√ Bagian Bagian Kromosom Beserta Ciri ciri dan Bentuk Pada Kromosom -->

Advertisement

Bagian Bagian Kromosom Beserta Ciri ciri dan Bentuk Pada Kromosom

Rabu, 05 Desember 2018

Ad1

Ad2

Bagian Bagian Kromosom Beserta Ciri ciri dan Bentuk Pada Kromosom

PEMUDA BERSATU - Kromosom mengandung puluhan sampai ratusan ribu gen, dan memiliki banyak bagian-bagian kromosom. Apa yang di maksud gen? Pengertian Gen itu sendiri adalah unit bahan genetis dan istilahnya diperkenalkan pertama kali oleh ilmuwan yang bernama W.Johanssen. Kromosom terbentuk selalu di masa pembelahan sel, dan biasanya diamati komposisinya pada tingkat metafase ( bagian-bagian kromosom terdiri atas 2 kromatid dan bersusun di bidang ekuator), maka itu gambar-gambar kromosom atau biasa di sebut struktur kromosom selalu digambarkan dalam keadaan berganda (sepasang)

Bagian-bagian Kromosom



Bagian-bagian struktur Kromosom

Satuan Kromosom terdiri dari 2 (dua) bagian, berikut ini adalah bagian-bagian kromosom secara berurutan :

1. Bagian Kromosom Sentromer.
Sentromer adalah bagian kepala kromosom. Ketika sel membelah kromosom menggandung pada serat gelondong lewat sentromer. Sentromer itu tak menggantung kromonema dan gen.

2. Bagian Kromosom Lengan.
Lengan ialah badan kromosom sendiri yang mengandung kromonema dan gen. Lengan memiliki 3 daerah antara lain selaput, kandung dan kromonema.

Baca Juga Pengertian dan Ruang Lingkup Genetika Menurut Para Ahli

Menurut pekerjaan kromosom yang mengatur jenis kelamin dan memiliki ciri ciri bagian kromosom, maka kromosom juga dapat dibagi atas dua macam, berikut ini macam-macam kromosom :

1. Autosom.
Autosom adalah kromosom biasa, yang berperan menentukan dalam mengatur jenis kelamin.

2. Gonosom.
Kromosom kelamin yang berperanan menentukan jenis kelamin. Jumlah gonosom itu hanya satu sampai dua buah dalam tiap sel suatu individu.

Pada tumbuhan dan hewan banyak pula terdapat kromosom penyertaan, disamping kromosom biasa atau kromosom dasar. Kromosom dasar itu jumlahnya tetap pada setiap species mahkluk, bentuk dan macamnya pun tetap. Tapi kromosom penyerta (kromosom B) jumlahnya tak tetap, lebih kecil-kecil dan lebih tinggi nilai heterokromatiinnya, artinya lebih banyak mengandung gen tak aktif. Melihat kepada apakah kromosom itu terlindung dalam inti atau bukan, maka kromosom dapat pula dibagi 2 golongan. Berikut golongan-golongan kromosom :


1. Kromosom Prokaryon.
Merupakan yang terletak dalam inti gen, karena organisasinya tak berinti. Ini terdapat pada virus, bakteri dan gagang biru. Terdiri dari ADN dan secara sementara bisa juga diselaputi protein. Ia tak mengalami mekanisme pembelahan dan pemisahan seperti yang terdapat dalam proses mitosis dan meiosis.

2. Kromosom Eukaryon
Merupakan kromosom yang terletak dalam inti. Terdiri dari ADN dan selaput protein.

Bentuk- bentuk Kromosom



Bentuk- bentuk Kromosom

Pada setiap tubuh, berarti juga pada setiap sel tubuh dan gonad, bentuk-bentuk kromosom itu berbagi. Pada suatu species bentuk yang berbagai itu sama dan tetap. kalau dua makluk berbeda species, maka bentuk kromosom-kromosomnya berbeda. Maka renggang hubungan kerabat suatu mahluk makin banyak perbedaan dalam susunan dan bentuk kromosom serta struktur kromoson tersebut.

Struktur kromosom ada yang hanya memiliki 1 lengan, ada pula yang 2 lengan. bentuk kromosom ada yang kedua lengannya simetris, ada pula yang a-simetris. Ada kromosom yang kedua lengannya terentang pada satu garis lurus, ada pula yang membentuk sudut sesamanya. Ada kromosom yang lengannya gemuk, ada yang krurus ada yang pendek, ada yang panjang.

Itulah bagian-bagian kromosom dan ciri-ciri kromosom berserta bentuk-bentuk kromosom.