√ Pengertian Ideologi Beserta Fungsi dan Jenis Jenis Ideologi -->

Advertisement

Pengertian Ideologi Beserta Fungsi dan Jenis Jenis Ideologi

Senin, 24 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Ideologi Beserta Fungsi dan Jenis Jenis Ideologi

PEMUDABERSATU.COM - Apakah yang dimaksud ideologi itu? Secara umum, Pengertian Ideologi ialah suatu kumpulan ide-ide dasar, keyakinan, gagasan, dan kepercayaan yang sifatnya sistematis sesuai dengan arah dan tujuan yang ingin dicapai di dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Kalau di negara Indonesia namanya Ideologi Pancasila. Ada yang menganggap pengertian ideologi merupakan visi yang komprehensif, sebagai cara pandang suatu bangsa terhadap semua hal secara umum dan beberapa arah filosofi yang diajukan kepada kelas dominan pada seluruh anggota masyarakat. Istilah ideologi sangat erat sekali hubungannya dengan berbagai bidang kehidupan manusia, antara lain Agama, Politik (Hukum, Pertahanan dan Keamanan), Sosial, dan Kebudayaan.

Istilah Ideologi ini pertama kali diperkenalkan seorang ahli yang bernama  Destutt de Tracy, seorang filsuf asal Perancis. Secara etimologis kata “Ideologi” merupakan berasal dari bahasa Perancis, yaitu: Idéo yang memiliki arti ide, melihat, cita-cita, memandang. Sedangkankan kata Logie yang memiliki arti logika atau rasio. Sehingga arti ideologi dapat juga didefinisikan sebagai suatu seperangkat ide yang membentuk keyakinan serta paham untuk mewujudkan cita-cita manusia.

Baca juga: Pengertian Ilmu Politik Beserta Fungsinya

Ideologi Menurut Para Ahli


pengertian ideologi menurut para ahli

Apa yang dimaksud dengan ideologi?Agar kita dapat lebih memahami apa arti ideologi, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Berikut ini merupakan pengertian ideologi menurut para ahli:

1. Francis Bacon
Menurut Ahli Francis Bacon, menyatakan bahwa pengertian ideologi adalah sintesa pemikiran yang mendasar dari suatu konsep hidup.

2. Alfian
Menurut ahli Alfian, telah mengungkapkan bahwa arti ideologi ialah sebuah pandangan ataupun sistem nilai yang menyeluruh serta mendalam mengenai bagaimana cara yang sebaiknya, yakni secara moral dianggap adil dan benar, mengatur tingkah laku bersama di dalam beragam segi dan juga bidang kehidupan.

3. Gunawan Setiardjo
Menurut Ahli Gunawan Setiardjo, arti ideologi yaitu suatu kumpulan ide ataupun gagasan ataupun aqidah ‘aqliyyah (akidah yg sampai melalui proses berpikir) yg melahirkan suatu aturan-aturan dalam kehidupan.

4. C. C. Rodee
Menurut C. C. Rodee, menyatakan bahwa pengertian ideologi ialah suatu sekumpulan ide yang secara logis berkaitan dan juga mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi serta pelakunya.

5. Ali Syariati
Menurut ahli Ali Syariati, pengertian ideologi ialah suatu keyakinan-keyakinan ataupun suatu gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelas sosial, suatu kelompok, suatu bangsa atau ras tertentu.

6. Drs. Moerdiono
Menurut Drs. Moerdiono, arti ideologi adalah a system of ideas yang mensistematisasikan seluruh pemikiran mengenai kehidupan ini serta melengkapinya dengan sarana dan kebijakan serta strategi dengan tujuan menyesuaikan keadaan nyata (kehidupan nyata) dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat yang telah menjadi induknya.

Baca juga: Pengertian Ilmu Sosial dan Definisinya

Jenis-Jenis Ideologi


jenis jenis ideologi

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis ideologi di dunia ini, namun hanya beberapa jenis ideologi yang cukup populer. Berikut ini adalah macam-macam ideologi.

1. Ideologi Kapitalisme
Gagasan utama dalam arti ideologi kapitalisme ialah suatu kebebasan individu untuk melakukan akumulasi kapital individual. Dalam ideologi kapitalisme ini, negara tidak diperbolehkan untuk ikut campur di dalam upaya memperkaya diri yang akan dilakukan oleh seseorang.

2. Ideologi Liberalisme
Gagasan utama dalam arti Ideologi liberalisme ialah suatu kebebasan individu serta menjunjung tinggi kesetaraan di dalam masyarakat suatu negara. Hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh suatu negara.

3. Ideologi Marxisme
Ideologi Marxisme merupakan hasil pemikiran dari seorang ahli yang bernama Karl Marx. Karl Marx telah menyusun suatu teori besar yang sangat berkaitan dengan sistem sosial, sistem ekonomi, dan sistem politik.

4. Ideologi Sosialisme
Gagasan utama dari ideologi sosialisme ini ialah adanya kesetaraan sosial dimana pemerintah memiliki peran dominan atas individu. Di dalam ideologi sosialisme ini, tidak ada pengakuan sedikitpun atas hak milik pribadi.

5. Ideologi Nasionalisme
Gagasan utama dari paham Nasionalisme ialah kesadaran serta semangat cinta tanah air dan bangsa yang selalu ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat.

6. Ideologi Feminisme
Gagasan utama feminisme ialah suatu perjuangan kesetaraan hak dan tanggungjawab bagi perempuan dalam ekonomi, politik, budaya, dan ruang pribadi maupun ruang publik.

Baca Juga : ILMU EKONOMI - Pengertian, Definisi, Ruang Lingkup, dan Sejarah Ilmu Ekonomi

Fungsi Ideologi Secara Umum


fungsi ideologi secara umum

Suatu ideologi dapat kita pelajari, kemudian diformulasikan, hingga dimasukkan dalam tataran abstrak di dalam pikiran serta jiwa manusia. Ideologi akan menjadi landasan berpikir dan juga menjadi cara pandang manusia dalam menafsirkan dan memahami dunia. Secara umum, berikut ini merupakan beberapa fungsi ideologi yang perlu diketahui:

  • Fungsi Ideologi salah satunya dapat menjadi pemandu suatu tindakan sosial individu di masyarakat.
  • Ideologi dapat menjadi sumber inspirasi norma serta nilai sosial.
  • Ideologi dapat menjadi panduan bagi individu di dalam ia menemukan identitas dirinya.
  • Ideologi dapat memberikan suatu motivasi bagi individu di dalam menggapai tujuan hidupnya.
  • Suatu ideologi mampu menentukan tindakan konkrit individu di dalam kehidupan sosialnya. Secara ekstrim, seseorang bahkan mau dan rela mengorbankan nyawa demi mempertahankan ideologi yang diyakininya.


Baca Juga : SOSIOLOGI - Pengertian, Karakteristik dan Ruang Lingkup Sosiologi

Itulah beberapa penjelasan ringkas mengenai pengertian ideologi menurut para ahli, dan jenis-jenis ideologi yang populer di dunia ini serta fungsi ideologi secara umum. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.