√ Dampak Negatif dan Positif Keberadaan Tambang Emas - Industri Pertambangan --> -->

Advertisement

Dampak Negatif dan Positif Keberadaan Tambang Emas - Industri Pertambangan

Minggu, 16 Desember 2018

Ad1

Ad2

Dampak Negatif dan Positif Keberadaan Tambang Emas - Industri Pertambangan

Keberadaan pertambangan khususnya tambang emas, tentunya memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat, Dampak positif keberadaan tambang emas, salah satunya ialah dapat meningkatkan devisa dan menambah lapangan pekerjaaan bagi masyarkat, sedangkan dampak negatif keberadaan tambang emas, tentunya dapat menghancurkan ekosistem yang serta memiliki dampak negatif pertambangan bagi kesehatan masyarakat, lebih jelasnya tentang dampak positif dan negatif keberadaan pertambangan anda bisa melihat ulasan dibawah ini.


Dampak Negatif Keberadaan Tambang Emas Bagi Masyarakat


Dampak Negatif Keberadaan Tambang Emas Bagi Masyarakat

Dengan keberadaan tambang, khususnya tambang emas tersebut dapat menimbulkan atau sering menimbulkan beberapa masalah. Salah satu dampak yang sangat serius salah satunya adalah tambang emas merusak lingkungan. Tambang emas baik yang dikelola oleh pemerintah maupun tambang emas perusahaan asing ataupun yang ditambang secara liar oleh masyarakat, yang selalu menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Dampak pertambangan bagi kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang digunakan dapat menggangu kesehatan manusia seperti alergi atau sesak napas, selain itu dampat negatif pertambangan ialah dapat merusak ekosistem.

Salah satu bahan yang digunakan ialah raksa. Raksa yang digunakan pada saat pengolan bijih emas tersebut, dapat terlepas ke lingkungan sekitar. Untuk perusahaan pengolahan bijih emas hal ini tidak begitu dikawatirkan karena selalu mendapat pengawasan dari pihak Pemerintah,  dan yang perlu dikawatirkan adalah tambang-tambang emas liar dan yang dilakukan oleh  masyarakat yang tidak bertanggung jawab karena dampak penambangan emas liar terhadap kelestarian lingkungan adalah brainly.

Dampak polusi dari limbah penambangan emas secara liar sangat berpengaruh bagi kelasungan ekosisitem. Tambang emas yang dilakukan secara liar oleh sebagian masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Tentunya mereka menggunakan raksa untuk mengendapkan emas yang terkandung di dalam air atau lumpur. Raksa yang digunakan tersebut dapat langsung masuk ke dalam air sehingga akan ikut terbawa arus. Raksa yang terbawa arus akan sukar terurai sehingga akan membentuk senyawaan baru. Senyawa yang terbentuk dari raksa baik berupa senyawa organik dan senyawa anorganik yang dapat diserap oleh mikroorganisme-mikroorganisme yang ada didalam air tersebut. Senyawaan raksa yang diserap oleh mikroorganisme tersebut, tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme sehingga di dalam tubuhnya tetap sebagai senyawaan raksa. Maka akibatnya senyawaan ini dapat masuk ke dalam rantai makanan, dan jika mikroorganisme ini dimakan oleh ikan maka senyawaan ini akan masuk pula kedalam tubuhnya. Masuknya senyawaan ini akhirnya akan masuk ketubuh kemudian akan mengendap di dalam tubuh, apabila manusia mengkonsumsi ikan yang telah dikontaminasi oleh senyawaan raksa tersebut..Itulah salah satu dampak pertambangan bagi kesehatan.

Untuk perusahaan-perusahaan bijih emas, baik yang sudah dikelola oleh perusahaan dalam negeri maupun yang di kelola oleh luar negeri, tentunya limbah yang dihasilkan terkadang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan oleh, limbah yang hasilkan baik dari pengolahan bijih maupun limbah dari pemurnian bijih emas, langsung dibuang ke dalam saluran pembuangan tanpa diolah terlebih dahulu. Limbah ini sangat berbahaya, sebab selain raksa masih mengandung logam-logam lain yang bersifat toksit.Antara lain arsen, tembaga, dan kobalt dan tentunya juga limbah-limbah ini memiliki pH yang sangat asam, sehingga limbah ini dapat pula mengganggu kehidupan biota air. Selain adanya dampak negatif keberadaan tambang emas terhadap lingkungan dan dampak negatif pertambangan bagi kesehatan, keberadaan tambang emas ini dapat pula mengganggu kegiatan anak-anak. Apabila tidak dikontrol dengan cermat. Dengan adanya tambang emas yang dilakukan secara liar, maka anak-anak akan lebih memilih untuk menambang emas daripada mereka harus melangkah ke sekolah.

Dampak Positif  Keberadaan Tambang Emas Bagi Masyarakat

Dampak Positif  Keberadaan Tambang Emas Bagi Masyarakat.

Selain dampak negatif keberadaan tambang emas, terdapat pula sisi positif keberadaan tambang emas bagi masyarakat. Yaitu tambang emas mampu menciptakan lapangan kerja serta tambang emas dapat menambah devisa Negara. Dengan adanya tambang emas ini, maka dipelukan pekerja dalam jumlah yang lumayan banyak, hal ini tentu sangat membantu masyarakat sekitar untuk menambah penghasilan keluarganya. Hal ini tentu juga berlaku bagi penambangan emas yang dilakukan secara liar / ilegal. Selain dapat memberikan lapangan keja, tambang emas dapat pula menambah devisa negara. Sebab dengan adanya industri pertambangan maka pajak yang diberikan kepada negara juga semakin besar.