√ Pengertian Manajemen Keuangan Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan di Perusahaan Dagang -->

Advertisement

Pengertian Manajemen Keuangan Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan di Perusahaan Dagang

Rabu, 26 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Manajemen Keuangan Beserta Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan di Perusahaan Dagang

PEMUDABERSATU.COM - Manajemen keuangan merupakan salah satu kendaraan terpenting di dalam mencapai tujuan finansial sebuah perusahaan. Lalu apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan di perusahaan dagang itu? Pengertian manajemen keuangan ternyata masih sangat tabu untuk dipahami kebanyak orang. Padahal, manajemen keuangan ialah salah satu elemen terpenting di dalam kehidupan. Tidak hanya untuk sebuah bisnis, untuk kehidupan berumah tangga pun juga diperlukan mengelola keuangan yang baik atau tata cara mengatur keuangan keluarga agar ekonomi keuangan keluarga sehat.

Akuntansi manajemen keuangan sangat penting untuk dipelajari karena dengan kita memahami prinsip-prinsip manajemen keuangan tentunya kita akan merasakan manfaat dari manajeman keuangan, salah satu manfaatnya ialah kita dapat mengelola keuangan dengan baik dan menggunakan uang se-efektif dan se-efisien mungkin, terlebih lagi bagi mereka para pelaku usaha untuk mengatur manajemen keuangan perusahaan nya. Sebab manajemen keuangan merupakan salah satu bidang yang fokus pada penggunaan modal ataupun dana bisnis lainnya secara efisien dan efektif serta proses pengambilan keputusan yang tepat agar dapat memaksimalkan keuntungan manajemen keuangan. Agar anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang pengertian manajemen keuangan, fungsi manajeman keuangan beserta tujuan manajemen keuangan dan ruang lingkup manajemen keuangan. Silahkan anda perhatikan ulasan berikut ini.

Manajemen Keuangan


pengertian manajemen keuangan

Apa Pengertian Manajemen Keuangan itu? Manajemen keuangan ialah suatu kegiatan merencanakan, mengarahkan, mengatur, dan mengawasi aktivitas finansial. Misalnya pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan atau mengelola keuangan perusahaan jadi tidak heran kalau banyak orang yang mengambil jurusan manajemen keuangan untuk belajar tentang akuntasi keuangan dan menjadi pelaku usaha. Manajemen keuangan juga selalu menerapkan prinsip manajemen umum terhadap suatu sumber daya keuangan perusahaan. Dan manajemen keuangan ini juga merupakan suatu aktivitas yang berhubungan dengan cara mendapatkan modal kerja, mengalokasikan, menggunakan, dan mengelola aset perusahaan agar bisa mencapai tujuannya.

Baca Juga : Tips Sukses Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Penghasilan Minim

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan


ruang lingkup manajemen keuangan

Taukan anda bahwa Manajemen keuangan memiliki beberapa ruang lingkup, berikut ini adalah ruang lingkup manajemen keuangan:

  1. Keputusan investasi, merupakan suatu investasi pada aset tetap serta suatu investasi pada aset lancar yang biasa disebut sebagai keputusan modal kerja.
  2. Keputusan finansial, keputusan tersebut berhubungan dengan peningkatan keuangan dari berbagai sumber, namun semua itu tergantung pada keputusan mengenai jenis sumber pendanaannya, biaya, periode pembiayaan, dan imbal hasil.
  3. Keputusan dividen, Manajer keuangan harus dapat mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan distribusi laba bersih kepada 2 (dua) bagian, yaitu kepada pemegang saham serta retained profit / laba yang ditahan.


Fungsi Manajemen Keuangan


fungsi manajemen keuangan

Adapun 5 (lima) fungsi manajemen keuangan yang harus anda pahami, agar dapat terciptanya manajemen keuangan perusahaan yang sehat:

  • Planning - Planning merupakan suatu perencanaan dari mulai arus kas hingga sampai laba rugi perusahaan.
  • Budgeting - Fungsi budgeting meliputi suatu perencanaan sampai pengalokasian anggaran biaya agar dapat se efisien dan se efektif mungkin.
  • Controlling - Di dalam manajemen keuangan, kegiatan pengawasan juga perlu dilakukan dan evaluasi perbaikan di masa sekarang ataupun masa yang akan datang.
  • Auditing - Audit internal itu dilakukan agar semua yang dikerjakan sesuai dengan standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
  • Reporting - Merupakan suatu laporan mengenai kondisi keuangan dan analisa rasio manajemen keuangan

Baca Juga : Prinsip Manajemen Keuangan Yang Harus Diketahui

Selain itu, ada 7 (Tujuh) fungsi atau tanggung jawab manajer keuangan selaku pelaksana manajemen keuangan perusahaan, antara lain:

1. Estimasi kebutuhan modal
Salah satu tanggung jawab manajer keuangan harus mampu membuat suatu estimasi yang berhubungan dengan modal. semua ini bergantung pada manajemen pemasaran yang membutuhkan perkiraan biaya, program, keuntungan, dan kebijakan masa yang akan datang.

2. Penentuan komposisi modal
Setelah estimasi telah dilakukan, maka struktur pemodalan harus segera diputuskan dan perencanaan keuangan perusahaan perlu diperhitungkan bertul-betul. Kegiatan ini melibatkan sosok analisis ekuitas hutang jangka pendek maupun jangka panjang, semua ini tergantung pada proporsi modal yang telah dimiliki perusahaan serta dana tambahan yang didapat dari pihak luar.

3. Pilihan sumber dana
Dana tambahan bisa didapat dari surat hutang, ataupun pinjaman dari bank serta lembaga keuangan lain. Keputusan bisa bergantung pada manfaat dan kerugian serta periode pembiayaan. Maka dari itu belajar manajemen keuangan sangat diperlukan bagi para pelaku usaha kususnya manajer keuangan perusahaan.

4. Investasi dana
Manajer keuangan juga harus dapat memutuskan suatu alokasi dana usaha. Semua ini agar dapat mengelola keuangan usaha dengan baik dan menguntungkan sehingga suatu investasi ataupun pengembalian reguler aman.
5. Pembuangan surplus
Mengatur laba bersih adalah salah satu yang harus dilakukan oleh manajer keuangan perusahaan

6. Pengelolaan uang tunai
Mengelola keuangan termasuk mengelola uang tunai untuk pembagian uang gaji karyawan,kreditor, tagihan listrik, kewajiban lancar, pembelian bahan baku, pemeliharaan stok, dll.

7. Kontrol keuangan
Laporan keuangan perusahaan perlu pengawasan terhadap semua yang telah dilakukan oleh uraian di atas, juga harus dilakukan dengan startegi keuangan perusahaan. Misalnya saja ramalan keuangan, analisis rasio, pengendalian biaya dll.

Tujuan Manajemen Keuangan


tujuan manajemen keuangan

Setelah Anda mengetahui pengertian manajeman keuangan, ruang lingkup dan fungsi manajemen keuangan, maka anda juga perlu mengetahui tujuan dari manajemen keuangan. Berikut ini tujuan manajemen keuangan:


  1. Dapat memaksimalkan keuntungan dengan mengambil keputusan yang tepat.
  2. Dapat menjaga arus kas atau keuangan agar dapat membayar semua kewajiban ataupun beban perusahaan.
  3. Dapat mempersiapkan struktur modal yang bisa didapatkan dari internal ataupun eksternal.
  4. Dapat memanfaatan uang secara tepat serta optimal bisa efisiensi tetapterjaga.
  5. Dapat memaksimalkan kekayaan

Lalu bagaimana dengan manajemen keuangan perusahaan dagang? Tentunya tidak akan jauh berbeda dengan manajemen keuangan secara umum. Manajemen keuangan perusahaan dagang tersebut tergantung pada setiap item transaksi yang telah dilakukan di dalam perusahaan.

Baca Juga : ILMU EKONOMI - Pengertian, Definisi, Ruang Lingkup, dan Sejarah Ilmu Ekonomi

Demikian informasi tentang pengertian manajemen keuangan, ruang lingkup dan fungsi manajemen keuangan beserta tujuan manajemen keuangan khususnya manajemen keuangan perusahaan dagang. Dengan anda memahami ulasan diatas tentunya anda akan lebih mudah membuat laporan keuangan perusahaan dan dapat meningkatkan perusahaan dengan cara mengelola keuangan perusahaan secara sehat.