√ Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Jenisnya --> -->

Advertisement

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Minggu, 13 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Jenisnya

PEMUDABERSATU.COM - Apakah yang dimaksud dengan sistem (system)? Pengertian sistem secara umum adalah suatu kesatuan, baik obyek nyata ataupun abstrak yang terdiri dari berbagai komponen / unsur yang saling berkaitan, saling mendung saling tergantung, dan secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan agar dapat mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli


Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Salah seorang ahli telah mengungkapkan tentang definisi sistem adalah suatu paduan yang terdiri dari beberapa unsur atau elemen yang dihubungkan menjadi satu kesatuan sehingga bisa memudahkan aliran informasi dan materi atau energi untuk mewujudkan suatu tujuan tertentu.

Secara etimologis, istilah sistem berasal dari bahasa Latin yaitu systēma dan bahasa Yunani yaitu sustēma, yang sering kali dipakai untuk memudahkan dalam menggambarkan interaksi di dalam suatu entitas tertentu.

Istilah sistem sering digunakan di dalam berbagai bidang, sehingga maknanya pun akan berbeda-beda sesuai dengan bidang yang dibahasnya. Akan tetapi, secara umum kata sistem mengacu kepada sekumpulan benda yang saling memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Artikel Terkaid: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Definisi Sistem Menurut Para Ahli


Definisi Sistem Menurut Para Ahli

Agar Anda dapat lebih memahami apa definisi sistem, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli, berikut ini definsi menurut para ahli yang perlu diketahui:

1. Harijono Djojodihardjo
Menurut Harijono Djojodihardjo, definisi sistem adalah gabungan obyek yang memiliki hubungan secara fungsi serta hubungan antara setiap ciri obyek, yang secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.

2. Indrajit
Menurut Indrajit, pengertian sistem ialah suatu kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur saling keterkaitan antara satu sama lainnya.

3. Jogianto
Menurut Jogianto, definisi sistem adalah suatu kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi agar dapat mencapai suatu tujuan tertentu yang menggambarkan berbagai kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti benda, tempat, dan orang-orang yang betul-betul ada.

4. Colin Cherry
Menurut Colin Cherry, definisi sistem adalah suatu keseluruhan yang telah dibentuk dari berbagai macam bagian / suatu assambel dari berbagai macam sifat dan juga bagian-bagian tersebut.

5. R. Fagen dan A. Hall
Menurut R. Fagen dan A. Hall, arti sistem adalah suatu kumpulan dari objek yang mempunyai suatu hubungan antara masing-masing obyek yang juga termasuk hubungan mengenai sifat-sifat yang mereka miliki.

6. Jerry FitzGerald
Menurut Jerry FitzGerald, definisi sistem adalah suatu jaringan kerja dari suatu prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul secara bersama-sama untuk menjalankan suatu kegiatan dan dapat mencapai tujuan tertentu.

7. Andri Kristanto
Menurut Andri Kristanto, definisi sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur yang sudah saling berkaitan, berkumpul bersama agar dapat melakukan aktivitas dan menyelesaikan suatu target tertentu.

Artikel Terkaid: Pengertian Evaluasi

Unsur-Unsur dan Elemen dalam Sistem


Unsur-Unsur dan Elemen dalam Sistem

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian sistem diatas, bahwa suatu sistem dibentuk oleh unsur-unsur tertentu. Setiap sistem terdiri dari 4 unsur, antara lain:


  1. Obyek, di dalam sistem terdapat sekumpulan obyek (abstrak/fisik) dalam bentuk elemen, bagian variabel.
  2. Atribut, sesuatu yang menentukan mutu ataupun sifat kepemilikan suatu sistem serta obyeknya.
  3. Hubungan internal, setiap elemen saling terikat (berhubungan) menjadi satu kesatuan.
  4. Lingkungan, tempat / wilayah dimana sistem berada.


Sedangkan elemen pembentuk suatu sistem dapat dibagi menjadi 7 bagian, antara lain:


  1. Tujuan, sistem dibuat agar dapat mencapai tujuan (output) tertentu yang ingin dicapainya. 
  2. Masukan, semuanya yang masuk kedalam sistem, semua akan diproses, baik obyek fisik maupun abstrak.
  3. Proses, adalah transformasi dari masukan menjadi keluaran yang lebih memiliki bernilai.
  4. Keluaran, ini yaitu hasil dari pemrosesan dimana wujudnya bisa dalam bentuk saran, informasi, cetakan laporan, produk, dan lain-lain.
  5. Batas, adalah sesuatu yang memisahkan antara sistem dengan daerah di luar sistem. Di dalam hal batas akan menentukan konfigurasi, serta ruang lingkup, dan hal-hal lainnya.
  6. Pengendalian dan Umpan Balik, mekanismenya bisa dilakukan dengan memakai feedback terhadap keluaran agar dapat mengendalikan masukan maupun proses.
  7. Lingkungan, segala sesuatu di luar sistem yang berpengaruh kepada sistem, baik menguntungkan maupun yang merugikan.


Artikel Terkaid: Pengertian Efektivitas

Jenis-Jenis Sistem


Jenis-Jenis Sistem

Secara garis besar jenis sistem itu dapat dibedakan menjad 2 kategori, yaitu:

1. Berdasarkan Keterbukaan
Sistem terbuka, adalah suatu sistem yang dapat dipengaruhi oleh pihak luar sebab adanya akses terbuka.
Sistem tertutup, adalah suatu sistem yang tidak dipengaruhi oleh pihak luar sebab aksesnya tertutup.

2. Berdasarkan Komponen
Sistem fisik, adalah suatu sistem yang memiliki komponen materi dan energi.
Sistem non-fisik, adalah suatu sistem yang bentuknya abstrak, seperti berupa ide, konsep, dan hal-hal lainnya.

Artikel Terkaid: Pengertian ISO dan Jenisnya

Itulah penjelasan  mengenai pengertian sistem, unsur-unsur, beserta jenis-jenis sistem secara umum dan menurut ahli. Semoga artikel pengertian sistem ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.