√ Pengertian Motivasi Diri Beserta Jenis dan Faktor Motivasi Menurut Para Ahli --> -->

Advertisement

Pengertian Motivasi Diri Beserta Jenis dan Faktor Motivasi Menurut Para Ahli

Senin, 07 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Motivasi Diri Beserta Jenis dan Faktor Motivasi Menurut Para Ahli

PEMUDABERSATU.COM - Apa sih yang dimaksud dengan motivasi? Pengertian Motivasi adalah suatu dorongan dan alasan yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu agar dapat mencapai tujuan tertentu. Arti motivasi juga bisa didefinisikan sebagai semua hal yang menimbulkan dorongan / semangat di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu.

Pengertian Motivasi Secara Umum


Pengertian Motivasi Secara Umum

Secara etimologi kata motivasi tersebut berasal dari bahasa Inggris, yaitu motivation, yang artinya adalah daya batin / dorongan. Sehingga pengertian motivasi adalah segala sesuatu yang dapat mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu.

Motivasi dapat datang dari dalam diri sendiri maupun datang dari orang lain. Dengan adanya motivasi tentunya seseorang akan dapat mengerjakan sesuatu dengan antusias.

Artikel Terkaid: Pengertian Konsep Diri

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli


Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Agar Anda dapat lebih memahami apa arti motivasi, maka Anda dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini merupakan pengertian motivasi menurut para ahli:

1. Weiner
Menurut Weiner pengertian motivasi adalah kondisi internal yang bisa membangkitkan seseorang untuk bertindak, dan mendorong individu mencapai tujuan tertentu, serta akan membuat individu tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

2. Uno
Menurut ahli yang benama Uno, arti motivasi adalah suatu dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; hasrat dan minat; penghargaan dan penghormatan.

3. Henry Simamora
Menurut Henry Simamora pengertian motivasi ialah sebuah fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan dapat menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan dapat membuahkan hasil atau imbalan yang dikehendaki.

4. A. Anwar Prabu Mangkunegara
Menurut ahli yang bernama A. Anwar Prabu Mangkunegara definisi motivasi adalah suatu kondisi yang sangat berpengaruh membangkitkan, mengarahkan serta memelihara perilaku yang beruhubungan dengan lingkungan kerja.

5. G. R. Terry
Menurut G. R. Terry pengertian motivasi merupakan sebuah keinginan yang ada pada diri seseorang yang merangsangnya agar melakukan berbagai tindakan.

Artikel Terkaid: Pengertian Ideologi

Jenis-Jenis Motivasi


Jenis-Jenis Motivasi

Ada beberapa faktor yang memotivasi seseorang untuk melakukan sesuatu di dalam hidupnya. Akan tetapi, secara umum hanya ada dua jenis motivasi, antara lain motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.

1. Motivasi Intrinsik
Pengertian motivasi intrinsik ialah sebuah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu, yang dikarenakan oleh faktor dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri tanpa adanya pengaruh orang lain karena adanya hasrat agar dapat mencapai tujuan tertentu.

Contoh, seseorang termotivasi agar dapat bekerja supaya mendapatkan penghasilan sehingga ia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

2. Motivasi Ekstrinsik
Definisi motivasi ekstrinsik adalah suatu keinginan seseorang agar dapat melakukan sesuatu yang disebabkan oleh faktor dorongan dari luar diri sendiri supaya dapat mencapai suatu tujuan yang menguntungkan dirinya.

Contoh, seseorang termotivasi agar dapat bekerja lebih giat karena adanya suatu peluang yang diberikan perusahaan untuk meningkatkan karir kepada pegawai yang berprestasi.

Artikel Terkaid: Pengertian Psikologi

Faktor-Faktor Motivasi


Faktor-Faktor Motivasi

Proses psikologis yang ada di dalam diri seseorang, yang bisa menimbulkan motivasi dalam diri. Motivasipun dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut faktor-faktor motivasi yang perlu anda tahut:

1. Faktor Internal (Intern)
Faktor internal ialah suatu faktor motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang. Motivasi internal timbul disebabkan adanya suatu keinginan individu untuk memiliki prestasi serta tanggungjawab di dalam hidupnya.

Berikut ini hal yang termasuk dalam faktor internal antara lain:


  • Harga diri dan Prestasi, adalah motivasi di dalam diri seseorang agar dapat mengembangkan kreativitas dan serta bisa mengerahkan energi untuk mencapai prestasi yang dapat meningkatkan harga dirinya.
  • Kebutuhan, setiap individu tentunya memiliki kebutuhan di dalam hidupnya sehingga orang tersebut akan termotivasi untuk melakukan sesuatu supaya dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Harapan, adalah sesuatu yang ingin dicapai seseorang di masa mendatang yang tentunya mempengaruhi sikap dan perasaan subjektif orang itu.
  • Tanggungjawab, adalah motivasi di dalam diri seseorang supaya bekerja dengan baik dan hati-hati agar dapat menghasilkan sesuatu yang berkualitas.
  • Kepuasan kerja, adalah motivasi dalam diri seseorang setelah dapat melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan tertentu.


2. Faktor Eksternal (Ekstern)

Faktor eksternal adalah sebuah motivasi yang berasal dari luar. Motivasi eksternal timbul biasanya dikarena adanya peran dari luar, misalnya sebuah organisai, yang turut menentukan perilaku seseorang di dalam kehidupannya.

Berikut merupakan hal yang termasuk dalam faktor eksternal antara lain:


  • Jenis dan sifat pekerjaan, adalah suatu dorongan di dalam diri seseorang agar dapat bekerja pada jenis serta sifat pekerjaan tertentu. Kondisi ini juga sangat dipengaruhi oleh besarnya imbalan yang akan didapatkan pada pekerjaan tersebut.
  • Kelompok kerja, adalah organisasi dimana seseorang bekerja agar bisa mendapatkan penghasilan bagi kebutuhan hidupnya.
  • Kondisi kerja, adalah suatu keadaan dimana seseorang bekerja sesuai dengan harapannya (kondusif) sehingga dapat membuat ia bekerja dengan baik.
  • Keamanan dan keselamatan kerja, adalah suatu perlindungan yang diberikan oleh organisasi terhadap jaminan kemanan serta keselamatan seseorang dalam ia bekerja.
  • Hubungan interpersonal, adalah hubungan antara teman sejawat dengan seorang atasan, dan dengan bawahan. Dalam hal ini, maka setiap orang ingin dihargai dan menghargai di dalam organisasi sehingga akan tercipta suasana kerja yang harmonis.


Artikel Terkaid: Pengertian Sosial

Itulah penjelasan mengenai pengertian motivasi, dan jenis-jenis motivasi, serta faktor-faktor motivasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.