√ Materi Ilmu Alamiah Dasar Beserta Ruang Lingkup dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar -->

Advertisement

Materi Ilmu Alamiah Dasar Beserta Ruang Lingkup dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar

Senin, 10 Desember 2018

Ad1

Ad2

Materi Ilmu Alamiah Dasar Beserta Ruang Lingkup dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar

PEMUDABERSATU.COM - Latar belakang dan Ruang lingkup ilmu alamiah dasar terjadi karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak pada setiap kehidupan. Adanya perkembangan IPTEK dan dalam rangka menyongsong pasar bebas setiap orang harus mempunyai wawasan tentang ilmu termasuk ilmu alamiah dasar sehingga setiap orang terutama bagi mahasiswa ilmu sosial dan umum mempunyai suatu wawasan yang komprehensif tentang ilmu, itulah salah satu tujuan ilmu alamiah dasar. Pada awalnya matakuliah ilmu alamiah dasar perguruan tinggi ( IAD) bernama general science kemudian berganti menjadi IAD yang wajib diikuti oleh mahasiswa non eksakta. Pengertian ilmu alamiah dasar atau IAD adalah matakuliah yang berisi tentang dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta dampak yang terkait bagi keberlangsungan hidup manusia di dunia.

Materi Ilmu Alamiah Dasar Perguruan Tinggi


Materi Ilmu Alamiah Dasar Perguruan Tinggi

Berikut ini adalah cakupan materi ilmu alamiah dasar perguruan tinggi yang perlu anda ketahui:

  1. Pengetahuan ruang lingkup ilmu alamiah dasar, dan perkembangan pola pikir manusia
  2. Ilmu pengetahuan dan metode ilmiah.
  3. Asal usul alam semesta dan tata surya.
  4. Pembentukan bosifer dan asal mula kehidupan, evolusi makluk hidup, keanekaragaman makhluk hidup.
  5. Ilmu lingkungan dan perananan manusia dalam menjaga harmonisasi lingkungan.
  6. Perkembangan ilmu fisika, ilmu kimia, perkembangan ilmu biologi.
  7. Peranan IPTEK pada ketahanan pangan, kesehatan, transportasi dan komunikasi, kemajuan industri, kesehatan manusia, lingkungan.
  8. Sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan dan potensi energi alternatif.

Baca Juga Pengertian Ilmu Sosial dan Ruang Lingkupnya.

Dengan mempelajari teori ilmu alamiah dasar (IAD) mahasiswa diharapkan mempunyai cakrawalah yang luas dalam bidang ilmu alam serta dapat memanfaatkannya dalam memecahkan persoalan yang terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan kepribadian yang arif dalam mengambil tindakan yang terkait dengan sumber daya alam, sosial budaya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tentunya tujuan ilmu alamiah dasar adalah agar para mahasiswa memiliki wawasan yang luas yang dapat memanfaatkan alam sekitarnya, serta dapat membuat makalah tugas ilmu alamiah dasar yang diberikan pada dosen.

Perkembangan Pola Pikir Manusia Dalam Ilmu Alamiah Dasar


Perkembangan Pola Pikir Manusia Dalam Ilmu Alamiah Dasar

Sejarah Ilmu Alamiah dasar pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu, yang merupakan suatu ciri khas manusia. manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda disekelilingnya. Mengapa tumbuhan bisa tumbuh membesar, mengapa batu kalau dimasukkan kedalam air tenggelam, benda-benda jatuh kebawah, matahari terbit pada pagi hari, bulan dan bintang muncul pada malam hari, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri, mengapa merasakan lapar dan sakit.

Rasa ingin tahu manusia akan menyebabkan manusia mengamati dan memperhatikan benda-benda disekitarnya, yang pada akhirnya akan membentuk pengetahuan. Pengetahuan satu dengan yang lain kemudian berasosiasi membentuk pengetahuan yang baru. Pengetahuan yang berkumpul semakin banyak, disebabkan karena rasa ingin tahu dari manusia dapat berkembang, juga daya pikirnya. Rasa ingin tahun manusia ternyata tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan maupun pengalamannya, mengingat indera manusia terbatas. Jadi sejarah Ilmu alamiah dasar bermula dari perkembangan pola pikir manusia yang ingin tahu tentang apapun yang ia liat.

Itulah ulasan mengenai pengertian ilmu alamiah dasar dan tujuan ilmu alamiah dasar beserta sejarahnya. Materi ilmu alamiah lainnya akan kita bahas di artikel selanjutnya, beserta teori ilmu alamiah dasar dan contohnya.

Artikel Terkait: 

  1. Pengertian Ilmu Politik dan Ruang Lingkup Beserta Fungsi Ilmu Politik
  2. ILMU EKONOMI - Pengertian, Definisi, Ruang Lingkup, dan Sejarah Ilmu Ekonomi
  3. ILMU SEJARAH - Pengertian, Ruang Lingkup, Dan Fungsi Ilmu Sejarah
  4. Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli
  5. Pengertian Kebenaran Ilmiah Menurut Para Ahli