√ Unsur unsur Dan Struktur Ceramah Beserta Contohnya --> -->

Advertisement

Unsur unsur Dan Struktur Ceramah Beserta Contohnya

Kamis, 13 Desember 2018

Ad1

Ad2

Unsur unsur Dan Struktur Ceramah Beserta Contohnya

Tentunya kalian sering sekali melihat video orang berceramah di internet, televisi, maupun secara langsung. Apa sih sebenarnya perbedaan antara sambutan, ceramah atau khotbah? Secara umum, khotbah, ceramah, dan sambutan merupakan bagian dari pidato. Berarti ketiga tersebut sama-sama kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif. Namun, perbedaan ceramah pidato dan khotbah ialah topik yang disampaikan berbeda dan teknik ceramah serta struktur ceramah juga berbeda

UNSUR UNSUR CERAMAH


Ceramah agama adalah pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama atau juga isi teks ceramah mengandung agama. Sedangkan yang di maksut dengan sambutan adalah pidato yang disampaikan sebagai pengantar / pembuka dari suatu kegiatan. Nah, namun untuk kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam mengenai struktur ceramah dan metode ceramah. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ceramah adalah pidato yang menyampaikan pidato ajaran agama. Isi teks ceramah mengandung ajaran-ajaran agama tersebut bisa berupa nasihat, petunjuk, petuah, ataupun kisah-kisah.


Berikut ini adalah susunan ceramah atau unsur-unsur ceramah yang perlu anda ketahui:

1. Penceramah
Penceramah merupakan orang yang melakukan kegiatan ceramah. Untuk menjadi seorang penceramah,  harus memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi ceramah yang akan diberikan kepada pendengar.

2. Pendengar
Sedangkan pendengar merupakan penerima nasihat-nasihat dari penceramah. Dalam hal tersebut, pendengar bisa siapa saja dan tidak terbatas status umur, jenis kelamin, latar belakang, sosial dan lain-lain.

3. Materi Ceramah
Materi ceramah merupakan berasal dari ajaran-ajaran agama. Namun, ceramah yang bagus adalah ceramah yang mampu membuat pendengar terdorong untuk melakukan nasihat-nasihat yang telah disampaikan oleh penceramah. Materi ceramah hendaknya disusun secara sistematis sehingga materi yang disampaikan oleh penceramah dapat diterima dengan baik oleh pendengar sesuai dengan tujuan ceramah tersebut.

4. Metode Ceramah / Teknik Ceramah.
Metode ceramah merupakan cara-cara yang selalu digunakan seorang penceramah untuk menyampaikan materi kepada pendengar. Metode ceramah terbagi menjadi beberapa hal antara lain.


  • Metode Impromptu, yaitu sebuah metode ceramah tanpa persiapan. Biasanya penceramah yang melakukan metode impromptu ini, mereka sudah memiliki jam terbang berceramah yang cukup tinggi/luas.
  • Metode Menghafal, yaitu metode yang dilakukan dengan persiapan, dan kemudian menghafalnya.
  • Metode Membaca naskah, yaitu melakukan ceramah dengan naskah lengkap / mencontoh teks yang telah disediakan.
  • Metode Ekstemporan, yaitu sebuah metode ceramah yang menuliskan pokok-pokok pikiran sebagai catatan pengingat sang penceramah.


Baca Juga: Pengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Prosedur

5. Media Ceramah.
Media ceramah merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan materi ceramah kepada pendengar. Di zaman sekarang ceramah tidak hanya dilakukan di rumah ibadah, namun juga bisa di banyak tempat. Adapun kegiatan ceramah dapat dilakukan secara langsung ataupun direkam sehingga pendengar dapat melihat dari televisi atau internet .

Ciri-ciri Kebahasaan Ceramah antara lain.


ciri ciri ceramah

Setelah anda mengetahui pengertian ceramah, maka anda harus memahami ciri-ciri kerangka ceramah yang tentunya akan memudahkan anda dalam membedakan pidato dan khotbah, berikut ini ciri kebahasaan teks ceramah :
  1. Menggunakan kalimat simpleks dan kompleks.
  2. Menggunakan kalimat imperatif.
  3. Menggunakan kata sapaan.
  4. Struktur Teks Ceramah

1. Pendahuluan
Diwaktu Ingin melakukaan ceramah agama maka ada pembuka yang merupakan bagian yang berisi salam pembuka dan ucapan penghormatan, serta ucapan syukur. Pengantar merupakan bagian paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Dan biasanya pengantar berasal dari informasi ataupun berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah tersebut.

2. Isi Ceramah
Isi teks ceramah merupakan Inti yang berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, ataupun sebuah ilustrasi dari materi yang disampaikan. Gagasan yang berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah baik dan berbobot berisi satu gagasan besar yang kemudian akan dikembangkan dalam subtopik sesuai dengan tujuan ceramah tersebut.

3. Penutup
Poin poin yang mendukung penutup dalam teks ceramah yang termasuk salah satu ciri ciri kerangka ceramah antara lain adalah simpulan dan ucapan permintaan maap serta salam penutup.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi


Contoh Soal Ulangan Teks Ceramah


Contoh Soal Ulangan Teks Ceramah

Soal Ke 1 Pertanyaan tentang ceramah bahasa indonesia. Berikut ini merupakan unsur-unsur ceramah, kecuali…

A. Penceramah
B. Pendengar
C. Materi
D. Mekanisme
E. Metode

Jawaban : D

Pembahasan : Ada 5( lima) unsur ceramah, antara lain penceramah, materi ceramah yang disampaikan, pendengar, metode ceramah (cara penyampaian ceramah), dan  juga media ceramah yang digunakan untuk melakukan ceramah. Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwa, jawaban yang tidak benar adalah D.

Soal Ke 2 Tentang soal analisis teks ceramah. Tujuan Ceramah dilakukan dengan maksud mengajak khalayak ramai untuk melakukan ajakan, petuah atau nasihat,  yang disampaikan oleh penceramah, maka hal itu karena ceramah bersifat …

A. Kreatif
B. Persuasif
C. Rekreatif
D. Naratif
E. Deskriptif

Jawaban : B

Pembahasan : sebab isi ceramah merupakan bagian dari pidato, dan sifat ceramah persuasif. Hal itu disebabkan karena tujuan ceramah untuk menyebarkan ajaran-ajaran agama dengan harapan bahwa pendengar akan melakukan hal-hal yang telah disampaikan oleh penceramah. Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya.

Itulah ulasan mengenai unsur dan struktur ceramah, beserta ciri-ciri ceramah dan contoh soal ulangan teks ceramah. Untuk belajar mengenai ceramah, sebenarnya sangat mudah, karena semua contohnya dapat kita lihat dari kehidupan sehari-hari kita dan contoh teks ceramah ini kita hanya perlu memahami sifat sifat ceramah yang sering kita liat di media mana saja. Maka dari itu jangan pernah malas apalagi bosan untuk belajar. Agar belajar lebih mudah buatlah latihan soal dan rangkumannya.