√ Penyebab Laptop Mati Secara Tiba Tiba Beserta Cara Mengatasinya -->

Advertisement

Penyebab Laptop Mati Secara Tiba Tiba Beserta Cara Mengatasinya

Atika Balqis Azizah
Kamis, 17 Januari 2019

Ad1

Ad2

Penyebab Laptop Mati Secara Tiba Tiba Beserta Cara Mengatasinya

PEMUDABERSATU.COM -  Hal yang paling menjengkelkan ialah disaat laptop tiba-tiba mati sendiri apalagi disaat kita di kejar deadline untuk segera mengerjakan pekerjaan kantor, atau disaat main games online. Tentunya dengan kejadian laptop tiba-tiba mati sendiri, akan membuat perasaan kita marah dan kecewa. Namun semua itu pasti ada penyebab laptop tiba-tiba mati sendiri serta ada solusi bagaimana untuk mengatasi. Berikut ini adalah penyebab laptop mati tiba-tiba beserta trik jitu cara mengatasi laptop mati.

Laptop mati secara tiba tiba itu memiliki banyak penyebab, berikut ini beberapa penyebab laptop mati tiba-tiba:

1. Kemampuan baterai laptop mulai menurun

penyebab laptop mati tiba tiba yang pertama

Penyebab laptop mati yang pertama adalah baterai lemah. Baterai merupakan salah satu sumber energi agar laptop dapat menyala, disaat kapasitas baterai mulai berkurang atau melemah, tentunya sistem operasi windows akan menampilkan peringatan, agar  anda untuk segera melakukan charger dengan cara menghubungkan laptop dengan charger.

Apabila anda tidak segera melakukan charger tentunya baterai akan semakin melemah serta akan mengaktifkan fitur hibernate. Disaat kemampuan baterai laptop menurun, maka secara otomatis kapasitas baterai laptop cepat habis.

Apabila baterai laptop semakain habis, maka windows tidak akan dapat melakukan penghematan baterai dan akan mengakibatkan laptop mati. Dan biasanya hal ini ditandai dengan tulisan kemampuan baterai menyimpan daya, dan hanya dengan charger yang terkoneksi maka laptop akan menyala kembali.

2. Debu yang menyumbat Cooling Pad Processor

Penyebab laptop mati tiba tiba yang kedua

Cooling Pad atau biasa disebut pendingin adalah komponen penting pada laptop. Apabila salah satu komponen mengalami peningkatan suhu, maka kinerja perangkat akan melambat. Anda pasti pernah mengalami hal semacam itu. Didalam keadaan tersebut, maka peran pendingin dalam laptop sangat dibutuhkan. Pendingin laptop itu berfungsi untuk menjaga perangkat tetap dalam suhu normal dengan cara menurunkan suhu saat suatu komponen mengalami panas berlebih.

Pendingin yang berupa kipas tersebut bekerja dengan meniupkan angin pada logam sehingga logam akan menjadi dingin kembali. Karena Cooler meniupkan angin, maka banyak kemungkinan debu terperangkap dan menumpuk didalam Cooler. Debu yang menumpuk tersebut akan menghambat putaran kipas. sehingga pendingin tidak dapat mengimbangi peningkatan suhu dalam komponen.

Dengan begitu maka Prosesor akan mengalami overheat sehingga laptop tiba-tiba mati. Hal itu merupakan bentuk antisipasi karena apabila panas tersebut tetap meningkat, ada kemungkinan besar komponen akan terbakar.

3. RAM mengalami kerusakan

Penyebab laptop mati tiba tiba yang ketiga

Penyebab laptop mati yang ketiga ini adalah gara gara RAM rusak. RAM merupakan salah satu peranan penting dalam kinerja laptop. Saat RAM mengalami masalah maka laptop tidak dapat digunakan, dan tidak dapat Booting serta tidak bisa mengakses BIOS.

Di saat RAM bermasalah pada laptop yang sedang digunakan, maka akan berakibat laptop tidak bisa melanjutkan operasi karena memori utamanya tidak bekerja sehingga laptop akan mati.

4. Sistem operasi yang bermasalah

penyebab laptop mati keempat

Penyebab laptop mati tiba-tiba yang terakhir adalah adanya suatu kegagalan sistem operasi. Banyak hal bisa mempengaruhi kegagalan sistem operasi diantaranya ialah terdapat file sistem yang Corrupt atau terhapus karena virus, dan Driver yang bentrok, atau lainnya.

Baca Juga :



Setelah Anda sudah mengetahui penyebab laptop mati, sekarang anda juga harus mengetahui Trik jitu cara mengatasi laptop mati sendiri :

1. Selalu sediakan charger laptop
Cara mengatasi laptop mati pertama

Cara mengatasi laptop mati yang pertama adalah dengan selalu menyediakan charger laptop disekitar Anda. Apabila anda meyakini bahwa baterai adalah penyebab laptop mati sendiri, maka anda perlu pertimbangkan untuk membetulkannya atau membeli baterai baru.

Pertimbangan untuk perbaiki baterai atau membeli baru sangat penting, karena baterai yang tidak berfungsi dengan baik, apabila masih digunakan terus menerus akan menambah kerusakan pada baterai laptop, dan akhirnya baterai tidak dapat menyimpan daya sama sekali.

2. Bersihkan debu dari Cooling Pad
cara mengatasi laptop mati yang kedua

Cara Mengatasi laptop yang kedua adalah dengan membersihkan debu dari cooling pad. Hal ini harus kamu lakukan secara rutin. Namun tidak semua orang dapat membuka casing laptop untuk membersihkan Cooling Pad yang ada didalamnya. Dibutuhkan suatu keahlian khusus untuk dapat membuka casing laptop karena setiap laptop memiliki cara yang berbeda.

3. Bersihkan kaki RAM dengan penghapus pensil
Cara mengatasi laptop mati yang ketiga

Anda mungkin bingung kenapa dengan menggunakan penghapus pensil? Memang cara ini sangat sederhana, namun sudah terbukti teknik ini berhasil.

Cara melakukannya dengan Anda mencabut RAM dari laptop, kemudian usap perlahan kaki RAM dengan penghapus, dengan maksud untuk membersihkan kerak yang timbul akibat panas yang berdampak pada logam kaki RAM  dan mengakibatkan timbul kerak. Cara mengatasi laptop mati ini juga membutuhkan keahlian khusus sebab tidak setiap orang dapat membuka casing laptop dan mencabut RAM.

4. Perbaikan sistem operasi atau install ulang

Anda dapat mempertimbangkan apakah laptop perlu install ulang atau hanya perbaiki sistem operasi Windows.

Semoga setelah anda sudah mengetahui penyebab laptop mati tiba-tiba beserta trik jitu cara mengatasi laptop mati. Anda akan lebih menjaga dan merawat laptop secara rutin, agar laptop anda bertahan lama dan awet.