√ Teks Eksposisi Terlengkap - Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Jenis Teks Eksposisi --> -->

Advertisement

Teks Eksposisi Terlengkap - Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Jenis Teks Eksposisi

Rabu, 26 Desember 2018

Ad1

Ad2

Teks Eksposisi Terlengkap - Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Jenis Teks Eksposisi

PEMUDABERSATU.COM - Teks Eksposisi, Apa sih istilah teks eksposisi itu ? Teks eksposisi adalah  suatu teks singkat dan jelas serta di dalamnya berisi ajakan kepada seseorang, karena ciri ciri teks eksposisi ini ialah menjawab apa, dimana, siapa, kapan, mengapa dan bagimana. Penyusunan struktur teks eksposisi ini sama dengan struktur penyusun teks editorial atau opini, yang didalamnya ada 3 (tiga) struktur antara lain, penyataan/ penegasan, pernyataan pendapat (tesis) dan ulah pendapat (Reiteration).

Agar Anda lebih paham, maka kita akan ulas mengenai teks eksposisi secara lengkap, berikut ini yang akan kita bahas di artikel kali ini :

  1. Pengertian teks eksposisi
  2. Struktur teks eksposisi
  3. Ciri-ciri teks eksposisi
  4. Unsur Kebahasaan teks eksposisi
  5. Jenis-jenis teks eksposisi lengkap
  6. Contoh teks eksposisi


Baca Juga : Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap

Teks Eksposisi

pengertian teks eksposisi

Teks Eksposisi merupakan sebuah teks yang paragraf eksposisi berisi informasi dan pengetahuan yang telah dimuat secara singkat dan padat. Tujuan teks eksposisi ialah supaya dapat menjelaskan informasi tertentu agar sipembaca bisa menambah ilmu pengetahuan nya, sehingga dengan membaca teks eksposisi ini, maka diharapkan agar pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu kejadian ataupun suatu hal.

Struktur Teks Eksposisi


struktur teks eksposisi

Teks eksposisi memiliki penyusunan struktur yang singkat, berikut ini adalah penyusunan struktur teks eksposisi yang perlu anda pahami :

  1. Pernyataan Pendapat (tesis) merupakan bagian teks dari teks eksposisi yang berisikan suatu pernyataan pendapat (tesis) penulis. yang biasa disebut sebagai bagian pembuka atau biasa disebut dengan kata pengantar.
  2. Argumentasi merupakan suatu bagian yang memuat alasan yang dapat memperkuat argumen penulis di dalam memperkuat atau menolak suatu gagasan didalam paragraf eksposisi.
  3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration), merupakan bagian paragraf eksposisi yang berisikan suatu penegasan ulang pendapat penulis.


Baca Juga : Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

Ciri-Ciri Teks Eksposisi


ciri ciri teks eksposisi

Teks eksposisi merupakan sebuah informasi ataupun pengetahuan, maka dari itu apabila anda ingin menulis teks ekposisi, anda perlu memperhatikan setiap kalimat eksposisi beserta ciri-ciri teks eksposisi seperti dibawah ini:

  1. Teks eksposisi menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
  2. Gaya informasi pada setiap kalimat eksposisi ialah mengajak.
  3. Biasanya setiap paragraf teks eksposisi menjawab pertanyaan siapa, apa, mengapa, kapan, dimana, bagaimana.
  4. Wacana eksposisi berusaha menjelaskan tentang sesuatu.
  5. Gaya kalimat eksposisi bersifat informatif.
  6. Unsur kebahasaan bersifat fakta dan dipakai sebagai alat kontribusi.
  7. Isi teks eksposisi Singkat, Padat, Akurat.
  8. Teks eksposisi berusaha menjelaskan sesuatu.
  9. Penyampaian teks eksposisi secara lugas serta memakai bahasa yang baku.
  10. Tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca.
  11. Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi.
  12. Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega.


Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi


unsur kebahasaan teks eksposisi

Ciri kebahasaan / unsur-unsur kebahasaan teks ekposisi sebagai berikut:

  • Menggunakan pronomina adalah suatu jenis kata yang menggantikan nomina / frasa nomina.
  • Memakai konjungsi, dalam artian konjungsi dapat digunakan di dalam teks eksposisi agar dapat memperkuat argumentasi.
  • Memakai kata leksikal tertentu yang artinya kata yang mengacu pada kamus. kata leksikal adalah suatu kata yang mengacu pada benda, baik yang nyata maupun abstrak. Di dalam kalimat eksposisi berkedudukan itu sebagai subjek. Dan dilihat dari bentuk serta maknanya, ada yang berbentuk nomina dasar ataupun nomina turunan. Nomina dasar misalnya meja, gambar, rumah, pisau.

Baca Juga : Unsur unsur Dan Struktur Ceramah Beserta Contohnya

 

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

 


jenis jenis teks eksposisi

Setelah anda mengetahu struktur eksposisi maka untuk selanjutnya ada perlu memahami tentang jenis eksposisi. Ada 7 jenis teks eksposisi yang perlu anda pahami, diantaranya:

1. Teks Eksposisi Ilustrasi
Teks eksposisi ilustrasi memiliki arti menggunakan suatu penggambaran sederhana ataupun bentuk konkret dari suatu ide/ gagasan. Mengilustrasikan sesuatu  hal dan yang mempunyai kesamaan sifat. Serta menggunakan frasa penghubung.

2. Teks Eksposisi Berita
Teks eksposisi berita ini memiliki arti sebagai memberikan informasi dari suatu kejadian, dan sering kita jumpai di dalam berita atau surat kabar.

3. Teks Eksposisi Perbandingan
Teks eksposisi perbandingan ini menerangkan gagasan ataupun ide pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

4. Teks Eksposisi Proses
Teks eksposisi proses ialah sesuatu yang berisi tentang panduan atau tata cara membuat sesuatu.

5. Teks Eksposisi Definisi
Teks eksposisi definisi ini berisi mengenai suatu pengertian dari suatu obyek.

6. Teks Eksposisi Pertentangan
Teks eksposisi pertentangan berisi tentang suatu pertentangan antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. dan biasa menggunakan frasa penghubung “akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya.”

7. Teks Eksposisi Analisis
teks eksposisi analisis adalah proses memisahkan suatu masalah dari suatu ide atau suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, Kemudian akan melakukan pengembangan secara berurutan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

contoh teks eksposisi

Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi dengan strukturnya, yang berjudul, Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:
Kebersihan lingkungan sekolah ialah salah satu dari beberapa faktor penting, agar dapat menciptakan kenyamanan, keindahan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan kepada para siswa-siwi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang pula banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah, supaya menarik minat para siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan sekolah. Banyak cara bisa dilakukan agar dapat menjaga kebersihan lingkungan seperti menghapus papan tulis, membuang sampah pada tempatnya, menyapu ruang kelas.

Argumentasi:
Di dalam kelas, selalu diadakan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan ruang kelas, petugas piket biasanya melakukan tugasnya untuk menghapus papan tulis, menyapu, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Biasanya pada hari jumat semua anggota kelas, akan melakukan kerja bakti membersihkan ruang sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya adalah dapat membuat hubungan antara murid dan guru, maupun murid dengan murid semakin akrab.

Penegasan Ulang:
Kebersihan lingkungan sekolah adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah serta telah menjadi salah satu faktor penting, demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah, dapat juga menjadi suatu penjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Kebersihan ialah suatu usaha manusia, yang dapat membuat lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

Baca Juga : Materi Ilmu Alamiah Dasar Beserta Ruang Lingkup dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar

Itulah beberapa ulasan di atas, yang menjelaskan tentang pengertian teks eksposisi, dan cara pembuatan struktur teks eksposisi berserta ciri ciri serta jenis teks eksposisi yang perlu anda ketahui dan pahami, agar dapat memudahkan anda dalam membagikan suatu informasi. Semoga dengan adanya penjelasan dan contoh teks eksposisi diatas, semakin memudahkan anda dalam mempelajarinya.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi