√ Jenis Jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia --> -->

Advertisement

Jenis Jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Jumat, 28 Desember 2018

Ad1

Ad2

Jenis Jenis Teks Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

PEMUDABERSATU.COM - Jenis-jenis teks dalam bahasa indonesia, mungkin kebanyakan orang sudah tidak asing lagi tentang jenis teks yang ada dalam mata pelajaran bahasa indonesia, karena jenis teks itu selalu dibahas oleh para guru, dan jenis- jenis teks dalam bahasa indonesia ini juga sering muncul di dalam soal ujian akhir sekolah.

JENIS JENIS TEKS


Dalam ujian nasioal khususnya dalam mata pelajaran bahasa indonesia, sering sekali muncul pertanyaan tentang jenis jenis teks. Agar anda dapat mengerjakan soal ujian tersebut tentunya anda harus memahami tentang jenis teks tersebut, maka dari itu untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang jenis jenis teks dalam bahasa indonesia. Berikut ini jenis jenis teks dalam mata pelajaran indonesia.

1. Jenis Teks Laporan



Jenis Teks Laporan

Pengertian teks laporan berikut ini adalah suatu teks yang berisi tentang pelaporan hasil dari sebuah pengamatan yang telah dilakukan, jenis teks laporan hasil observasi tersebut dapat juga diucapkan dengan sebutan teks klasifikasi karena jenis teks laporan ini memuat tentang klasifikasi mengenai jenis-jenis yang berdasarkan kriteria. Langkah langkah cara membuat teks laporan observasi beserta ciri-ciri dan contohnya anda bisa melihat di artikel yang tertaut berikut ini.

Artikel Tertaut : Pengertian Teks Laporan Beserta Tujuan, Fungsi, dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

2. Jenis Teks Prosedur



Jenis Teks Prosedur

Jenis Teks Prosedur ini merupakan teks yang berisi tentang tahapan ataupun suatu langkah untuk melakukan sesuatu hal. Baik melakukan kegiatan ataupun membuat sesuatu yang telah disajikan secara urut. Cara membuat teks prosedur beserta ciri-ciri ataupun contoh teks prosedur bahasa indonesia bisa anda liat di artikel terkait berikut ini.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Prosedur

3. Jenis Teks Deskripsi



Jenis Teks Deskripsi

Jenis teks deskripsi ini adalah jenis paragraf yang didalamnya berupa gagasan utama dan disampaikan dengan cara menggambarkan sesuatu secara jelas seperti tempat, objek, atau peristiwa. Sehingga so pembaca  akan merasakan langsung apa yang sedang dialami di dalam isi teks deskripsi itu. Contoh teks deskripsi atau sifat-sifatnya bahkan cirinya anda bisa liat di artikel terkait.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh Teks Deskripsi

4. Jenis Teks Narasi



Jenis Teks Narasi

Jenis teks narasi ini adalah teks karangan cerita yang menyajikan sebuah serangkaian peristiwa / kejadian yang telah disusun secara kronologis dan sesuai urutannya. Teks narasi diciptakan dengan tujuan ingin menghibur pembacanya dengan pengalaman estetis melalui cerita yang dibuatnya, Contoh teks nasari anda bisa liat diartikel terkait.

Artikel Terkait Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi

5. Jenis Teks Eksposisi



Jenis Teks Eksposisi

Teks ekopsisi memiliki 7 jenis antara lain, teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi berita, teks eksposisi perbandingan, teks eksposisi proses, teks eksposisi definisi, teks eksposisi pertentangan dan teks eksposisi analisis. Pengertian dan contoh teks eksposisi bisa anda liat di artikel terkait.

Artikel Terkait : Teks Eksposisi Terlengkap - Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Jenis Teks Eksposisi

6. Jenis Teks Anekdot



Jenis Teks Anekdot

Teks Anekdot dapat sebuat cerita tentang pendidikan, sosial, pendidikan, dan lain sebagainya. Adapaun tujuan anekdot ialah sebagai pembuat suasana menjadi lebih riang, lebih meriah ataupun sebagai membangkitkan tawa. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan mengenai anekdot dan contoh struktur teks anekdot diartikel terkait

Artikel Terkait : Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap

7. Jenis Teks Eksplanasi



Jenis Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu proses terjadinya pembentukkan suatu fenomena alam. Teks eksplanasi biasa disebut sebagai peristiwa yang timbul karena adanya peristiwa lainnya atau sebelumnya. Contoh teks eksplanasi beserta cara membuatnya , anda bisa melihat diartikel terkait dibawah ini.

Artikel Terkait : Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

Itulah 7 jenis jenis teks di dalam materi mata pelajaran bahasa indonesia, jenis jenis teks dalam bahasa indonesia ini biasanya muncul disaat ujian nasional berlangsung khususnya pada struktur teks ekplanasi dan teks eksposisi. semoga bermanfaat.