√ Pengertian Genetika Menurut Para Ahli Dan Ruang Lingkup Beserta Contohnya -->

Advertisement

Pengertian Genetika Menurut Para Ahli Dan Ruang Lingkup Beserta Contohnya

Selasa, 04 Desember 2018

Ad1

Ad2

Pengertian Genetika Menurut Para Ahli Dan Ruang Lingkup Beserta Contohnya
Pengertian Genetika Menurut Para Ahli Dan Ruang Lingkup Beserta Contohnya


Pemudabersatu.com - Istilah Genetika disebut juga sebagai ilmu keturunan, yang berasal dari kata genos (bahasa latin) yang artinya suku bangsa atau asal-usul. Dalam ilmu ini dipelajari bagaimana sifat keturunan (hereditas) itu diwariskan kepada anak cucu, serta variasi yang mungkin timbul didalamnya. Ilmu  Genetika ini tak cocok diterjemahkan dengan ilmu kebakaan, karena sebagaimana tampak nanti, bahan sifat keturunan itu tidaklah bersifat baka. Karena Ilmu Genetika selalu mengalami perubahan, berangsur atau mendadak. Seluruh makluk bumi mengalami evolusi, termasuk manusia. Evolusi itu terjadi karena perubahan bahan sifat keturunan, dan dilaksanakan oleh seleksi alam.

Mengapa Kita Mempelajari Genetika?


Pertanyaan tentang genetika manusia yang sering di utarakan, Apa Kegunaan Genetika? Genetika perlu dipelajari, agar kita dapat mengetahui sifat-sifat keturunan kita sendiri serta setiap mahluk hidup yang berada di lingkungan kita. Kita sebagai manusia tak hidup autonom dan terisolir dari mahluk lain sekitar kita, tapi kita menjalani ekosistem dengan mereka. Karena itu selain kita harus mengetahui sifat-sifat menurun dalam tubuh kita, juga pada tumbuhan dan hewan. 

Lagi pula prinsip-prinsip genetika itu dapat disebut sama saja bagi seluruh mahluk. Karena manusia sulit dipakai sebagai obyek atau bahan percobaan genetis, kita mempelajari hukum-hukumnya lewat sifat menurun yang terkandung dalam tubuh tumbuhan dan hewan sekitar. Genetika bisa sebgai ilmu pengetahuan murni ia harus ditunjang oleh ilmu pengetahuan dasar lain, seperti kimia, fisika dan matematika, juga ilmu pengetahuan dasar dalam bidang genetika biologi sendiri seperti fisiologi, anotomi, embriologi dan evolusi.

Sejarah genetika mengungkapkan bahwa, dulu yang biasa dipergunakan sebagai bahan percobaan genetika hanya tumbuhan. Karena tumbuhan mudah ditanam, mudah di kontrol suasana lingkungannya dan mudah pula dibuat penyerbukan bunganya. Baru tahun 1905 mulai pakai hewan, sejak W.E Cast Le memperkenalkan lalu buah Drosophila. Ternyata lalat yang sangat bisa kita jumpai mengerumini pisang, pepaya, tomat, nasi basi atau tempat sampah kita dirumah, baik sekali dipakai untuk percobaan genetik.

Menurut Para Ahli Keuntungan Drosophila dipakai buat bahan percobaan Genetika ialah :


  1. Mudah membiak di laboratorium dengan bahan makanan sederhana.
  2. Seekor induk bertelur ribuan butir semasa hidupnya.
  3. Berkembang biak cepat, terdapat 20-25 generasi setahun.
  4. Jumlah kromoson relatif sedikit, yakni 3 sampai 4 pasang saja.
  5. Kromosom yang terdapat dalam sel-sel kelenjar ludah kasarnya ada 100 x besar kromosom biasa, disebut kromosom raksasa, sehingga tabiat kromosom itu mudah diamati di bawah mikroskop biasa.



Ada Contoh genetika bahan percobaan lain, yang bertahun-tahun mutakhir yang banyak dipakai ialah virus, bakteri dan jamur. Mikroba ini lebih cepat berkembang biak dan berketurunan jauh lebih berlipat ganda dari pada Dropsophila diatas. Virus yang dipakai ialah bacteriophaga (parasit pada bakteri) bakterinya banyak dari jenis Escherichiacoli (bakteri yang hidup dalam colon kita).

Pengertian Genetik Manusia Sebagai Obyek


Berikut ringkasan tentang genetik manusia sebagai obyek penelitian genetik. Dalam menyelidiki genetik manusia sering para ahli melakukan perbandingan dan deskripsi dengan sifat keturunan yang ditemui pada hewan dan tumbuhan. Karena manusia sebagai obyek penyelidikan itu terlalu sukar karena ada beberapa alasan, salah satunya manusia jarang sekali yang mau diketahui cacat atau kelainan suatu kartakter pada tubuhnya atau keluarganya, maka dari itu para ahli genetika menemui kesukaran untuk mengumpulkan data.

Meski materi genetika manusia sebagai obyek penyelidikan genetika sangat sukar dibandingkan dengan tanaman dan hewan, namun kini sudah mulai berkembang suatu cabang genetika pada manuisa dimasa depan akan makin baik dan sebaliknya karakter-karakternya yang tak menguntungkan atau merugikan agar berkurang di masyarakat. Cabang ilmu dan usaha mengenai itu disebut Eugenics.

Eugenics adalah


Eugenics merupakan genetika biologi yang usaha dengan manusia sendiri sebagai obyek. Umpannya bagaimana agar orang yang darahnya suka sekali membeku jika luka, sehingga banyak pendarahan, berkurang jumlahnya. Untuk itu diusahakan agar orang yang didalam tubuhnya ada membawa sifat keturunan itu jangan kawin. Atau kalau kawin jangan berketurunan. Atau kawin jangan dengan orang yang dikira ada membawa pula sifat buruk tadi, sehingga keturunan mereka tidak menerima penggabungan sifat buruk dari kedua pihak orang tua kelak.

Konsep genetika dan sejarah genetika dari abad XIX akan kita bahan di artikel selanjutnya. Demikianlah pengertian genetika manusia menurut para ahli dibidangnya.