√ Pengertian Manajemen Operasional Beserta Ruang Lingkup Manajemen Operasi Menurut Para Ahli --> -->

Advertisement

Pengertian Manajemen Operasional Beserta Ruang Lingkup Manajemen Operasi Menurut Para Ahli

Sabtu, 12 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Manajemen Operasional Beserta Ruang Lingkup Manajemen Operasi Menurut Para Ahli

PEMUDABERSATU.COM - Apa manajemen operasional itu? Pengertian Manajemen Operasional secara umum ialah sebuah usaha pengelolaan secara maksimal di dalam penggunaan berbagai faktor produksi, mulai dari sumber daya manusia (SDM), peralatan (tools), bahan mentah (raw material), mesin dan faktor produksi lainnya di dalam proses mengubahnya menjadi beragam produk barang ataupun jasa.

Manajemen Operasional Menurut Para Ahli


Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Manajemen Operasional merupakan suatu hal penting dalam organisasi atau bisnis. Dan tugasnya pun tergantung pada ukuran perusahaan itu. Pengelolaan manajemen operasional ini biasanya dimulai dari SDM, peralatan, raw material, mesin, serta hal lainnya yang memberi pengaruh kepada kinerja perusahaan.

Manajemen operasional merupakan pemegang peranan soal isu strategis di dalam menentukan rencana produksi (manufacturing) dan juga metode manajemen proyek serta implementasi struktur jaringan teknologi informasi. Dan di sisi lain, mereka juga telah melakukan beberapa hal penting berikut ini:


  • Mengatur skala inventaris
  • Mengatur level proses level pengerjaan
  • Meng-organise Akuisisi bahan baku
  • Mengontrol kualitas
  • Meng-handle material
  • Menjaga dan merawat kebijakan


Manajemen operasional juga wajib mempelajari bahan baku yang akan digunakan untuk produksi dan menjamin tidak ada kelebihan yang sia-sia. Mereka mempunyai formula pemesanan jumlah bahan yang dibutuhkan sehingga akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Logistik

Definisi Manajemen Operasional


Definisi Manajemen Operasional

Beberapa ahli di bidang ilmu manajemen telah menjelaskan tentang definisi Manajemen Operasional, yang diantaranya adalah:

1. Eddy Herjanto (2003;2)
Menurut Eddy Herjanto, definisi manajemen operasional adalah suatu proses yang berkesinambungan dan efektif dalam menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk dapat mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien di dalam rangka mencapai tujuan.

2. Jay Heizer dan Barry Render (2005;4)
Menurut Jay Heizer dan Barry Render, definisi manajemen operasional adalah suatu serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang maupun jasa dengan mengubah input menjadi output.

3. Pangestu Subagyo (2000;1)
Menurut Pangestu Subagyo, Definisi manajemen operasional adalah penerapan ilmu manajemen untuk dapat mengatur seluruh kegiatan produksi / operasional agar dapat dilakukan secara efisien.

4. William J. Stevenson (2009:4)
Menurut William J. Stevenson, Definisi manajemen operasional adalah suatu sistem manajemen atau serangkaian proses didalam pembuatan produk atau penyediaan jasa.

5. Menurut Richard L. Daft (2006:216)
Menurut Richard L. Daft, Definisi manajemen operasional adalah bidang manajemen yang fokus kepada produksi barang, dan menggunakan alat serta teknik khusus untuk memecahkan suatu masalah produksi.

6. James Evans dan David Collier (2007:5)
Menurut James Evans dan David Collier, definisi manajemen operasional adalah ilmu dan seni untuk dapat memastikan bahwa barang dan jasa diciptakan dan berhasil dikirim ke pelanggan/konsumen.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Industri

Ruang Lingkup Manajemen Operasional


Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Setelah Anda mengetahui pengertian Manajemen Operasional, tentunya Anda juga perlu mengetahui ruang lingkupnya. Ada beberapa aspek yang saling terkait di dalam ruang lingkup manajemen operasional, antara lain adalah:

1. Aspek Perencanaan Sistem Produksi
Aspek ini bertujuan agar hasil produksi dapat sesuai dengan harapan konsumen, mulai dari kualitas, amaupun harga, dan keuntungan.

2. Aspek Pengendalian Produksi
Ini adalah aspek yang berhubungan dengan suatu pengendalian rencana yang telah dibuat, agar dapat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dengan begitu, maka tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik dan hasilnya optimal.

3. Aspek Sistem Informasi Produksi
Ini adalah aspek dimana sebuah informasi yang ada harus diterima dengan baik dan dioleh secara tepat supaya kegiatan produksi dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Sistem informasi ini dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya; informasi internal, dan informasi pelanggan, serta informasi pasar.

4. Aspek Lingkungan
Aspek lingkungan berperan di dalam memperhatikan kecenderungan serta perkembangan yang terjadi pada suatu lingkungan. Dengan begitu, maka tindakan yang diambil bisa memberikan manfaat dalam peningkatan produksi.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Produksi

Peran Manajer Operasional


Peran Manajer Operasional

Kalau sudah disesuaikan dengan pengertian manajemen operasional, maka seorang manajer harus benar-benar paham keseluruhan proses yang ada di dalam perusahaannya. Mereka dilibatkan soal pengkoordinasian proses dan pengembangan terbarunya sambil mengevaluasi kembali strukturnya. Maka dalam hal ini, organisasi dan produktifitas menjadi suatu hal yang paling dibutuhkan ketika menjadi seorang manajer operasional. Mereka harus dapat berada di posisi yang sangat fleksibel.

Seorang Manajer Operasional memiliki tugas pokok dalam proses produksi, antara lain


  • Membuat suatu perencanaan kuantitas dan kualitas bahan baku didalam proses produksi
  • Membuat suatu rencana lokasi gudang persediaan dan peralatan mesin yang efisien untuk dapat menghemat waktu dan mobilisasi
  • Merencanakan letak layout pabrik
  • Bertanggungjawab atas pemeliharaan peralatan pabrik untuk dapat menjamin keandalan serta keberlangsungan operasional
  • Membuat strategi produk yang berkualitas sehingga dapat bersaing dengan kompetitor
  • Membuat jadwal kerja yang efektif serta efisien dengan cara mengevaluasi biaya tenaga kerja
  • Manajer operasional bertanggungjawab atas keberlangsungan hasil produksinya, baik dari sisi kuantitas ataupun kualitas

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Administrasi

Jenis-Jenis Keputusan Dalam Manajemen Operasional:


  • Proses: manajer harus bisa menentukan fasilitas yang dipakai dan proses fisik
  • Kapasitas: manajer harus menentukan jumlah dan estimasi waktunya
  • Persediaan: seorang manajer harus dapat memutuskan apa saja yang dibutuhkan dan menentukan seperti apakah kualitas dan kualitasnya. Juga dapat memutuskan kapan barang baku dipesan.
  • Tenaga: manajer terlibat dalam rekruitmen, PHK maupun penggajiannya. Ia juga harus bisa melakukan supervisi, dan kompensasi promsi serta penggunaan tenaga profesional.
  • Kualitas: manajemen menentukan standard, pengawasan produk, desain peralatan, dan sebagainya.


Artikel Terkait : Pengertian Manajemen Industri

Fungsi Manajemen Operasional

Secara umum ada 4 macam fungsi Manajemen Operasional, diantaranya adalah:


  1. Fungsi proses; hal ini sifatnya teknis, diantaranya merupakan metode yang dipakai dalam mengolah bahan
  2. Pengorganisasian teknik dan metode kerja; dengan fungsi inilah maka suatu proses produksi bisa berjalan dengan efektif dan efisien
  3. Fungsi perencanaan bahan; ini termasuk suatu penetapan kualitas dan kuantitas bahan
  4. Fungsi pengawasan / pengendalian terhadap penggunaan bahan untuk sebuah proses produksi


Hubungan Manajemen Operasional dengan Supply Chain

Supply chain diartikan sebagai logistik. Bidang ini berhubungan dengan suatu proses produksi dan distribusi barang. Maka dalam hal ini, supply chain yang mengatur distribusi barang ke suplier, manufaktur dan retailer sehingga sampai ke tangan pelangkan /konsumen.

Intinya supply chain tersebut selalu berhubungan langsung dengan produk jadi serta mengirim hal-hal yang selalu berhubungan dengan perusahaan misalnya barang yang dibutuhkan di perusahaan.

Artikel Terkaid : Pengertian Manajemen Aset

Demikianlah ulasan ringkas mengenai pengertian manajemen operasional menurut para ahli, serta fungsi dan ruang lingkupnya. Semoga artikel Manajemen operasional ini dapat bermanfaat.