√ Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap -->

Advertisement

Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap

Selasa, 25 Desember 2018

Ad1

Ad2

Struktur Teks Anekdot Beserta 10 Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap

PEMUDABERSATU.COM - Contoh Teks Anekdot – Apakah istilah teks anekdot? Anekdot adalah suatu cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur menyindir dan bersifat lucu atau humor. Jika membahas tentang pengertian anekdot, tentu akan kurang rasanya jika Anda tidak memahami tentang struktur teks anekdot, ciri -ciri teks anekdot, dan kaidah teks anekdot itu sendiri. Karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam bahasa Indonesia, kaidah penulisan dan struktur merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menyusun teks.

TEKS ANEKDOT


Anekdot bisa menceritakan tentang sosial, pendidikan, politik, layanan publik, dan lain sebagainya. Tujuan teks anekdot adalah agar dapat membuat suasana menjadi lebih riang dan juga membangkitkan tawa. Untuk lebih jelasnya, Silahkan anda perhatikan ulasan mengenai anekdot beserta dengan contoh teks anekdot, dibawah ini.

Struktur Teks Anekdot :

Struktur Teks Anekdot

Sebelum memulai mengulas tentang contoh teks anekdot, Alangkah baiknya jika Anda memahami penulisan struktur teks anekdot terlebih dahulu. Pada dasarnya, bahwa teks anekdot memiliki 5 struktur antara lain orientasi, krisis, abstraksi, koda dan reaksi. Berikut ini merupakan penjelasan tentang struktur teks anekdot beserta kumpulan anekdot.

1. Abstraksi
Perlu anda ketahui bahwa abstraksi adalah suatu awalan anekdot yang berisi tentang gambaran kisah. Di dalam abstraksi, Anda akan ditunjukkan tentang sesuatu hal yang unik dan menarik dalam teks tersebut. Contoh teks anekdot humor pada struktur abstraksi ialah “pada suatu hari, ada tukang lumpia goreng yang selalu berjualan dari pagi hingga siang hari. Setiap jam 11 siang, penjual lumpia goreng tersebut biasanya melewati rel kereta agar dapat sampai ke lokasi dagang, dengan tujuan agar lebih cepat”

2. Orientasi
Struktur anekdot kedua ialah orientasi yakni bagian petunjuk mengenai latar belakang peristiwa yang terjadi. Khusus pada bagian ini, penulis pada umumnya akan menceritakan latar belakangnya secara mendetail. Contoh teks anekdot lucu untuk struktur orientasi sebagai kisah lanjutan dari bagian abstraksi sebelumnya ialah “pembeli terakhir lumpia goreng membelinya di bagian sisi rel kereta”.

3. Krisis
Krisis ialah struktur teks anekdot yang menunjukkan masalah yang menarik serta unik yang tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata. Contoh teks anekdot krisis dari kisah lanjutan cerita sebelumnya adalah “masinis kereta menginjak rem dengan sangat keras ketika melihat tanda merah yang dikibarkan oleh tukang lumpia goreng”

4. Reaksi
Dalam contoh anekdot lucu, adapula struktur reaksi. Yang dimana dalam hal ini reaksi merupakan suatu cara penulis untuk menyelesaikan suatu masalah maupun krisis yang ditimbulkan sebelumnya. Dalam contoh teks anekdot lucu ini, masinis yang diberhentikan tadi, memberikan reaksi dengan mengajukan pertanyaan kepada penjual lumpia goreng “masinis bertanya : ada apa pak?”

5. Koda
Koda adalah suatu teks anekdot bagian terakhir dari cerita yang dibawakan. Bagian koda pada umumnya merupakan kesimpulan dari peristiwa ataupun kejadian yang dialami para tokoh didalamnya. Contoh teks anekdot (struktur koda) kisah dari kelanjutan cerita tentang penjual kupat lumpia goreng ialah “masinis marah kemudian turun dari kereta untuk memukuli si penjual lumpia goreng”

Unsur anekdot lucu dari kisah / cerita anekdot tentang masinis dan penjual lumpia goreng adalah karena tingkah tukang lumpia goreng yang menjual dagangannya kepada penumpang kereta yang merupakan seorang pembeli terakhirnya. Sehingga membuat masinis kesal kemudian memukul penjual lumpia goreng.

Baca Juga : Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

Contoh Teks Anekdot Singkat Yang Berjudul Terkena Setrika

Contoh Teks Anekdot Singkat Yang Berjudul Terkena Setrika:

Setelah anda memahami ciri teks anekdot dan struktur teks anekdot, sekarang saya akan memberi contoh teks aneksot singkat, agar anda lebih mengerti tentang teks anekdot.

Di suatu pagi yang masih tetap cerah dan sejuk, keluar sesosok lelaki yang hendak ke rumah sakit karna kedua buah telinganya sekali lagi terkena luka bakar.

Bu Doker : “Itu Kenapa dengan daun telinga kamu pak? ”

Pasien :  disaat saya sedang asik asiknya menyetrika pakaian milik saya, dengan mendadak dan secara tia-tiba telpon saya bunyi dan bedering. Karena reflek, pada waktu itu saya, lagi memegang setrika, kemudian segera saja, saya lekatkan setrika ke telinga kiri saya dok. ”

Bu Dokter : oh begitu kasihan, klu dengan daun telinga yang di samping kanan itu, apa yang terjadi pak? ”

Pasien Sakit Telinga : ini masalahnya bu, si culun itu kembali menelpon. ”

Inilah Beberapa Sisi Susunan dari Teks Anekdot Terkena Setrika :

Struktur Abstraksi : Di suatu pagi yang masih tetap cerah dan sejuk
Tujuan : keluar sesosok lelaki yang hendak ke rumah sakit karna kedua buah telinganya sekali lagi terkena luka bakar.
Struktur Krisis : disaat saya sedang asik asiknya menyetrika pakaian milik saya, dengan mendadak dan secara tia-tiba telpon saya bunyi dan bedering. Karena reflek, pada waktu itu saya, lagi memegang setrika, kemudian segera saja, saya lekatkan setrika ke telinga kiri saya dok.”
Struktur Reaksi :oh begitu kasihan, klu dengan daun telinga yang di samping kanan itu, apa yang terjadi pak?
Struktur Koda : ini masalahnya bu, si culun itu kembali menelpon.

Baca Juga : Unsur unsur Dan Struktur Ceramah Beserta Contohnya

Contoh Cerita Anekdot Lucu  Yang Berjudul Burung Beo Nakal

Contoh Cerita Anekdot Lucu  Yang Berjudul Burung Beo Nakal

Contoh anekdot kedua ini adalah contoh teks anekdot lucu yang tentunya akan membuat anda terpingkal-pingkal.

Indah, Dian serta Erna sama-sama bertetangga serta seringkali mereka bersama untuk pergi menuju kantornya. Untuk tiba di jalan raya supaya dapat naik kendaraan umum, mereka harus melewati satu gang yang di antara tempat tinggal itu ada yang memlihara burung beo.

Setiap kali ketiga wanita itu lewat depan rumah tempat tinggal orang yang mempunyai peliharaan burung beo itu, senantiasa saja si burung beo itu mengatakan tiga warna. Dian mulai terasa berprasangka buruk bila burung beo tersebut, sudah mengetahui juga warna celana dalam yang mereka bertiga pakai.

Untuk meyakinkan semua itu benar atau tidaknya, mereka membuat suatu perjanjian untuk kenakan warna celana dalam yang sama.

Di esok harinya mereka kembali melewati gang itu, kemudian si beo mengatakan “Putih, Putih, Putih. ” Ketiga wanita itu terkagum serta tercengang. Di hari setelah itu, dengan pas juga si burung beo tersebut, dapat juga menebak warna celana dalam mereka seraya menyebutkan “Hitam, Hitam, Hitam. ”

Indah mempunyai suatu siasat yang agak konyol. “Bagaimana bila besok kita semua tidak kenakan celana dalam? Cobalah, kita liat, akan berkata apa si burung beo usil itu? ” Di besok harinya waktu mereka melalui rumah peliaraan burung beo kembali, si beo didalam sangkarnya itu mulai mondar-mandir seperti lagi kebingungan.

Indah serta beberapa temannya itu mulai tertawa karena dapat ngerjain burung beo yang sangat usli itu. Namun tertawa mereka tidak berlangsung lama, sebab si beo katakan, “kriting, lurus, lurus.”

Baca Juga : Materi Ilmu Alamiah Dasar Beserta Ruang Lingkup dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar 

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Yang Berjudul Kantin Sekolah

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Yang Berjudul Kantin Sekolah

Berikut ini adalah contoh teks anekdot pendidikan yang tentunya dapat membantu anda dalam memahami tentang anekdot.

Di suatu hari, di satu sekolah lebih teapatnya didalam kelas, ada sesosok guru yang lagi mengabsen anak-anak muridnya, disaat sebelumnya memulai pelajaran.

Guru : Septiyan? ”

Danu : Hadir Pak! ”

Guru : Bayu? ”

Dina : Saya tidak tahu pak, paling Bayu masih berada diluar kelas pak.

(Selang beberapa menit, datanglah Bayu masuk kedalam kelas)

Bayu : Minta izin Pak, apakah saya dizinkan masuk kedalam kelas pak?

Guru : Kamu dari tempat mana saja Bayu?

Bayu : Saya barusan beli minuman diluar sekolah Pak

Guru : Looh, kita kan sudah mempunyai kantin sendiri. terus kenapa kamu beli diluar sana?

Bayu : Iya Pak, namun kantinnya seperti gudang, sudah kecil dan kotor pula pak

(Semua murid akhirnya juga pada tertawa memerhatikan pengucapan Bayu itu)

Guru : Kamu itu, Masih mendingan di sekolah ini memiliki kantin, namun kamu ada betulnya juga sih. Sebab memanglah kantin di sekolahan kita , memang agak kurang sadar mengenai melindungi kebersihannya. ”

Mendengar masalah itu, kelas kembali lagi ke kegiatan belajar mengajar serta ibu guru membuat jadwal piket, untuk kantin serta memohon kepala kepala sekolah agar melakukan perbaikan kantin itu.

Baca Juga : Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi

Ciri-ciri Teks Anekdot pada dasarnya Ialah mengandung pelajaran, dan memiliki struktur anekdot yang jelas, serta ada uncur lucu, yang dapat membuat orang lain tertawa. Itulah beberapa ulasan mengenai struktur teks anekdot beserta contoh teks anekdot singkat, yang bisa kami ulas. Semoga Struktur, dan ciri-ciri serta contoh teks anekdot singkat di atas dapat memudahkan kaliyan untuk mempelajari tentang anekdot.