√ Pengertian Logistik Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Manfaatnya --> -->

Advertisement

Pengertian Logistik Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Manfaatnya

Minggu, 13 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Logistik Menurut Para Ahli Beserta Tujuan dan Manfaatnya

PEMUDABERSATU.COM - Diartikel sebelumnya kita telah membahas sistem infomasi manajemen, maka untuk artikel kali ini kita akan membahas Pengertian Logistik . Tentunya sebagian orang berlum mengetahui dan bertanya tanya apa sih yang dimaksud logistik itu? Silahakn perhatikan ulasan dibawah ini mengenai logistik secara lengkap

Pengertian Logistik


Pengertian Logistik

Salah seorang telah mengungkapkan bahwa pengertian logistik adalah serangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, implementasi, hingga pada pengawasan terhadap suatu proses perpindahan, baik itu barang ataupun jasa, energi, atau sumber daya lainnya, dari titik awal menuju ke titik penggunaan.

Definisi Logistik Secara Umum


Apa yang dimaksud dengan logistik  itu? Pengertian Logistik Secara Umum adalah suatu ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan suatu proses penyimpanan, dan penyaluran serta pemeliharaan, dan juga penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu.

Dari penjelasan arti logistik tersebut dapat kita simpulkan bahwa logistik adalah bagian dari ilmu manajemen yang dimana rangkaian kegiatannya saling berhubungan serta dilakukan secara bertahap, dan bertujuan untuk dapat mengelola dan juga memelihara barang atau perlengkapan tertentu.

Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Logistik

Definisi Logistik Menurut Para Ahli


Agar Anda lebih memahami apa definisi logistik, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli antara lain berikut ini:

1. Burg dalam Lysons; 2000
Menurut Burg, pengertian logistik adalah suatu integrasi dari pengadaan, transportasi, dan manajemen persediaan, serta aktifitas pergudangan dalam menyediakan alat atau cara yang berbiaya efektif, untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, baik internal maupun eksternal.

2. Christopher; 2005
Menurut Christopher, Definisi logistik adalah suatu proses yang secara strategis mengelola pengadaan, pergerakan, dan penyimpanan material, suku cadang serta barang jadi beserta aliran informasi yang terkait melalui organisasi dan juga kanal-kanal pemasarannya, dalam cara dimana keuntungan/laba perusahaan, baik untuk saat ini maupun untuk waktu yang akan datang, bisa dimaksimalkan dengan cara pemenuhan pesanan yang berbiaya efektif.

3. Donald Walters (2003:3-4)
Menurut Donald Walters, Definisi logistik adalah fungsi yang melibatkan perpindahan, dan mengatur perpindahan barang, serta penyimpanan material di dalam perjalanannya dari pengirim awal, melalui rantai pasok dan juga sampai ke pelanggan akhir.

Artikel Terkaid: Pengertian Evaluasi

Tujuan dan Manfaat Logistik


Tujuan dan Manfaat Logistik

Untuk sampai pada manfaat logistik tentunya kita perlu adanya suatu proses kegiatan logistik, agar semua tujuan agar dapat tercapai.

Rangkaian Kegiatan Logistik:


Semua kegiatan logistik adalah untuk dapat mencapai suatu tujuan, yang dimana tersedianya suatu barang yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat. Dengan begitu, maka perusahaan harus melaksanakan serangkaian kegiatan logistik, antara lain:


  • Proses pengadaan barang (procurement)
  • Kegiatan produksi (manufacturing support)
  • Distribusi (physical distribution)


Dalam pelaksanaannya, kegiatan logistik memiliki standar performa yang wajib dicapai. Adapun tingkat performa yang ingin dicapai di dalam kegiatan logistik yaitu terjadinya keseimbangan antara kualitas pelayanan dengan yang diharapkan pelanggan tentnya dengan semua biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Faktor Tingkat Performa Logistik


Menurut Bowersox, ada 2 faktor utama yang menentukan tingkat performa logistik, antara lain:

  1. Faktor pelayanan (service) adalah suatu tingkat pelayanan perusahaan kepada konsumen.
  2. Faktor biaya (cost) adalah biaya yang dihabiskan perusaaan untuk dapat menangani pelayanan kepada konsumen.


Artikel Terkaid: Pengertian Efektivitas

Aktivitas Logistik


Aktivitas Logistik

Menurut salah satu ahli yang bernama Gunawan, telah mengungkapkan bahwa ada beberapa aktivitas logistik yang saling berkaitan satu dengan lainnya.

Kegiatan logistik


Berikut ini aktivitas-aktivitas logistik tersebut antara lain sebagai berikut:


  • Pelayanan Pelanggan (Customer Service)
  • Prediksi Permintaan (Demand Forecasting)
  • Manajemen Persediaan (Inventory Management)
  • Komunikasi Logistik (Logistic Communication)
  • Penanganan Material (Material Handling)
  • Proses Pemesanan (Order Precessing)
  • Pengemasan (Packaging)
  • Komponen-komponen dan Pelayanan Pendukung
  • Seleksi Lokasi Pabrik dan Tempat penyimpanan Gudang.
  • Procurement/ Purchasing
  • Reverse Logistics
  • Transportasi (Transportation)
  • Pergudangan dan penyimpanan (Warehousing & Storage)


Artikel Terkaid: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian logistik, dan tujuan serta manfaat logistik, dan juga beberapa aktivitas logistik pada umumnya. Semoga artikel pengertian logistik ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.