√ Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi -->

Advertisement

Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi

Kamis, 27 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi

PEMUDABERSATU.COMPengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Narasi - Teks narasi atau biasa kita kenal dengan paragraf narasi, merupakan suatu karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa atau kejadian dan kalimat narasi disusun secara kronologis serta sesuai dengan urutan waktunya. Pada umumnya karangan / teks narasi diciptakan dengan tujuan teks narasi yang dapat menghibur pembacanya dengan pengalaman estetis yang melalui cerita atau kisah, baik cerita itu bersifat fiksi ataupun nonfiksi, itulah salah satu tujuan atau fungsi teks narasi yang perlu anda ketahui.

Struktur teks narasi atau paragraf sering kita jumpai, di dalam berbagai karya tulis maupun teks umum seperti novel, cerpen, bahkan biografi sekalipun. Penggunaan paragraf narasi dapat diidentifikasi dengan melihat beberapa faktor khususnya pada alur cerita. Ciri-ciri teks narasi adalah kalimat narasi di dalam paragrafnya memiliki alur cerita yang terkesan seperti suatu kronologis kejadian yang telah disusun secara berurutan dan dengan gaya bahasa seperti bercerita.

Contoh teks narasi sebetulnya dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar kita, pada umumnya contoh paragraf narasi tersebut terdapat di dalam cerita berupa kisah-kisah dalam novel, romansa maupun cerpen. Tidak hanya terdapat dalam bentuk cetak saja, contoh teks narasi ini juga dapat berbentuk digital yang bisa kita cari di dalam internet. Sebagai contoh teks narasi cerpen yang dijumpai di artikel ngakak17.id

Paragraf narasi pada dasarnya merupakam sebuah klasifikasi jenis teks narasi dan juga salah satu dari jenis-jenis teks dalam bahasa indonesia. Di dalam kancah pendidikan paragraf narasi dijadikan sebuah materi pembelajaran dan sering sekali muncul dalam soal ujian dengan kata kunci Pengertian teks narasi dan Contoh teks narasi, beserta Contoh karangan narasi dan lain sebagainya. Oleh karena saya akan memberikan sedikit penjelasan singkat tentang paragraf narasi yang terkandung dalam karangan teks narasi.

Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri-ciri dan Contoh Paragraf Narasi


Agar anda dapat memahami dan mengerti tentang teks narasi maka perhatikanlah penjelasan dibawah ini tentang pengertian, jenis, ciri-ciri, dan contoh teks narasi.

Artikel Terkait : Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap

Pengertian Teks Narasi dan Paragraf Narasi


Pengertian Teks Narasi dan Paragraf Narasi

Paragraf atau teks narasi adalah sebuah teks yang tersusun dari beberapa paragraf dan menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian serta disusun dalam kalimat narasi secara kronologis sesuai dengan urutan waktu yang telah ditentukan. Pada umumnya paragraf narasi tersebut menceritakan kisah-kisah atau menceritakan cerita karangan baik fiktif ataupun non fiktif.

Ciri-Ciri Karangan Narasi


Ciri-Ciri Karangan Narasi

Sebuah teks bisa dikatakan sebagai karangan narasi apabila memenuhi ciri-ciri teks narasi seperti dibawah ini:

  • Karangan atau isi teks narasi berisi tentang kisah, cerita, dan peristiwa tertentu yang terbentuk dari beberapa susunan paragraf dan dengan menggunakan gaya bahasa naratif.
  • Cerita atau kisah yang disampaikan memiliki konologi serta memiliki urutan cerita yang jelas mulai dari awal cerita sampai pada akhir cerita.
  • Terdapat suatu peristiwa ataupun konflik.
  • Memiliki unsur-unsur pembentuk berupa latar, tema, karakter, setting, dan lain sebagainya.


Jenis Paragraf Narasi


Jenis Paragraf Narasi

Setelah anda memahami pengertian teks narasi, dan memahami ciri-ciri teks narasi. maka selanjutnya perlu memahami jenis jenis teks narasi. Berikut ini ada sebuah ulasan dari jenis jenis paragraf narasi yang perlu anda ketahui dan dipahami:

1. Teks Narasi Ekspositoris
Teks Narasi ekspositoris adalah sebuah jenis teks narasi dimana cerita yang disampaikan secara jelas dan informatif sehingga pembacanya dapat benar-benar memahami serta mengerti tentang apa yang telah terjadi di dalam kisah atau cerita itu. Tajuan teks narasi ekspositoris ialah agar dapat memperluas pengetahuan para pembacanya mengenai suatu kisah dan cerita yang ditulis berdasarkan kejadian peristiwa sebenarnya. Teks Narasi ekspositori ini sangat cocok apabila anda ingin menyusun teks biografi. Lebih jelasnya anda bisa melihat contoh paragraf narasi ekspositoris dibawah ini.

2. Teks Narasi Sugestif
Teks narasi sugestif ini merupakan suatu teks yang menceritakan suatu rekaan cerita yang bersifat imajinatif. Pada umumnya teks narasi sugestif biasa kita temukan di dalam karangan seperti cerita rakyat, cerpen novel dan lain sebagainya. Teks Narasi Sugestif ini menyuguhkan sebuah cerita dengan maksut untuk meyakinkan pembaca serta memberikan sebuah sugesti tentang sesuatu hal. Contoh paragraf narasi sugestif anda bisa liat di bawah ini.


Artikel Terkait : Teks Eksposisi Terlengkap - Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Jenis Teks Eksposisi

Contoh Paragraf Narasi Singkat


Contoh Paragraf Narasi Singkat

Tentunya banyak sekali contoh peragraf narasi dalam sebuah teks. Akan tetapi saya akan memberikan sebuah contoh teks narasi singkat yang disusun dari beberapa paragraf,

Perang Untuk Surabaya

Pada tangga 10 November meledaklah perlawanan rakyat di kota Surabaya untuk mengusir para penjajah Belanda dan sekutu-sekutunya dari tanah air ini. Perang itu bermula dari murkanya para tentara inggris akibat terbunuhnya pimpinan besar mereka, yaitu Jenderal Mallaby. Akhirnya ultimatum dari tentara inggris telah dikeluarkan dan ditujukan kepada seluruh pejuang tanah air untuk segera menyerah diri.

Bagi pejuang tanah air ultimatum dari tentara inggris tersebut dianggap sebagai suatu penghinaan kepada bangsa. Bukannya menyerah namun para pejuang bangsa malah membentuk milisi-milisi perjuangan untuk menghadapi kemurkaan tentara inggris yang akan menyerang.

Ketika tentara inggris mengetahui bahwa utimatumnya telah ditolak mentah mentah para pejuang tanah air. Tentara Inggris dan sekutu-sekutunya marah besar sehingga pada tangga 10 November pagi mereka melakukan sebuah serangan besar-besaran melalui jalur darat, laut, bahkan udara dengan mengerahkan setidaknya 32ribu infantri dan artileri,  kapal perang, pesawat terbang, dan tank. Perang yang melanda kota surabaya memang pada waktu itu memang sangat mengerikan dan menegangkan. Karena telah terjadi pembunuhan dimana-mana. Pihak inggris memerangi serta membunuh pejuang tanah air begitu juga sebaliknya. Terjadi pengeboman yang telah menargetkan pangkalan serta tempat persembunyian para pejuang tanah air.

Dengan dipimpin oleh pejuang yang bernama Bung Tomo, sosok seorang pemuda yang telah berhasil membangunkan semangat juang para pejuang tanah air, telah berhasil memukul mundur tentara inggris dan para sekutunya. Perang yang terjadi di kota Surabaya telah memakan waktu tiga hari lamanya, akan tetapi dengan hasil yang sia-sia sebab para pejuang tanah air telah berhasil mempertahankan kota surabaya tersebut.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

Namun setelah 3 (tiga) minggu lamanya mendapat gempuran dari musuh, pada akhirnya kota Surabaya berhasil dikuasai oleh tentara Inggris. Kalahnya kota surabaya akhirnya membangkitkan semangat juang para pembela diseluruh tanah air untuk ikut berjuang mengusir penjajah dari Indonesia.

Itulah ulasan dari Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Narasi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini. Untuk pengertian jenis ataupun contoh teks lain secara lengkap anda dapat melihat di artikel-artikel sebelumnya. Dan contoh narasi artistik, contoh narasi imajinatif maupun contoh narasi ekspositoris bahasa jawa, contoh teks narasi bahasa inggris, anda juga dapat melihat di artikel-artikel di pemudabersatu.com