√ Langkah Awal Cara Mendirikan Usaha Yang Benar dan Tepat -->

Advertisement

Langkah Awal Cara Mendirikan Usaha Yang Benar dan Tepat

Selasa, 09 Oktober 2018

Ad1

Ad2

Langkah Awal Cara Mendirikan Usaha Yang Benar dan Tepat
Cara Mendirikan Usaha

Munculnya sebuah usaha tidak terlepas dari cara mendirikan usaha yang memperlukan perhitungan yang matang. Karena dengan mendirikan sebuah usaha tentunya akan semakin meningkatnya pendapatan masyarakat. Dengan muncul bisnis-bisnis baru maka para investor dan calon pengusaha yang ingin melakukan investasi selalu melakukan pembicaraan dengan konsultan bisnis, mulai dari cara mendiririkan usaha, studi kelayakan seperti melakukan pengamatan tempat-tempat yang strategis, dan masih banyak lagi perhitungan-perhitungannya. Cara Mendirikan Usaha  harus memperhatikan kelayakan usaha yang akan digelutinya, menentukan lokasi usaha yang strategis dan masih banyak lagi.

Langkah Awal Memulai Usaha


Untuk melakukan usaha tentunya memerlukan analisa-analisa agar apa yang diinginkan untuk usaha kita, dapat berjalan lancar, berikut Langkah awal memulai usaha yang perlu diperhatikan.

A. Membuat Kelayakan Usaha


Sebelum memulai kewirausahaan, anda perlu melakukan studi kelayakan bila akan mendirikan usaha kecil, tindakan ini berkaitan dengan memperlajari hal tentang usaha tersebut, kemudian menyusun rencana, mengumpulkan data dan menganalisanya. Setelah itu baru anda memutuskan untuk merealisasikannya dengan mendirikan atau membatalkannya. Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam membuat studi kelayakan Usaha :
  • Pemasaran.
  • Teknis.
  • Manajemen.
  • Ekonomi.
  • Hukum.

Baca Juga Dasar Hukum UMKM


B. Memilih Lokasi Usaha


Proses mendirikan usaha tak lepas dari apa namanya lokasi usaha karena lokasi usaha sangat penting karena berkaitan dengan efisensi bahan baku, transportasi dan pemasaran, Dengan biaya murah berarti akan meningkatkan daya saing karena harga produk lebih rendah, laba akan meningkat bila persaingan tidak terlalu banyak. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih lokasi usaha.
  • Bahan Baku
  • Pasar
  • Transportasi
  • Lingkungan
  • Faktor Lain


C. Memilih Tenaga Kerja


Setelah anda membaca cara membuat perusahaan sendiri diatas, maka selanjutnya anda perlu tahu cara menentukan tenaga kerja. Karena usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar, tentunya diperlukan tenaga kerja sesuai kemampuan dan kebutuhannya, selain itu, perlu pula mengetahui posisi / Jabatan tenaga kerja tersebut dan jumlahnya, maka dari itu sebaiknya disusun tugas-tugas dari setiap tenaga kerja dan besarnya jasa/gaji yang akan diterima
  • Pembagian Kerja
  • Syarat Tenaga Kerja
  • Mencari Tenaga Kerja

Baca Juga Pengertian dan Kriteria UMKM

Cara Memilih Tenaga Kerja Agar Usaha Berjalan Lancar.

  1. Buatlah daftar kegiatan perusahaan secara rinci, kemudian kelompokan berdasarkan tugasnya
  2. Buat Uraian Tugas pada masing-masing bagian
  3. Sesuaikan Jumlah tenaga kerja dengan kebutuhan dan dana
  4. Tentukan syarat minimum
  5. Cari tenaga kerja yang baik dan resmi
  6. Berikan latihan dan pendidikan jika diperlukan
  7. Berikan masa percobaan , untuk menilai kemampuannya

Itulah langkah awal cara mendirikan usaha, tentunya memperlukan proses perhitungan yang mantang.