Kamu juga harus relevan dengan memilih kelebihan yang paling berhubungan dengan posisi yang diincar. Dan semua jawaban juga harus spesifik, dan jangan generik.

4. Apa yang jadi kelemahan Anda?

Pertanyaan ini adalah pertanyaaan dimana pewawancara ingin mengetahui tentang seberapa jujur kamu mengenal dirimu sendiri. Dan perlu di ingat jangan menghindar dengan menjawab, Saya tidak memiliki kelemahan sedikitpun. Cobalah untuk mencari sesuatu yang bukan menjadi keunggulanmu namun sedang berusaha kamu perbaiki.

5. Apakah Anda pernah terlibat konflik di pekerjaan lama dan bagaimana Anda menyikapi hal tersebut?

Maksut dari pertayaan tersebut adalah Sang pewawancara ingin mencari tahu bagaimana caramu menghadapi konflik. Yakinkan sang pewawancara kalau kamu bisa menghadapi segala situasi secara profesional dan produktif. Idealnya adalah menutup jawabanmu dengan sesuatu hal yang happy ending sebagai solusinya.

6. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Aturan utama di dalam menjawab pertanyaan itu ialah dengan terlebih dahulu kamu mempersiapkan riset soal kisaran gaji untuk posisi yang kamu inginkan. Alangkah baiknya, bila kamu mengajukan nominal dalam bentuk range. Tentukan range yang masuk akal dan sesuai dengan latar belakang pengalaman, pendidikan, dan skill yang kamu miliki. Setelah itu, pastikan sang pewawancara mengerti bahwa kamu dapat lebih fleksibel dan terbuka untuk negosiasi.

Jawaban yang tepat saat interview bagi pemula


Bagi seorang yang pertama kali ingin bekerja tentunya mendapat panggilan interview dari perusahaan adalah sesuatu yang membanggakan dan mendebarkan serta memiliki rasa cemas yang tinggi, karena itu adalah pengalaman pertama kali semasa hidupnya. Tentu saja hal itu akan timbus suatu pertanyaan dalam dirinya, apa yang akan ditanyakan dan bagaimana caranya menjawab pertanyaan tersebut? maka dari itu saya akan memberikan ulasan jawaban yang tepat saat interview bagi pemula.

Pertanyaan pertama kali bagi pemula adalah kenapa kamu melamar pekerjaan pada tempat ini? Pertanyaan ini adalah pertanyaan awal dalam satu wawancara. Maka Anda jangan berbelit-belit untuk menjawabnya. Pastikan anda mempunyai sebagian argumen untuk melamar pekerjaan itu dan Janganlah katakan Saya perlu uang

Contoh jawaban wawancara yang buruk yaitu Saya melamar pekerjaan ini karna Aku barusan lulus sekolah serta memerlukan pekerjaan ini agar saya bisa mendapatkan uang.

Jawaban yang bagus : Setelah saya melihat lowongan dalam tulisan on-line dan telah sedikit mempelajari tentang perusahaan ini, saya lantas menyenanginya dan merasa pas apabila saya bekerja di perusahaan ini.

Artikel Terkait : Teori Dasar Penghitungan Upah Tenaga Kerja Karyawan

Cara Menjawab Interview


Pertanyaan-pertanyaan akan banyak diajukan pada tahap interview. Maka anda harus menjawab pertanyaan interview mereka dengan tepat dan bijak. Berikut ini sesuatu hal yang wajib dilakukan disaat menjawab pertanyaan.

Ada banyak penyebab bila kita tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer dengan baik. Salah satunya ialah kurang persiapan di dalam menghadapi interview. Oleh karena itu agar proses interview berjalan dengan baik dan lancar, Hal yang harus di lakukan adalah dengan anda mempersiapkan tahapan ini secara matang.

Persiapan itu dapat Anda lakukan dengan mencari serta memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan disaat interview dan juga mempersiapkan cara di dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dengan anda mempersiapkan diri tentunya anda akan lebih mudah menjawab pertanyaan pertayaan dari pewawancara.

Artikel Terkait : Analisis Kenaikan Gaji Berdasarkan Omset Usaha

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview


Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview

Cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate ialah dengan cara perkenalan diri secara singkat dan jelas. Di dalam wawancara di perusahaan perusahaan besar, biasanya akan dimulai dengan perkenalan diri singkat. Perkenalan diri tersebut bertujuan untuk memberitahukan kepada perusahaan dalam waktu yang singkat mengenai personality serta menunjukan kegigihan dan semangat kita, yang tentunya sedikit berbeda dari promosi diri maupun dari sesi menceritakan kekuatan yang dimiliki di tiap pengalaman kerja kita.

Pada saat melakukan perkenalan diri pada direktur perusahaan, sebisa mungkin ceritakan sedikit kekuatan diri kita dan yang kaitannya dengan motivasi melamar ke perusahaan itu, yang bertujuan agar dapat menarik perhatian pewawancara dan juga akan menjadi topik pembicaraan wawancara ke depannya. Berikut ini hal hal cara memperkenalkan diri saat interview.

Artikel Terkait : Lowongan Kerja Bank BNP

Hal-hal yang perlu dibicarakan saat memperkenalkan diri


Pada dasarnya, perkenalan diri adalah kesempatan untuk memberi tahu pewawancara tentang dari mana kita datang, dan orang seperti apakah kita, sekaligus dapat juga menjadi suatu kesempatan untuk melakukan ice-breaking agar dapat memperlancar komunikasi kita dalam interview ke depannya. Kita jangan terlalu mengandalkan pewawancara untuk melihat satu-persatu  CV semua pelamar atau entry-sheet, jadi alangkah baiknya jika kita menambahkan informasi tentang nilai plus pada diri kita, dengan tujuan untuk melengkapi informasi dasar yang tertera di CV Kita.

Secara umum berikut hal yang harus Anda sebutkan:


  • Nama lengkap
  • Latar belakang pendidikan & pekerjaan
  • Bidang yang dikuasai/ekspertis
  • Minat/keterampilan khusus


Kuncinya ialah sampaikan jawaban perkenalan diri saat interview dengan singkat, padat dan sangat jelas. Namun, jangan lupa untuk menyisipkan keyword yang akan menjadi minat pewawancara Kita, yang sekiranya akan banyak menjadi fokus pertanyaan di wawancara itu.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat memperkenalkan diri


Setelah kita mengetahui kata kunci yang akan di sampaikan kepada pewawancara, kita juga perlu memperhatikan sesuatu hal yang harus diperhatikan yaitu cara memperkenalkan diri disaat interview dengan memperhatikan topik dan waktu penyampain.

1. Isi

Perkenalan diri pada dasarnya sebagai penjelasan awal tentang hal yang perlu diketahui oleh perusahaan tentang diri kita, akan tetapi biasanya untuk promosi diri ataupun untuk motivasi melamar, akan ditanyakan secara terpisah. Maka dari itu, jika di saat perkenalan diri Kita terlalu banyak membicarakan tentang promosi diri maupun motivasi kita melamar, maka ketika di tengah interview kita akan kehabisan topik pembicaraan.

Kita boleh menjelaskan tentang kekuatan diri sebagai promosi, namun untuk penjelasan secara detail, akan lebih baik apabila disimpan untuk jawaban pada saat Kita ditanyakan tentang kekuatan serta motivasi Kita dalam melamar ke perusahaan tersebut.

2. Penyampaian

Kita harus dapat Bicara dengan suara yang jelas dan lantang. Namun Kita jangan lupa untuk melakukan eye-contact dengan pewawancara Kita.

3. Waktu

Biasanya perusahaan akan memberikan waktu sekitar 40 detik sampai 3 menit untuk perkenalan diri. Namun apabila tidak ada aturan tertentu, maka lakukan perkenalan diri selama kurang lebih 2 menit. Disaat interview akan membuat jantung kita berdebar dan biasanya akan membuat kita berbicara lebih cepat. Maka lakukanlah latihan beberapa kali sambil mengukur waktu.

Artikel Terkait : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru dan Terbaik

Contoh Perkenalan Diri


Berikut ini contoh cara memperkenalkan diri yang baik Silahakan perhatikan contoh dibawah ini.

Nama saya ........ dari Universitas........

Saya mempelajari tentang organisasi bidang ekonomi untuk seminar di perkuliahan, serta telah melakukan penelitian tentang struktur organisasi serta leadership melalui studi kasus di perusahaan perusahan besar. Saya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, dan saya senang untuk melakukan perjalanan 3 hingga 6 kali baik dalam maupun ke luar negeri di setiap tahunnya, untuk mengeksplor kebudayaan, dan bertukar budaya dengan penduduk setempat. Negara terakhir yang saya kunjungi ialah Negara Estonia, negara yang sangat maju di bidang IT. Selain itu, saya juga memiliki minat untuk mempelajari bahasa Cina dan Inggris, dan ingin mencoba mempraktekkan secara langsung bahasa tersebut dengan cara berkomunikasi dengan koordinator mahasiswa dari negara tersebut di dalam kampus saya. Sekian, mohon bantuan Anda untuk interview hari ini.(300 kata)

Itulah beberapa ulasan mengenai tips cara memperkenalkan diri saat interview dan cara menjawab pertanya pada saat interview beserta contoh pertanyaan saat interview. Semoga dengan adanya artikel kali ini, interview berjalan dengan baik karena anda dapat menjawab semua pertanyaan yang diberikan dari perusahaan, dan tentunya juga semoga anda dapat diterima diperusahaan yang anda inginkan. Trima kasih