√ Belajar Pelajaran IPA Termudah Dan Dari Yang Paling Sederhana --> -->

Advertisement

Belajar Pelajaran IPA Termudah Dan Dari Yang Paling Sederhana

Rabu, 12 Desember 2018

Ad1

Ad2

Belajar Pelajaran IPA Termudah Dan Dari Yang Paling Sederhana

PEMUDABERSATU.COM - Pelajaran IPA sering juga di bilang sebagai pelajaran yang sulit selain pelajaran matematika.  Jarang sekali para siswa yang lantang dan tegas mengatakan bahwa pelajaran  IPA itu mudah.  Padahal, sebetulnya  tidaklah demikian.

Ilmu Pengetahuan Alam yang terdiri dari Fisika,  Biologi, dan Kimia adalah pelajaran yang bisa dibilang pelajaran yang menarik karena ketiga pelajaran tersebut  meliputi segala sesuatu yang ada di dalam diri kita sendiri dan tentunya di sekitar kita juga, mulai dari bagian yang paling kecil  seperti (partikel penyusun atom, dll ) dan hingga yang paling besar seperti  (alam semesta).

Namun, tak jarang pula, bahwa ilmu ini menjadi momok yang menakutkan dan sangat menyeramkan bagi sebagian siswa / murid karena alasan tertentu. Sebagian besar orang mengatakan bahwa untuk bisa mempelajari ilmu ini, memperlukan kecerdasan yang lebih. Apakah itu benar?

Pelajaran IPA sebenarnya bisa dianggap mudah, karena IPA terdiri dari sebuah komponen pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Maka dari itu mempelajari pelajaran IPA pun bisa lebih mudah jika kita menggunakan metode yang tepat.

IPA merupakan ilmu pengetahuan alam yang hanya mempelajari sesuatu  yang terjadi di alam ini, baik dari aktivitas kita maupun melalui dari sebuah penggambaran .

Sebagai contoh, coba anda perhatikan sebuah roda yang berputar pada porosnya, mengapa roda tersebut akan selalu dan terus berputar menggelinding di jalan yang menurun (miring)? Tentu saja kejadian tersebut karena jalan merupakan suatu bidang miring sehingga roda yang bulat dapat turun oleh gaya tarik gravitasi bumi.

Begitu pula dengan apa yang selalu dirasakan oleh setiap makhluk hidup dimuka bumi ini, yaitu bernapas, minum dan makan. Hal-hal tersebut dapat mewakili berbagai bahasan dalam IPA ketika para siswa kebingungan dalam belajar IPA, hal tersebut dapat membantunya.

Baca Juga Pengertian Ilmu Sosial

Dalam sebuah kesempatan aktivitas tertentu, anda juga bisa membantu mengajarkan IPA dengan mudah kepada orang lain. Sebagai contoh ketika Anda di dapur, perlihatkan sebuah wajan penggorengan tanpa lapisan penahan panas, dengan sebuah wajan penggorengan lainnya yang memiliki pegangan penahan panas atau yang  berlapis isolator.

Anda  Anak IPA Namun Anda Mau Kuliah Jurusan Sosial?


Bebaskan Rasa Ingin Tahu

Anda akan lebih jelas mengetahui apa yang disebut dengan isolator dan konduktor  sederhana. Inti dari sebuah pembelajaran adalah sebuah perubahan, yang awalnya belum mengerti, akan menjadi mengerti  dan yang belum paham, akan menjadi paham.

Biarkan kalian mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran kaliyan, biarkan ia mengeksplorasi lebih dalam, namun kita tetap mengawasi untuk keselamatannya.

Contoh lain yang bisa kita ambil, dari aktivitas keseharian seperti ketika kalian berjalan-jalan di lingkungan sekitar dekat rumah. Ketika melihat seekor bebek, kalian tahu bahwa bebek merupakan seekor hewan yang bertelur. Lalu kalian melihat seekor kuda, yang  tentu hewan yang  melahirkan atau beranak.

Kemudian tariklah sebuah kesimpulan bahwa setiap hewan yang telinganya tidak terlihat, merupakan hewan bertelur (ovipar). Sedangkan hewan yang terlihat telinganya adalah hewan melahirkan atau beranak (vivipar). Kemudian kalian akan sangat mudah menemukan contoh-contoh hewan lainnya yang termasuk ke dalam 2 (dua) jenis hewan tersebut, seperti katak, ikan, , ular, cicak, kucing, kerbau, kelinci atau kuda.

Biologi merupakan Hal yang Menyenangkan.


Karena sebagian besar materi biologi adalah teori, maka sering-seringlah kalian membaca. Semakin sering  kaliyan membaca, maka akan semakin hapal, seperti hafalnya kalian pada sebuah rute jalan menuju ke sekolah yang setiap hari kalian melaluinya.

Pada pelajaran Biologi, banyak terdapat istilah yang menggunakan bahasa Asing (latin) dan seringkali sulit untuk menghafalkan, maka dari itu buatlah semacam kartu istilah Biologi. Sebuah kartu dengan ukuran kecil yang mudah d masukan kedalam saku atau dibawa. Setiap kartu memuat beberapa istilah. Dam sering-seringlah kaliyan membaca kartu, di setiap ada kesempatan. Semakin sering dibaca, maka semakin lebih cepat pula hafalnya.

Kalian perlu membuat kartu siklus/daur/ skema /proses-proses yang terjadi di Biologi, seperti siklus metagenesis, metamorphosis, siklus hidup hewan-hewan avertebrata, dan lain-lain. Sering-seringlah membacanya agar cepat hafal..

Kemudian kaliyan menghafalkan istilah-istilah Biologi di setiap aktivitas yang dikerjakan. Seperti, ketika pergi ke dapur, sedang membantu memasak, sambil  kaliyan memotong sayur juga sambil menghafalkan nama ilmiahnya, bisa juga ketika kalian sedang makan, sambil mengingat, enzim-enzim apa sajakah yang bekerja di mulut, usus halus, lambung, dll.

Baca Juga Materi Ilmu Ilmiah Dasar

Memahami  sebuah peta konsep dari materi yang dipelajari. Yakinkan diri kaliyan bahwa kalian sudah mempelajari setiap bagian dari peta konsep tersebut dan kaliyan sudah memahaminya. Apabila ada bagian dari peta konsep yang belum kalian pahami, maka segera , minta penjelasan atau bertanya kepada  guru/orang yang kalian yang sekiranya bisa membantu.

Gunakanlah imajinasi kalian untuk memahami setiap materinya. Dan usahakan untuk setiap hal yang dipelajari anda bisa melihatnya dalam bentuk  model, gambar,  atau benda aslinya, sebab ilmu Biologi adalah ilmu yang bukan imajiner melainkan riil.

Dengan kaliyan belajar Biologi, usahakan amati apa saja yang terjadi pada tubuh kalian, dan juga  di lingkungan sekitar kalian, sebab penerapan ilmu Biologi dapat diamati dalam tubuh kalian, dari materi yang paling kecil seperti DNA, hingga pada keseluruhan kehidupan di permukaan bumi ini (biosfer).

Mudah bukan mempelajari ilmu biologi? Seluruh kegiatan kalian dari bangun tidur hingga anda tidur kembali, maupun ketika tubuh kalian beraktivitas, bergerak, dan berpikir, pelajari semua itu sebagai bagian dari ilmu Biologi, dan yang akan selalu berkaitan dengan materi pelajaran Biologi.

Semakin Anda menemukan banyak pertanyaan dari apa yang terjadi pada tubuh Anda, itu merupakan awal dari sebuah kepandaian. Dan carilah segera jawabannya, dengan membaca maupun bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Fisika Dapat Membuatmu Bahagia.


Materi fisika terbagi dalam rumus dan materi teori. Jangan pernah mencoba memisahkan keduanya sebab masing-masing itu selalu saling berkaitan. Pelajarilah keduanya secara bersama-sama.

Bagi materi yang berupa sebuah teori, pelajarilah teori itu seperti mempelajari materi biologi. Semakin kalian sering membaca dan semakin sering menggunakan, maka  teori itu akan lebih kuat tersimpan di dalam memori ingatan kaliyan.

Kisi-Kisi Ujian Nasional Fisika Ini

Kaliyan harus memahami peta konsep dari materi yang dipelajari. Dan yakinkan bahwa kalian sudah mempelajari setiap bagian dari peta konsep tersebut dan juga sudah memahaminya. Apabila ada bagian dari peta konsep yang belum di pahami, segeralah minta penjelasan kembali dari guru atau orang yang kalian sekiranya bisa membantu.

Materi yang berupa rumus atau hitungan, kaliyan harus hafalkan rumusnya. Ada beberapa metode untuk menghafalkan rumus dengan mudah :

Hafalkan besaran-besaran dalam fisika dan pahami. Kemudian kaitkan symbol besaran dengan istilah dalam bahasa Inggris, karena itu dapat saling berkaitan. Sebagai contoh, symbol untuk besaran daya yaitu P = Power

Untuk sebuah symbol  satuan maupun besaran yang berupa huruf  Yunani, pastikan anda bisa melafalkan dengan baik dan menuliskannya dengan benar, serta menghafalkan kemudian menerapkannya dengan tepat dalam rumus.

Hafalkan satuan-satuan dalam fisika dan pahamilah. Pahami pula yang bukan satuan SI maupun satuan SI.

Jika kaliyan lupa dengan rumus, maka ingatlah bentuk satuannya. Karena bentuk satuan itu dapat menunjukkan bagaimana rumusnya. Sebagai contoh: satuan massa jenis adalah “m3/kg” maka rumusnya adalah perbandingan antara besaran satuan m3 dan besaran yang satuannya “kg” , maka rumusnya yaitu perbandingan massa dan volume, r = m/V.

Membuat daftar khusus tentang symbol,  besaran, dan satuannya. Jika memungkinkan buatlah dalam bentuk kartu yang mudah dibawa / dimasukan kedalam saku.

Pada rumus-rumus tertentu, juga sangat berkaitan dengan hukum-hukum fisika. Jika hafal rumusnya maka secara otomatis kaliyan akan hafal bunyi hukum-hukum tersebut. Sebagai contoh : Bunyi hukum Coulomb sama dengan rumus Gaya Coulomb.

Sebagai  materi  Fisika merupakan hitungan. Semua hitungan dalam Fisika tersebut dihitung secara matematis, maka kuasai operasi hitung matematika sampai paham. Dan akan lebih baik lagi jika kalian juga dapat menguasai konversi satuan dengan matang. Ini merupakan penghitungan secara matematis.

Pelajari dan kuasailah teknik menghitung dengan cepat (pengurangan, penjumlahan, pembagian, perkalian). Lakukanlah percobaan sederhana dengan sesuatu yang sederhana tentang hal-hal yang ada di sekitar dan yang berkaitan dengan fisika, seperti : aliran kolor, pemuaian, atau mengamati prinsip kerja tuas.

Mengaitkan kejadian yang terjadi sehari-hari dengan materi fisika, sebagai contoh : perubahan energi pada lampu, kulkas, computer,  kipas angin, televis, dan benda-benda lain yang ada di dalam rumah kaliyan.

Gunakanlah imajinasi kalian untuk memahami konsep-konsep fisika, sebab fisika adalah ilmu yang pasti dan riil. Apabila kalian melihat genangan minyak di atas air, maka gunakan imajinasi kalian untuk memahami konsep masa jenis zat, dan juga untuk contoh-contoh yang lain.

Pengertian Ini merupakan hal-hal yang paling menarik untuk belajar IPA. Maka, jadilah dokter,  ilmuan, Menteri Kesehatan , dll.