√ Pengertian Administrasi Pembangunan Beserta Fungsi dan Ruang Lingkupnya --> -->

Advertisement

Pengertian Administrasi Pembangunan Beserta Fungsi dan Ruang Lingkupnya

Senin, 14 Januari 2019

Ad1

Ad2

Pengertian Administrasi Pembangunan Beserta Fungsi dan Ruang Lingkupnya

PEMUDABERSATU.COM - Topik kali ini saya bilang lumayan menyenangkan, karena kita akan membahas pengertian admintrasi pembangunan secara lengkap. Disuatu negara tentunya menginginkan adanya infrastruktur yang begitu megah, sebab merupakan salah satu faktor kemajuan Negara, didalam infrastruktur tentu juga ada tata cara dalam pengelolaan admintrasi pembangunan. Maka dari itu untuk kali ini saya akan membahas pengertian administrasi pembangunan beserta Ruang lingkupnya secara lengkap.

PENGERTIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN


PENGERTIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

Bicara tentang administrasi pembangunan tentunya ini akan erat hubungannya dengan suatu upaya dan kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah dan semua jajarannya. Selain pemerintah, dalam upaya pembangunan juga sangat dipengaruhi oleh dunia bisnis, cendikiawan, teoritis, khususnya dalam bidang ekonomi, dan tentunya juga bagi masyarakat secara keseluruhan.

Admintrasi Pembangunan Secara Umum


Apakah yang dimaksud dengan administrasi pembangunan itu? Pengertian Administrasi Pembangunan Secara Umum adalah segala usaha yang dilakukan oleh suatu negara atau pemerintah dalam rangka untuk bertumbuh, dan berkembang, serta berubah ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan memiliki kemajuan pada aspek-aspek kehidupan berbangsa.

Artikel Terkaid: Pengertian Perencanaan

Administrasi Pembangunan Menurut Para Ahli


Untuk dapat lebih memahami apa arti administrasi pembangunan, maka Anda bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini merupakan definisi administrasi pembangunan menurut para ahli:

1. J. B. Kristadi
Definisi administrasi pembangunan menurut J. B. Kristadi adalah administrasi negara yang dapat mendorong ke arah proses perubahan serta pembaharuan dan juga penyesuaian yang merupakan pendukung suatu perencanaan.

2. Sondang P Siagian
Definisi Administrasi Pembangunan menurut Sondang P Siagian merupakan suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang terencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah untuk menuju modernitas di dalam rangka pembinaan bangsa (nation-building).

3. Bintoro Tjokroamidjojo
Pengertian Administrasi Pembangunan menurut Bintoro Tjokroamidjojo adalah suatu proses pengendalian usaha (administrasi) oleh negara atau pemerintah untuk mewujudkan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik serta dianggap sebagai kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.

4. Edward W. Weidner
Menurut Edward W. Weidner, Definisi administrasi pembangunan suatu penggambaran sebagai suatu pengembangan yang administratif dan administrasi di dalam program pengembangan.

5. Paul Meadows
Menurut Paul Meadows, pengertian administrasi pembangunan adalah suatu kegiatan mengatur masyarakat di bidang ekonomi dan perubahan sosial di dalam hal menetapkan suatu kebijakan publik.

Artikel Terkaid: Pengertian Analisis Data

Fungsi dan Ruang Lingkup Administrasi Pembangunan


Fungsi dan Ruang Lingkup Administrasi Pembangunan

Setelah kita memahami pengertian administrasi pembangunan, kita ketahap selanjutnya yaitu fungsi dan ruang lingkupnya agar Anda dapat mengetahui manfaat dari admintrasi pembangunan itu.

Fungsi Utama Administrasi Pembangunan


Menurut seorang ahli yang bernama Bintoro Tjokroamidjojo ada 4 fungsi utama administrasi pembangunan, antara lain adalah:

1. Kepemimpinan Administratif, yang meliputi:

  • Kepemimpinan Inovatif
  • Administrator Pembangunan


2. Pendayagunaan Kelembagaan, yang meliputi:

  • Organisasi-organisasi pemerintah diupayakan untuk dapat melaksanakan serta meningkatkan pembangunan.


3. Pendayagunaan Kepegawaian, yang meliputi:

  • Pengadaan
  • Pembinaan
  • Pendidikan dan Latihan


4. Pendayagunaan Ketatalaksanaan

  • Apabila dihubungkan dengan organisasi maka biasa disebut dengan masalah organisasi dan tatalaksana, termasuk prosedur serta tata kerja.


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Kinerja

Bagi seorang penyelenggaraan proses pembangunan, maka dibutuhkan Administrasi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembanguan, hal ini mencakup sebagai berikut:

Administrasi perencanaan dan program pembangunan. Seperti, kemampuan dan mekanisme analisis, serta sebuah pembentukan kebijakan pembangunan, dan sistem perencanaan dan penganggaran.

Administrasi pembiayaan pembangunan. Seperti, penyaluran biaya untuk keperluan segala aktivitas pembangunan yang sifatnya berbeda.

Administrasi program dan proyek pembangunan, termasuk dalam tata cara koordinasinya.

Administrasi sistem pengawasan dan pengendalian, dalam pengawasan atasan langsung fungsional.

Ruang Lingkup Administrasi Pembangunan


Secara umum ada 2 fungsi administrasi pembangunan, antara lain Pembangunan Administrasi dan Administrasi di bidang Pembangunan. Kedua fungsi tersebut saling berhubungan dan saling melengkapi di dalam proses pembuatan kebijakan.

Jadi, di sini terdapat dua poin penting yang harus dibedakan, yaitu antara Administrasi Bagi Pembangunan dan Pembangunan di Bidang Administrasi. Berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Administrasi Bagi Pembangunan

Dalam hal ini, Administrasi bagi pembangunan tersebut memiliki arti bahwa suatu kegiatan administrasi dilakukan dari dan untuk pembangunan. Dalam pelaksanaan pada umumnya menggunakan pendekatan manajemen sebab akan berhubungan dengan manajemen pembangunan, yang mencakup hal hal seperti:

  • Perencanaan Pembangunan
  • Pengerahan Sumber Daya
  • Penganggaran


2. Pembangunan Administrasi

Berkaitan dengan pembaharuan administrasi sebagai suatu tindak lanjut dari pembangunan administrasi, yaitu adanya suatu perubahan birokrasi dengan unsur:

  • Birokrasi harus dapat mendorong partisipasi masyarakat.
  • Birokrasi seharusnya tidak berpihak pada yang kuat, akan tetapi lebih berorientasi kepada yang kurang berdaya.
  • Birokrasi berperan di dalam mengarahkan serta memberdayakan masyarakat.
  • Birokrasi seharusnya terbukan dan bertanggungjawab.


Artikel Terkaid: Pengertian Manajemen Operasional

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian administrasi pembangunan, dan fungsi administrasi pembangunan, beserta ruang lingkup administrasi pembangunan. Semoga dapat bermanfaat.