√ Faktor Kegagalan Interview Kerja Yang Sering Dialami -->

Advertisement

Faktor Kegagalan Interview Kerja Yang Sering Dialami

Minggu, 06 Januari 2019

Ad1

Ad2

Faktor Kegagalan Interview Kerja Yang Sering Dialami

PEMUDABERSATU.COM - Banyak para pencari kerja yang gagal mendapat suatu pekerjaan diperusahaan yang diinginkannya, salah satu faktor gagal mendapat pekerjaan adalah kegagalan disaat interview kerja. Pewawancara adalah  tim penilai bagi calon karyawan yang ingin masuk diperusahaannya karena dengan melakukan wawancara tentunya pewawancara akan tahu, apakah anda patas atau tidak menjadi karyawan perusahaan. Kegagalan dalam wawancara adalah sesuatu hal yang dapat mengkubur cita-cita para pencari kerja.

Penyebab Gagal Interview Kerja


Penyebab Gagal Interview Kerja

Pencari kerja tentunya tidak menginginkan gagal dalam wawancaranya, maka dari itu mereka selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mencari informasi tentang apa penyebab kegagalan wawancara kerja tersebut. Maka dari itu untuk artikel kali ini, saya akan membagi infomasi mengenai penyebab gagalnya interview.


Apa saja yang membuat gagal wawancara kerja? Silahkan anda simak faktor kegagalan interview kerja yang sering dialami dibawah ini:

1. Tidak Bisa Menjawab Pertayaan Interview


Salah satu gagal wawancara adalah disaat anda tidak bisa menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh pewawancara, atau mungkin anda menjawab pertanyaan dengan salah.

Contoh Jawaban Yang Salah:

Pertanyaaan : Kenapa anda ingin bekerja diperusahaan ini?
Jawaban salah : Karena saya sudah lulus sekolah dan ingin mendapatkan gaji yang pantas.

Jawaban tersebut adalah salah besar karena dengan anda menjawab itu, maka pewawancara akan merasa bahwa anda tidak mempunyai skil atau kemampun untuk bekerja. Jadi Jawaban yang benar adalah Setelah saya melihat lowongan kerja di perusahaan ini, lantas saya mencari informasi tentang profil perusahaan ini, dan setelah  mengetahui tentang perusahaan ini, saya termotivasi ingin bekerja diperusahaan ini karena sesuai dengan hobi saya selama ini. 

2. Anda tidak menindaklanjuti selepas wawancara


Setelah tahahapan wawancara telah selesai maka perusahaan jelas sangat menanti ucapan terima kasih yang menunjukkan bahwa Anda menginginkan pekerjaan tersebut. Apabila Anda tidak menindaklanjuti, maka perusahaan akan menganggap Anda tidak benar-benar menginginkannya.

Contoh cara menindaklanjuti:

Setelah selesai wawancara hendaknya anda mengucapakan sepatah dua kata kepada pewawancara sebagai ungkapan syukur. Saya mengucapakan banyak trimakasih kepada bapak, yang teleh memberi motivasi saya dalam wawancara tadi dan besar harapan saya agar saya dapat bekerja diperusahaan ini, sekali lagi saya mengucapkan trima kasih.


3. Anda tidak mempersiapkan segalanya sebelum wawancara


Sebelum menghadiri wawancara, alangkah baiknya jika anda membawa salinan CV Anda, hal tersebut merupakan tindakan paling minimal. Namun lebih baiknya lagi apabila anda mencari informasi dan memperlajari pertayaan interview yang ada di internet Pemudabersatu.com dengan maksut agar anda dapat mempersiapkan semuanya secara matang.

Contoh Persiapan sebelum wawancara:

Apabila Anda ingin menjadi seorang penulis, maka Anda juga harus membawa contoh karya Anda yang pernah anda terbitkan untuk dipamerkan ke pewawancara.

4. Tidak mempelajari perusahaan sebelum sesi wawancara


Sebelum wawancara dimulai, Maka Anda harus melakukan riset sederhana tentang perusahaan yang akan Anda tuju. Dengan cara itulah, Anda akan mendapat referensi tentang perusahaan tersebut, dan dapat menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda memang sudah siap dan layak untuk bergabung dengan perusahaan.

Langkah Cara Mempelajari Perusahan:

Untuk pertama kali anda dapat mencari profil perusahaan di internet, karena data semua perusahaan yang resmi selalu tercantum disana, setelah anda mendapat profil perusahaan hendaknya anda memperlajari kelemahan perusaahan tersebut dan mempelajari bagaimana cara menyikapi permasalah tersebut kemudian sampaikan kepada pewawancara.


5. Anda gugup dalam wawancara


Apabila disaat wawancara Anda gugup, maka diyakini bahwa Anda akan melupakan poin pembicaraan utama yang sudah persiapakan sebelumnya, dan lebih parahnya lagi anda tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara itu.

Solusi agar anda tidak gugup dalam wawancara:
  • Persiapkan jauh jauh hari topik yang akan anda sampaikan, dengan anda menguasi topik maka diri anda akan termotivasi untuk segera melakukan wawancara tersebut
  • Sebelum Memasuki ruang interview Minumlah segelas air putih dan berdoalah, karena berdoa anda akan mendapat keberkahan dari Sang Pencipta.

Itulah Faktor kegagalan interview kerja yang sering dialami kebanyakan orang, semoga dengan anda memahami penyebab kegagalan wawancara, anda dapat belajar dari kegagaln tersebut dan dapat menjawab pertayaan dari pewawancara.