√ Pengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Prosedur --> -->

Advertisement

Pengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Prosedur

Kamis, 27 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Prosedur

PEMUDABERSATU.COMPengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Prosedur -  Apa sih yang di maksud dengan istilah teks prosedur itu? Pengertian Teks Prosedur adalah suatu teks yang berisi tentang tahapan atau langkah-langkah untuk melakukan sesuatu hal. Baik melakukan sesuatu kegiatan tertentu ataupun membuat sesuatu yang telah disajikan secara berurutan. Dan struktur teks prosedur pun memiliki 3 langkah pembuatan teks prosedur. Maka dari itu untuk artikel pelajaran bahasa indonesia kali ini saya akan membahas tentang:

  1. Ciri-ciri teks prosedur,
  2. Tujuan teks prosedur.
  3. Struktur teks prosedur
  4. Kaidah teks prosedur.
  5. Jenis-jenis teks prosedur
  6. Contoh teks prosedur

Teks Prosedur


Itulah deretan yang akan kita bahas di artikel kali ini tentang teks prosedur terlengkap yang ada di dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Sebelum anda belajar tentang Cara membuat paragraf teks prosedur, usahakan memahami ciri ciri dan struktur teks prosedur terlebih dahulu.

Artikel Tertaut : Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Teks Prosedur


Ciri-Ciri Teks Prosedur

Ciri-ciri teks prosedur yang harus selalu di ingat agar memudahkan anda dalam mempelajari pelajaran bahasa Indonesia tentang teks prosedur. Berikut ini ciri-ciri teks prosedunya:

  • Menggunakan pola kalimat imperatif maupun kalimat perintah.
  • Menggunakan kata kerja aktif
  • Menggunakan konjungsi / kata penghubung untuk mengurutkan suatu kegiatan (cara).
  • Menggunakan sebuah kata keterangan untuk menyatakan tempat, cara, dan waktu yang akurat.


Tujuan Teks Prosedur


Tujuan Teks Prosedur

Adapun tujuan teks prosedur adalah agar dapat membantu si pembaca ataupun si pendengar memahami bagaimana cara melakukan dan membuat sesuatu dengan tepat. Secara umum disebutkan bahwa tujuan penulisan teks prosedur adalah agar dapat memperoleh hasil akhir.

Artikel Tertaut : Pengertian Teks Narasi, Jenis, Ciri ciri dan Contoh Paragraf Narasi

Struktur Teks Prosedur Kompleks


Struktur Teks Prosedur Kompleks

Di dalam pembentukan teks prosedur, memiliki 3 struktur teks prosedur kompleks antara lain ialah:

1. Bagian Tujuan
Bagian tujuan teks prosedur ini dapat berupa sebuah judul dan juga berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau bisa disebut sebuah hasil akhir yang akan di capai jika anda melakukan tahapan teks prosedur kompleks itu.

2. Bagian Material
Bagian material teks prosedur ialah sesuatu yang berisi mengenai alat, bahan, atau material yang dibutuhkan. Namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian material ini. Pada umumnya penggunaan bagian material ini, biasanya terdapat pada teks prosedur bahasa inggris tentang pembuatan suatu hal misalnya makanan, minuman dan sebagainya.

3. Bagian Langkah-Langkah
Bagian ini merupakan langkah-langkah yang harus dilalui agar mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur tersebut. Dan juga bagian ini setiap langkahnya harus dilakukan secara berurutan tidak boleh secara acak.

Artikel Tertaut : Teks Eksposisi Terlengkap - Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Jenis Teks Eksposisi

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sama halnya dengan jenis teks lain, teks prosedur ini juga memiliki kaidah kebahasaan sendiri. Kaidah teks prosedur ini antara lain:

  • Konjungsi temporal, Pada sebuah teks prosedur akan sering kita temukan kata konjungsi temporal atau biasa kita sebut sebagai kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan dan berisifat kronologis misalnya, berikutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.
  • Kata kerja imperatif, di dalam teks prosedur juga akan sering kita temukan kaliamat imperatif atau biasa kita sebut sebagai kalimat perintah atau larangan yang harus ditaati di dalam pelaksanaan teks prosedur.
  • Verba tingkah laku, merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan menggunakan sebuah kata ungkapan.
  • Partisipan manusia yang dimaksud ini adalah semua manusia yang ikut serta di dalam teks prosedur tersebut.
  • Terdapat bilangan sebagai suatu penanda urutan.
  • Terdapat kalimat introgatif / kalimat berisikan pertanyaan.
  • Terdapat kalimat deklaratif / kalimat berisikan pernyataan.


Artikel Tertaut : Struktur Teks Anekdot Beserta Contoh Teks Anekdot Singkat dan Terlengkap

Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur


Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur

Terdapat 3 jenis kaliamat teks prosedur yang harus anda pahami, berikut ini kalimat teks prosedur yang perlu diketahui:

  1. Kalimat Imperatif ialah suatu kalimat yang berisi perintah dan berfungsi sebagai peminta dan melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
  2. Kalimat Deklaratif ialah suatu kalimat yang berisi sebuah pernyataan dan yang berfungsi sebagai pemberi informasi atau berita mengenai sesuatu.
  3. Kaliamat Interogatif Ialah suatu kalimat yang berisikan sebuah pertanyaan dan yang berfungsi untuk meminta sebuah informasi tentang sesuatu.

Jenis-jenis Teks Prosedur Dan Contohnya


Jenis-jenis Teks Prosedur Dan Contoh teks prosedur kompleks

Selain pengertian teks prosedur, dan struktur teks prosedur yang sudah anda pahami di uraian di atas, maka anda juga perlu mengetahui jenis-jenis teks prosedur yang ada. antara lain:

1. Teks Prosedur Sederhana
Teks prosedur sederhana ialah suatu teks yang hanya menyajikan prosedur yang hanya ditempuh dengan dua sampai tiga langkah saja. Sebagai contoh prosedur teks sederhana ialah seperti cara mematikan televisi, cara mengoperasikan setrika listrik, cara mengirimkan pesan melalui handphone, cara menyalakan televisi dan lain sebagainya.

2. Teks Prosedur Protokol
Jenis teks prosedur protokol merupakan suatu langkah kerjanya yang tidak terlalu ketat atau lebih mudahnya dapat dibilang kalau langkah kerja pada teks protokol dapat diubah. Berikut ini adalah contoh prosedur protokol: Cara memasak mie instan. Langkah pertama, didihkan air terlebih dahulu kemudian masukkan mie instan ke dalam air yang mendidih tersebut. Setelah itu, silahkan tentukan sendiri apakah bumbu racik mie instan, akan anda masukan bersama mie yang sedang dimasak atau akan di pisahkan kedalam tempat tersendiri yang sudah disediakan (Mangkuk). Setelah mie matang, masukkan kedalam mangkuk yang telah disediakan. Terakhir silahkan mie siap dihidangkan.

3. Teks Prosedur Kompleks
Teks Prosedur Kompleks merupakan suatu teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan juga langkah-langkah itu berjenjang dengan sub langkah pada setiap langkahnya. Berikut ini contoh teks prosedur kompleks yang berjudul Cara Mematikan Komputer Diwindows 7 Yang Benar sesuai panduan yang ada di blog sahabatinet.com

Cara mematikan komputer windows 7 yang benar adalah sebagai berikut:
Langkah pertama silahkan klik menu START yang berada di pojok kiri bawah layar.
Lalu klik shutdown.
Lalu Pilih tekan OK
Setelah itu tunggu hingga komputer mati.
Setelah komputer mati, kemudian matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power yang ada, setelah itu cabut kabel listrik agar arus listrik sudah tidak terhubung.

Artikel Tertaut : Pengertian Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

Itulah penjelasan artikel kali ini yang berjudul tentang Pengertian Teks Prosedur, Ciri ciri, Tujuan, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur Terlengkap. Semoga dengan adanya artikel ini, anda dapat memahami kaidah teks prosedur beserta cara membuat teks prosedur dengan benar.