√ Pengertian Data Primer dan Data Sekunder Beserta Manfaatnya -->

Advertisement

Pengertian Data Primer dan Data Sekunder Beserta Manfaatnya

Senin, 24 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Data Primer dan Data Sekunder Beserta Manfaatnya

PEMUDABERSATU.COM - Sumber data merupakan salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan di dalam penentuan metode pengumpulan data. Sumber data tersebut terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder.

Data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli /  dari pihak pertama. Data primer secara khusus dikumpulkan oleh para ahli atau peneliti untuk menjawab semua pertanyaan riset atau penelitian. Data primer tersebut dapat berupa suatu pendapat subjek riset (orang) baik secara individu maupun kelompok, hasil dari observasi terhadap suatu benda (fisik), kegiatan atau kejadian, dan hasil pengujian. Manfaat utama dari data primer ialah bahwa unsur-unsur kebohongan dapat tertutup terhadap sumber fenomena. Maka dari itu, data primer lebih mencerminkan kebenaran yang dilihatnya. Bagaimana pun juga, untuk memperoleh data primer akan dapat menghabiskan dana yang relatif lebih banyak dan tentunya akan menyita waktu yang relatif lebih lama.

Data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari peneliti, yang secara tidak langsung melalui media perantara. Data sekunder pada umumnya berupa catatan, bukti, atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip, baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan. Manfaat dari data sekunder ialah lebih meminimalkan biaya maupu  waktu, mengklasifikasikan permasalahan-permasalahan dan menciptakan tolak ukur untuk mengevaluasi data primer, serta dapat memenuhi kesenjangan-kesenjangan informasi. Apabila informasi telah ada, maka pengeluaran uang maupun pengorbanan waktu dapat dihindarinya dengan menggunakan data sekunder. Manfaat lain dari data sekunder ialah bahwa seorang peneliti dapat memperoleh informasi lain selain informasi utama.

Itulah pengertian dan manfaat dari data primer dan data sekunder yang perlu anda ketahuai. Pada hakikatnya, bahwa data primer dan data sekunder sama saja, yang terpenting adalah sumber data yang akan digunakan harus sesuai dengan penelitian yang sedang Kamu lakukan. Terimakasih.

Artikel Terkait: