√ Tips Mudah Cara Menghemat Baterai Smartphone Untuk Beberapa Hari -->

Advertisement

Tips Mudah Cara Menghemat Baterai Smartphone Untuk Beberapa Hari

Rabu, 16 Januari 2019

Ad1

Ad2

Tips Mudah Cara Menghemat Baterai Smartphone Untuk Beberapa Hari

PEMUDABERSATU.COM - Hampir 90% pengguna smartphone selalu mengeluh karena baterai ponselnya sering kehabisan diperjalanan. Bahkan tidak semua orang juga belum mengetahui cara menghemat baterai android secara maksimal. Selama ini pengguna ponsel untuk menghemat baterai smartphonenya dengan menggunakan perangkat baterai portabel atau biasa disebut dengan powerbank.

Padahal ada beberapa cara menghemat baterai hp yang sudah terbukti keakuratannya, Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan membagikan tips mudah cara menghemat baterai smartphone untuk beberapa hari. Silahkan cermati ulasan mengenai cara menghemat baterai ponsel dengan mudah.

#1 Matikan sinyal radio HP

cara menghemat baterai hp samsung dengan mematikan sinyal

Disaat kita berada disuatu daerah, kadang smartphone bisa kehilangan sinyal secara tiba-tiba, hal ini terjadi dikarenakan menara pemancar sinyal berada jauh dari lokasi smartphone, atau mungkin karena trafliknya sedang penuh, Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab baterai smartphone cepat habis, karena smartphone akan selalu mencari sinyal secara terus menerus.

Maka dari itu agar anda dapat menghemat baterai ponsel, disarankan untuk mematikan sinyal radio pada smartphone anda hingga Anda meyakini sudah menemukan lokasi yang tepat untuk mendapatkan sinyal kembali. Dan jangan lupa anda juga mematikan fitur wifi dan bluetooth karena kedua perangkat tersebut juga salah satu yang dapat membuat baterai smartphone cepat habis. Langkah pertama untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan mematikan sinyal hp.

#2 Aktifkan Airplane Mode Smartphone


Apabila anda bingung cara mematikan sinyal radio atau fitur fitur sinyal yang berada pada smartphone, Anda cukup dengan menekan salah satu mode android anda, mode itu adalah airplane mode. Dengan menyalakan Airplane Mode, maka semua sinyal radio, baik GSM, WiFi, maupun Bluetooth, akan langsung mati secara otomatis. dan tentunya cara kedua menghemat baterai ini dibilang sangat efisien.

#3 Matikan fitur getar (vibrate) Ponsel

Cara mengehemat baterai android dengan Matikan fitur getar (vibrate) Ponsel

Fitur getar ini terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon maupun pesan yang masuk pada saat pengguna sedang rapat atau berada di tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan silent. Akan tetapi, sebenarnya fitur getaran ini sangat membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. dan berdasarkan fakta, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya matikan fitur getar yang ada di smartphone, karena ini merupakan salah satu cara mengemat baterai.

#4 Tutup aplikasi Android yang jarang dipakai

cara menghemat baterai smartphone dengan menutup aplikasi

Para pengguna smartphone tentunya memiliki banyak aplikasi di ponselnya, misalnya aplikasi viva video atau aplikasi pengecekan skor pertandingan sepak bola livescore. Dan kemungkinan besar bahwa aplikasi tersebut di gunakan diwaktu tertentu saja. Sebaiknya tutup aplikasi tersebut sebab sebenarnya aplikasi itu tetap berjalan di background, meskipun anda mempergunakannya seminggu sekali. Dan juga sebalikan jangan sering menutup aplikasi yang sering anda gunakan, karena itu juga penyebab baterai cepat habis.

Di saat sebuah aplikasi dimatikan, maka data-data program bersangkutan dihapus dari memori (RAM). Dan bila aplikasi itu kemudian dipanggil lagi, maka perangkat terpaksa "memanggil ulang" data-data yang diperlukan dan menyimpannya di dalam RAM. Ini tentunya membutuhkan pemrosesan sistem. Memang sih berjalan di background berarti menyerap baterai, akan tetapi tidak akan menghabiskan baterai sebesar saat pengguna menutup dan membuka kembali sebuah aplikasi secara berulang-ulang.

#5 HP Jangan di Buat Streaming

HP Jangan di Buat Streaming agar baterai tidak cepat habis

Kurangi kegiatan streaming jika Anda tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video dan mendengarkan musik via layanan streaming memang sangat menyenangkan, namun kegiatan ini akan "memaksa" sistem ponsel terus bekerja dan dapat membuat baterai cepat habis.

#6 Redupkan Layar Smartphone

Redupkan Layar Smartphone agar baterai smartphoe tahan lama

Tentunya memiliki tampilan layar yang cerah sangat menyenangkan karena dapat mempermudah kita melihat tampilan android dengan sangat jelas, namun yang perlu diketahui bahwa semakin tampilan layar smartphone cerah maka akan membuat baterai cepat habis, Maka dari itu, jika anda menginginkan baterai anda awet. Silahkan gunakan cara menghemat baterai ponsel dengan meredupkan atau mematikan layar ponsel apabila sedang tidak digunakan.

Itulah tips mudah cara menghemat baterai smartphone untuk beberapa hari, semoga dengan adanya artikel ini anda dapat mempergunakan baterai secara benar, karena baterai merupakan sumber utama kehidupan HP Smartphone.

Baca Juga:

  1. Cara Menggunakan Android Untuk Mouse dan Keyboard
  2. Jenis Jenis Aplikasi Antivirus untuk smartphone
  3. Trik Mudah Cara Mengembalikan File terhapus di android