√ Titik Rawan Bencana dan Kecelakaan di Jalur Mudik Mojokerto - WASPADA --> -->

Advertisement

Titik Rawan Bencana dan Kecelakaan di Jalur Mudik Mojokerto - WASPADA

Senin, 27 Mei 2019

Ad1

Ad2

Titik Rawan Bencana dan Kecelakaan di Jalur Mudik Mojokerto - WASPADA

Mojokerto Selain rawan kemacetan, juga terdapat sejumlah titik rawan bencana alam dan kecelakaan. Maka dari ituu, para pemudik diimbau untuk selalu waspada saat melintasi jalur tersebut.

Kasatlantas Polres Mojokerto AKP Bobby Zulfikar telah mengatakan, bahwa terdapat 2 titik rawan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya. Salah satunya ialah pada  Simpang 4 Kepindon di Jalan Raya RA Basuni, Kecamatan Sooko. Selama setahun, sudah tercatat 7 korban kecelakaan tewas di titik tersebut.

"Karena kondisi jalan lebar dan lurus tanpa median jalan, maka kecepatan kendaraan cenderung sangat tinggi. Serta banyak akses masuk ke gang-gang permukiman penduduk sehingga mobilitas penyeberang jalan juga tinggi," ungkap kasatlantas kepada detikcom saat dikonfirmasi.

Titik rawan kecelakaan selanjutnya berada di jalur Pacet, Kabupaten Mojokerto-Cangar, Kota Batu. Jalur wisata ini sekaligus juga merupakan jalur alternatif bagi para pemudik.

Melalui jalur ini, maka waktu tempuh dari Batu atau Malang ke Mojokerto akan lebih singkat karena tanpa memutar melalui Gempol, Pasuruan terlebih dahulu.

"Akan tetapi di jalur ini banyak terdapat tanjakan dan turunan curam yang sering kali dapat mengakibatkan rem kendaraan blong," ujar Bobby.

Maka dari itu, para pemudik yang melalui jalur Pacet-Cangar diimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor atau mobil dengan sistem transmisi matic. Selain itu di saat melalui turunan curam, para pemudik diimbau juga selalu menggunakan gigi satu agar sistem pengereman tidak terbakar.

Kami juga meminta penambahan rambu-rambu ke dinas terkait, dan juga untuk memasang papan imbuan rawan kecelakaan, patroli rutin, serta penjagaan + pengaturan di jalur rawan kecelakaan, terang Bobby.

Jalur mudik rawan bencana alam, juga terdapat di wilayah Kabupaten Mojokerto. Menurut Bobby terdapat titik-titik rawan tanah longsor di jalur Pacet-Cangar dan Pacet-Trawas. karena di sepanjang jalur tersebut, terdapat tebing yang kondisinya kritis.

Kalau jalur rawan banjir di Jembatan Patung serta Jembatan Ketok, Jl Brawijaya, Kec Pungging. Karena saluran air kurang baik, dan jalan lebih rendah serta air sungai sering meluap," pungkasnya.

Berikutnya.