√ Penjelasan Unsur Unsur Administasi Perkantoran --> -->

Advertisement

Penjelasan Unsur Unsur Administasi Perkantoran

Senin, 14 Januari 2019

Ad1

Ad2

Penjelasan Unsur Unsur Administasi Perkantoran


UNSUR UNSUR ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI


PEMUDABERSATU.COM - Apa saja yang masuk dalam unsur-unsur administrasi perkantoran? Sebelum kita membahas topik ini, tentunya kita harus tahu dulu apa yang dimaksud unsur itu. Pengertian unsur adalah suatu bagian dari sesuatu, sehingga gabungan dari satu kesatuan unsur membuat sesuatu itu menjadi ada.

Di dalam unsur administrasi, secara mutlak harus mencangkup hal-hal berikut ini:

  • Sekelompok manusia
  • Adanya kerjasama
  • Punya tujuan tertentu

Apabila salah satu dari tiga unsur mutlak itu tidak ada, maka suatu kegiatan sudah dipastikan tidak termasuk dalam kegiatan administrasi.

Artikel Terkaid: Pengertian Administrasi Pembangunan

Unsur Unsur Administrasi


Beberapa ahli pernah menjelaskan mengenai beberapa unsur administrasi. Berikut ini merupakan penjelasannya:

1. Sondang P Siagian
Unsur-unsur administrasi menurut Sondang P Siagian sebagai berikut:

  • Terdiri dari dua orang manusia atau lebih
  • Memiliki tujuan
  • Terdapat tugas yang akan dilakukan
  • Adanya peralatan dan perlengkapan


Sondang P Siagian telah mengungkapkan keempat unsur tersebut merupakan unsur mutlak dalam administrasi.

2. The Liang Gie
Unsur-unsur administrasi menurut The Liang Gie, memiliki 8 unsur yang saling berhubungan satu sama lain, antara lain:

  • Organisasi
  • Manajemen
  • Komunikasi
  • Kepegawaian
  • Keuangan
  • Perbekalan
  • Ketatausahaan
  • Hubungan Masyarakat (Humas)


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Administrasi


Penjelasan Unsur-Unsur Administrasi



Agar dapat lebih memahami masing-masing unsur administrasi maka Anda perlu menguraikannya satu persatu penjelasan seperti berikut ini:

1. Organisasi

Pengertian organisasi ialah suatu tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk melakukan kerjasama dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Maka di dalam suatu organisasi ini terdapat kegiatan yang berhubungan dengan pengaturan, dan penyusunan, serta pembagian tugas dari suatu usaha kerjasama di dalam upaya untuk dapat mencapai tujuan tertentu.

2. Manajemen

Pengertian manajemen adalah suatu proses mengatur sesuatu yang dilakukan oleh organisasi atau sekelompok orang untuk dapat mencapai tujuan bersama. Kegiatan dalam manajemen adalah sebagai penggerak segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

3. Komunikasi

Pengertian komunikasi merupakan suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, ataupun sebuah gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. Komunikasi di dalam aktivitas administrasi bisa dilakukan secara verbal, melalui bahasa tubuh, maupun dilakukan secara tertulis.

4. Kepegawaian

Pengertian kepegawaian adalah suatu proses yang berhubungan dengan pengaturan tenaga kerja di dalam perusahaan /organisasi. Proses kepegawaian dalam organisasi dimulai dari mulai penerimaan, pengangkatan, penempatan, dan pembimbingan, pengarahan, promosi, hingga pemberhentian/ pensiun.

5. Keuangan

Pengertian keuangan dalam administrasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan suatu pembiayaan di dalam hubungan kerjasama, diantaranya; cara mendapatkan biaya, dan pertanggungjawaban biaya, serta pengelolaan segi pembayaran,  bahkan penentuan sumber-sumber biaya, dan lain-lain.

6. Perbekalan

Pengertian perbekalan adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perlengkapan serta peralatan yang diperlukan organisasi. Beberapa kegiatannya adalah pengadaan barang dan penyimpanan barang, hingga pemusnahan barang yang tidak diperlukan lagi.

7. Ketatausahaan

Pengertian ketatausahaan dalam administrasi adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan atas penyelenggaraan usaha. Seperti, pencatatan, penyimpanan, pengiriman, dan lain sebagainya. Biasanya kegiatan tata usaha ini biasa disebut dengan office work yang dilakukan dalam kantor.

8. Hubungan Masyarakat (Humas)

Pengertian Humas / public relation adalah suatu bagian dari organisasi yang fungsinya untuk melakukan interaksi, dan hubungan, serta kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi itu. Tujuan dari kegiatan humas tersebut ialah untuk mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat terhadap organisasi itu secara sadar dan sukarela.

Artikel Terkaid: Pengertian Sistem Infomasi Manajeman

Itulah ulasan penjelasan mengenai unsur-unsur administrasi perkantoran secara ringkas dan jelas. Pada dasarnya unsur-unsur itu terdapat pada hampir semua jenis administrasi, mulai dari administrasi perkantoran, administrasi pendidikan, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.