√ Pertanyaan Interview Kerja Di Perbankan Yang Sering Ditayakan -->

Advertisement

Pertanyaan Interview Kerja Di Perbankan Yang Sering Ditayakan

Senin, 07 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pertanyaan Interview Kerja Di Perbankan Yang Sering Ditayakan

PEMUDABERSATU.COM - Perusahaan perbankan untuk saat ini masih banyak di incar oleh banyak orang untuk meniti karir di bidang perbankan. Berbagai lowongan selalu tersedia di perusahaan perbankan, baik itu bank BUMN maupun bank swasta. Interview adalah tahapan yang harus dilalui seorang pencari kerja dan pertanyaan interview kerja di bank pun akan diperhadapkan disaat melaksanakan wawancara kerja.

Pertanyaan Interview Kerja di Bank


Pertanyaan Interview Kerja di Bank

Di artikel sebelumnya kita sudah membicarakan tentang cara menghadapi interview kerja dan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebagai pencari kerja ketika memasuki ruang interview agar kita sudah siap baik dari sisi fisik maupun sisi mental.

Ketika Anda berhadapan dengan interview kerja, maka satu hal yang harus ditanamkan didalam benak anda yaitu bahwa saya bisa menunjukkan yang terbaik kepada pewawancara dan pastikan memiliki aura yang positif dan semangat serta kesiapan hati terhadap keputusan yang telah di buat oleh tim rekrutmen. Apakah Anda diterima atau tidak.

Pertanyaan interview kerja di perbankan yang akan kita pelajari pada artikel saat ini yang mungkin memiliki kesamaan baik itu bank BUMN seperti bank Mandiri, Bank BRI, dan bank BNI, bank BTN maupun juga bank swasta seperti bank BCA, Bank Mega, bank Danamon, bank CIMB Niaga dan bank lainnya.

Anda harus selalu siap menghadapi semua pertanyaan apapun yang akan dilontarkan oleh si pewawancara saat interview kerja dan alangkah baiknya jika anda sudah mempelajari hal-hal yang umum digunakan disaat wawancara kerja seperti pada pertanyaan interview kerja di perbankan pada artikel kali ini.

10 Pertanyaan interview kerja di bank


10 Pertanyaan interview kerja di bank

Berikut ini yang sering ditanyakan ketika berhadapan dengan wawancara kerja di perusahaan perbankan Indonesia. Mari kita simak satu per satu pertanyaan interview kerja dibank yang sering ditayakan.

Artikel Terkait : Lowongan Kerja Bank BNP

1. Silahkan Ceritakan Mengenai Anda


Tell me about yourself?. Ini merupakan salah satu pertanyaan yang selalu berada di posisi pertama saat pertanyaan disampaikan kepada pelamar saat interview kerja. Di dalam menjawab pertanyaan yang tersebut, anda harus fokus pada poin-poin spesifik seperti pendidikan, keahlian kamu, dan pengalaman kerja anda apabila ada silahkan serta kekuatan (strength) di dalam bidang tertentu terkait posisi yang sedang kamu inginkan.

Durasi menjawab pertanyaan tell me about yourself ini sangat singkat singkat sekali, hindari jawaban seperti menceritakan kekurangan diri anda sendiri atau jawaban seperti Nama saya ….dan saya lahir tanggal … di ….Karena Jawaban tersebut sudah ada di CV. Jadi kamu tidak perlu lagi berbelit-belit menceritakan hal ini.

Maka dari itu, pastikan Anda mencari tahu lebih banyak mengenai deskripsi kerja untuk posisi yang Anda sedang lamar sehingga jawaban Anda dapat mengarah ke deskripsi pekerjaan tersebut dan tentunya hal ini akan membuat si pewawancara akan merasa bahwa Anda seseorang yang berpengalaman dalam bidang yang sedang mereka cari (rekrut).

Artikel Terkait : 10 Tahapan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Yang Layak

2. Apa Saja Kelemahan Anda?


Pertanyaan interview kerja di bank selanjutnya ialah anda akan diberi pertanyaan untuk menyebutkan kelemahan yang Anda miliki. Di dalam menjawab pertanyaan tersebut, tidak serta merta Anda langsung menjawab semua daftar kelemahan anda satu per satu hingga mungkin ada 15 kelemahan secara berjejer.

Dalam menjawab pastikan Anda tidak berfokus pada kepribadian yang bersifat negatif, seperti saya suka malas-malasan, berantakan, tidak tepat waktu, dsb. Sebaliknya, Anda bisa memberikan jawaban mengenai beberapa kelemahan terkait dengan nilai di dalam sebuah pekerjaan (komunitas) seperti, sebelumnya saya orangnya suka bekerja sendiri namun untuk beberapa bulan terakhir ini saya sudah dapat bekerja dalam sebuah tim bahkan saya pernah memimpin sebuah tim kecil meski belum secara maksimal namun saya akan terus berusaha.

Inilah yang disebut dengan Turn a Negative Into a Positive, yang mengubah sesuatu dari yang tadinya sebuah kekurangan menjadi kelebihan. Dan apabila memiliki kelemahan lainnya, anda bisa menyampaikan bahwa sedang ada perubahan serta perbaikan kearah yang lebih baik lagi.

3. Mengapa Kami harus mempekerjakan Anda di perusahaan kami?


Di dalam menjawab pertanyaan ini, anda harus menunjukkan sikap yang optimis bahwa anda adalah orang yang tepat bagi perusahaan itu. Anda dapat memberi jawaban melalui pengalaman-pengalaman sebelumnya dan tentu memiliki kaitan dengan posisi serta deskripsi kerja yang Anda lamar.

4. Mengapa Anda mau bekerja di perusahaan kami?


Pertanyaan ini terlihat sekilas mirip dengan pertanyaan pada pertayaan ke tiga , akan tetapi ini adalah lanjutan dari pertanyaan no 3 yang dimana Anda benar-benar antusias ingin sekali bekerja pada perusahaan itu. Disini Anda harus dapat meyakinkan si pewawancara kalau Anda memiliki kelebihan serta komitmen yang tinggi apabila Anda diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Anda lamar.

Artikel Terkait : 7 Tanda Lolos Interview Dan Pasti Diterima Kerja

5. Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?


Tanpa harus menjelek-jelekkan perusahaan dimana Anda pernah bekerja diperusahaan sebelumnya, maka Anda harus memberikan jawaban yang memiliki makna positif karena hal ini juga merupakan cara Anda berpikir positif terhadap segala hal.

Anda dapat memberikan alasan bahwa Anda ingin mencari pengalaman baru serta tantangan yang lebih besar dan tentunya lebih tepat pada perusahaan yang sedang anda lamar untuk mengaplikasikan skill Anda.

6. Apa visi Anda 5 tahun kedepan?


Ini juga merupakan salah satu pertanyaan interview kerja di bank yang paling sering ditanya saat wawancara kerja. Si interviewer ingin sekali benar-benar mengetahui komitmen seperti apa yang anda miliki apabila nantinya diterima sebagai pegawai di perusahaan yang Anda lamar.

Berilah jawaban yang menunjukkan komitmen serta loyalitas Anda kepada perusahaan yang Anda lamar dan dapat meyakinkan si pewawancara bahwa visi anda memiliki tujuan yang sama dengan visi yang telah dimiliki oleh perusahaan yang kamu lamar itu.

Artikel Terkait : 10 Tips Cara Menjawab Pertanyaan Pada Saat Interview Kerja

7. Apakah Anda puas dengan pekerjaan sebelumnya?


Bila anda mendapati Pertanyaan interview kerja di bank seperti ini, maka anda harus tetap memiliki pemikiran yang positif terhadap pekerjaan anda sebelumnya bahwa pengalaman yang Anda peroleh sebelumnya adalah suatu pelengkap untuk dapat di aplikasikan di perusahaan setelahnya.

Berikan ini jawaban yang bersifat memotivasi diri Anda sendiri bahwa Anda selalu memiliki kemauan yang tinggi untuk belajar hal-hal yang baru termasuk posisi yang sedang kamu lamar pada perusahaan itu.

8. Apa saja hal-hal positif yang Anda miliki?


Utarakan hal-hal positif mengenai diri anda sendiri dengan sikap yang santun namun tidak sombong. Tunjukkan dengan wajah yang jujur serta katakanlah yang sebenarnya tentang hal-hal positif apa saja yang Anda miliki.

9. Apa kelebihan Anda dari kandidat lain untuk perusahaan kami?


Mendengar pertayaan dari si pewawancara tersebut kamu harus fokus pada skill /keahlian, yang anda miliki dimana Anda percaya bahwa keahlian seperti itulah yang sedang dicari perusahaan. Jawablah dengan optimis bahwa memang Anda ialah salah satu kandidat yang di cari perusahaan dan di butuhkan saat itu.

Artikel Terkait : Faktor Kegagalan Interview Kerja Yang Sering Dialami

10. Berapa gaji yang Anda harapkan?


Biasanya seorang interview lebih suka jika ia mendengar jawaban yang pasti yaitu dengan angka pasti dari Anda. Maka dari itu Anda dapat melihat skill yang Anda tawarkan kepada perusahaan kira-kira berapa ekspektasi gaji yang Anda tentukan dari perusahaan tersebut.

Itulah beberapa pertayaan interview kerja di bank yang sering di tayakan pada pelamar, dan perlu anda ingat didalam menjawab sebuah pertayaan anda tidak boleh ragu dan gugup, karena itu merupakan salah satu faktor interview gagal. Semoga dengan anda membaca 10 Pertayaan interview kerja diperbankan ini, Anda sudah memiliki gambaran tentang jawaban yang akan anda berikan kepada si pewawancara tersebut. Sekian dan Terima Kasih.