√ Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya --> -->

Advertisement

Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

Kamis, 13 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

PEMUDABERSATU.COM - Pernahkah anda membaca teks atau berita tentang bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi? Atau mungkin anda pernah membaca teks tentang unjuk rasa / demo di suatu daerah? Nah, teks yang memuat informasi tersebut disebut dengan teks eksplanasi. Maka, apakah sebenarnya teks eksplanasi itu?

TEKS EKSPLANASI


Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya, pembentukkan suatu fenomena alam ataupun sosial. Pada teks eksplanasi ini, dapat juga disebut sebagai peristiwa yang timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut dapat mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya.

Ciri- ciri Teks Eksplanasi


Ciri- ciri teks eksplanasi

Sebutkan ciri-ciri teks eksplanasi itu? dan apa tujuan teks eksplanasi tersebut? Membuat sebuah informasi yang berdasarkan fakta dan menjelaskan proses terjadinya suatu fenomone alam maupun sosial serta isi teks ekplanasi berisi sifat keilmuan. Itulah ciri ciri teks eklanasi tersebut. Adapun tujuan teks ekplanasi itu ialah Menjelaskan tentang suatu kejadian fenomena alam secara lengkap dan tepat.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam


contoh teks eksplanasi bencana alam

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi bencana alam Tsunami. Tsunami adalah sebuah istilah yang berasal dari Negara Jepang, yang terdiri atas 2 (dua) kata tsu dan name yang artinya ‘pelabuhan’ dan ‘gelombang’. Para ilmuan mengartikan tsunami sebagai gelombang pasang / gelombang laut akibat gempa. Tsunami adalah gelombang laut besar yang datang secara tiba-tiba menerjang kawasan pantai dengan begitu cepat. Gelombang tersebut terbentuk akibat dari aktivias gempa maupun dari gunung merapi yang meletus di bawah laut. Besarnya gelombang tsunami yang menyebabkan banjir dan membuat kerusakan ketika menghantam daratan pantai.

Pembentukan tsunami itu terjadi, di saat dasar laut pemukaannya naik turun di sepanjang patahan selama gempa berlangsung. Patahan tersebut yang mengakibatkan terganggunya keseimbangan air laut. Patahan yang besar maka, akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Setelah berapa saat setelah terjadi gempa, maka air laut akan surut. dan setelah surut, maka air laut akan kembali ke arah daratan dalam bentuk gelombang besar. Selain itu, pembentukan tsunami juga dapat disebabkan oleh sebuah letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut yang menyebabkan tingginya pergerakan air laut / perairan di sekitarnya. Semakin besar tsunami yang terjadi, maka akan semakin besar pula kerusakan yang terjadi saat menghantam pantai.

Baca juga Unsur unsur dan Struktur Ceramah Beserta Contoh Teks Nya

Tsunami memang salah satu bencana yang dapat menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi, di saat tsunami tersebut menghantam permukiman penduduk sehingga akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Maka dari itu, kita harus selalu mempersiapkan diri menghadapi bencana ini (waspada). Namun, kita jangan terlalu mengawatirkannya karena tidak semua tsunami membentuk gelombang besar. Dan selain itu juga, tidak semua gempa atau letusan gunung merapi di dasar lautan yang terjadi diikuti dengan tsunami.

Dari contoh teks eksplanasi tsunami di atas, maka dapat kita lihat bahwa struktur teks eksplanasi merupakan pernyataan umum, deretan penjelasan dan interprestasi.

Struktur Teks Eksplanasi


struktur teks eksplanasi

Sebelum anda membuat teks eksplanasi alangkah baiknya jika anda memahami urutan pembuatan teks eksplanasi. Berikut ini adalah struktur teks eksplanasi yang perlu anda ketahui :

1. Pernyataan Umum.
Isi teks eksplanasi berisi tentang sebuah penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, dapat berupa  penjelasan fenomena tersebut atau pengenalan. Di dalam contoh teks eksplanasi bencana alam tsunami di atas. Dapat di ambil Penjelasan umum, bahwa yang dituliskan dalam teks eksplanas ini merupakan gambaran secara umum tentang tsunami, mengapa tsunami itu terjadi, dan bagaimanakah proses peristiwa tsunami bisa terjadi.

2. Deretan Penjelas
Isi teks eksplanasi berisi tentang penjelasan seperti contoh teks eksplanasi tsunami diatas, yang berupa proses mengapa tsunami dapat terjadi / tercipta dan penjelasan tersebut, bisa lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan serta merincikan penyebab terjadinya tsunami dan akibatnya.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi

3. Interpretasi (Opsional).
Teks penutup yang bersifat pilihan, dan bukan merupakan sebuah keharusan. Teks penutup yang dimaksud diatas adalah, teks yang merupakan kesimpulan dari pernyataan umum atau deretan penjelas (Intisari). Opsionalnya bisa berupa sebuah tanggapan maupun mengambil sebuah kesimpulan atas pernyataan yang ada di dalam teks eksplanasi tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi

Sebelum anda membuat teks eksplanasi, alangkah baiknya jika anda mengetahui kaidah kebahasaan teks eksplanasi terlebih dahulu, berikut ini adalah kaidah teks eksplanasi:
  1. Memakai kalimat pasif.
  2. Ada konjungsi dan waktu.
  3. Terdapat istilah ilmiah.
  4. Banyak memakai kata kerja material dan relasional.
  5. Bersifat informatif.

Itulah ulasan mengenai pengertian teks eksplanasi beserta struktur teks eksplanasi dan contohnya. Jadi bisa di ambil kesimpulan bahwa semua informasi yang berada pada teks eksplanasi merupakan fakta yang benar-benar terjadi dan bukan merupakan karangan semata. Jadi, berita hoax yang mengenai suatu fenomena alam maupun sosial tidak termasuk ke dalam ciri ciri teks eksplanasi. Sudah paham ‘kan? mari di lanjut dengan belajar mengenai jenis jenis teks lainnya, dan juga latihan soal dan rangkumannya, tentunya akan membuat  anda belajar lebih mudah.

Artikel Terkait :

  1. Teks Eksposisi Terlengkap - Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Jenis Teks Eksposisi
  2. Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap