√ Pengertian Efektivitas Beserta Aspek ,Kriteria dan Contoh Efektivitas --> -->

Advertisement

Pengertian Efektivitas Beserta Aspek ,Kriteria dan Contoh Efektivitas

Minggu, 13 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Efektivitas Beserta Aspek ,Kriteria dan Contoh Efektivitas

PEMUDABERSATU.COM - Apakah yang dimaksud dengan efektivitas (effectiveness)? Pengertian efektivitas secara umum adalah suatu keadaan yang menunjukkan tingkat keberhasilan atau suatu pencapaian tujuan yang diukur dengan kualitas, kuantitas, serta waktu, sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli


Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli

Pengrtian efektivitas adalah suatu tingkat keberhasilan yang dihasilkan dari seseorang atau organisasi dengan cara tertentu, yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Dengan kata lain, semakin banyak suatu rencana yang berhasil dicapai, maka suatu kegiatan akan dianggap semakin efektif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), efektivitas adalah keaktifan, daya guna, serta adanya kesesuaian di dalam suatu kegiatan antara seseorang yang telah melaksanakan tugas dengan tujuan yang ingin dicapainya.

Rumus Efektivitas adalah Efektivitas = (Output Aktual / Output Target) ≥ 1

Jika hasil dari perbandingan output aktual dengan output target < 1 maka efektivitas tidak akan tercapai.
Jika hasil dari perbandingan output aktual dengan output target ≥ 1 maka efektivitas dapat tercapai.

Artikel Terkaid: Pengertian Sistem

Definisi Efektivitas


Definisi Efektivitas

Agar Anda dapat lebih memahami apa arti efektivitas, maka kita dapat merujuk pada pendapat ahli antara lain sebagai berikut:

1. Ravianto
Menurut Ravianto (2014:11), Definisi efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang telah dilakukan, dan sejauh mana orang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang telah diharapkan. Artinya, apabila suatu pekerjaan bisa diselesaikan sesuai dengan perencanaan, baik dalam biaya, waktu, maupun mutunya, maka bisa dikatakan efektif.

2. Gibson et.al
Menurut Gibson (Bungkaes 2013:46), Definisi efektivitas adalah penilaian yang dibuat sehubungan dengan prestasi individu, kelompok, ataupun organisasi. Semakin dekat prestasi mereka terhadap prestasi yang diharapkan , maka mereka akan dinilai semakin efektif.

3. Prasetyo Budi Saksono
Menurut Prasetyo Budi Saksono, definisi efektivitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan antara keluaran yang dicapai dengan keluaran yang diharapkan dari jumlah masukan di dalam suatu perusahaan atau perorangan

4. Sondang P. Siagian
Menurut Sondang, definisi efektivitas adalah suatu pemanfaatan sarana prasarana, sumber daya dalam jumlah tertentu yg sebelumnya telah ditetapkan sebagai menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang akan dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan.

5. Schemerhon John R. Jr.
Menurut Schemerhon John R. Jr, pengertian efektivitas adalah pencapaian target keluaran yang akan diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau OA yang seharusnya dengan output realisasi ataupun OS (sesungguhnya). Apabila OA > OS maka akan dinilai efektif.

Artikel Terkaid: Pengertian Evaluasi

Kriteria Efektivitas


Kriteria Efektivitas

Suatu kegiatan atau aktivitas bisa dikatakan efektif, apabila memenuhi beberapa kriteria tertentu. Efektivitas berhubungan dengan terlaksananya semua tugas pokok, dan tercapainya tujuan, serta ketepatan waktu, dan adanya suatu usaha atau partisipasi aktif dari pelaksana tugas tersebut.

Berikut ini beberapa tolak ukur atau kriteria efektivitas antara lain:


  1. Efektivitas keseluruhan adalah sejauh mana seseorang /organisasi melaksanakan seluruh tugas pokoknya.
  2. Produktivitas adalah kuantitas produk / jasa pokok yang dihasilkan seseorang, kelompok, ataupun organisasi.
  3. Efisiensi adalah ukuran keberhasilan dari suatu kegiatan yang dinilai berdasarkan besarnya sumber daya yang telah digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  4. Laba adalah keuntungan atas penanaman modal yang sudah dipakai untuk menjalankan suatu kegiatan.
  5. Pertumbuhan adalah Suatu perbandingan antara keadaan organisasi sekarang dengan keadaan masa sebelumnya (fasilitas, tenaga kerja, harga, penjualan, laba, market share, modal, dan lainnya).
  6. Stabilitas adalah pemeliharaan struktur, dan fungsi, serta sumber daya sepanjang waktu, khususnya di dalam masa-masa sulit.
  7. Semangat kerja adalah kecenderungan seseorang berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan organisasi, seperti perasaan terikat, dan kebersamaan tujuan, serta perasaan memiliki.
  8. Kepuasan kerja adalah timbal-balik / kompensasi positif yg dirasakan seseorang atas peranannya dalam organisasi.
  9. Penerimaan tujuan organisasi adalah diterimanya tujuan-tujuan organisasi oleh setiap individu dan juga unit-unit di dalam suatu organisasi.
  10. Keterpaduan adalah adanya komunikasi serta kerjasama yang baik antar anggota organisasi di dalam mengkoordinasikan usaha kerja mereka.
  11. Keluwesan adaptasi adalah kemampuan individu ataupun organisasi supaya dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan.
  12. Penilaian pihak luar adalah penilaian terhadap individu ataupun organisasi dari pihak-pihak lain di suatu lingkungan yg berhubungan dengan individu / organisasi tersebut.


Artikel Terkaid: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Aspek-Aspek Efektivitas


Aspek-Aspek Efektivitas

Ada beberapa aspek-aspek efektivitas yang ingin dicapai di dalam suatu kegiatan. Mengacu pada pengertian efektivitas yang dijelaskan diatas, berikut ini adalah beberapa aspek aspek efektivitas:

1. Aspek Peraturan/ Ketentuan
Peraturan dibuat agar dapat menjaga kelangsungan suatu kegiatan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Peraturan atau ketentuan merupakan sesuatu yang wajib dilaksanakan agar suatu kegiatan tersebut, dianggap sudah berjalan secara efektif.

2. Aspek Fungsi/ Tugas
Individu atau organisasi dapat dianggap efektif, apabila dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Maka dari itu setiap individu dalam organisasi wajib mengetahui tugas serta fungsinya sehingga dapat melaksanaannya.

3. Aspek Rencana/ Program
Suatu kegiatan dapat dinilai efektif , apabila memiliki suatu rencana yang akan dilaksanakan untuk dapat mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Tanpa adanya rencana ataupun program, maka tujuan tersebut tidak mungkin dapat tercapai.

4. Aspek Tujuan/ Kondisi Ideal
Yang dimaksud dengan kondisi ideal / tujuan adalah suatu target yang ingin dicapai dari suatu kegiatan dengan berorientasi kepada hasil dan proses yang telah direncanakan.

Artikel Terkaid: Pengertian Logistik

Contoh Efektivitas


Contoh Efektivitas

Ada banyak sekali bentuk serta contoh efektivitas di berbagai bidang kerja maupun dalam organisasi. Berikut ini beberapa contoh efektivitas dalam lingkungan organisasi antara lain;

Seorang karyawan customer service diharapkan dapat melayani 11 pelanggan setiap harinya. Namun pada kenyataannya karyawan tersebut dapat melayani 12 pelanggan per hari, maka karyawan tersebut dianggap telah memiliki efektivitas yang baik
.
Seorang manajer membawahi 30 orang karyawan dan harus membagi tugas atau pekerjaan masing-masing karyawan tersebut. Pada kenyataannya manajer tersebut tidak bisa menentukan orang terbaik di suatu posisi, maka manajer tersebut telah dianggap tidak memiliki efektivitas yang baik.

Sebuah mesin foto copy melayani 10 orang pegawai dan diharapkan dapat mengcopy 400 kertas per hari. Namun pada kenyataannya mesin foto copy tersebut bisa mengcopy lebih dari 400 kertas per hari, maka mesin tersebut dianggap efektif.

Artikel Terkaid: Pengertian ISO dan Jenisnya

Itulah penjelasan mengenai pengertian efektivitas, kriteria, aspek-aspek, serta contoh efektifitas yang perlu anda ketahui. Semoga artikel pengertian efektivitas ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.