√ Trik Jitu Menagih Hutang Ke Teman Yang Banyak Janji [TANPA KEKERASAN] -->

Advertisement

Trik Jitu Menagih Hutang Ke Teman Yang Banyak Janji [TANPA KEKERASAN]

Selasa, 14 Mei 2019

Ad1

Ad2

cara menagih hutang ke teman

Menagih hutang ke teman memang sesuatu yang menjengkelkan apalagi teman yang pinjam uang tersebut banyak janji tanpa memikirkan perasaan kita, yang telah meminjamkan dia sejumlah uang.

Banyak alasan orang belum bisa membayar hutang salah satunya ialah kondisi keuangan dia lagi tidak stabil alias kere hore, namun ada juga yang sejak awal berniat tidak membayar hutang dengan beribu alasan, itu yang bikin darah tinggi kita naik.

Terdapat banyak cara untuk menagih hutang ke teman tanpa harus menggunakan kekerasan atau perselisihan, maka dari itulah saya akan memberikan trik cara nagih hutang yang terbukti berhasil.

Trik Jitu Menagih Hutang Ke Teman Yang Banyak Janji


Saya membuat tips cara menagih hutang ini berdasarkan pengalaman, jadi dapat dibilang trik ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menagih hutan ke teman anda.

Menagih hutang, tentu kita harus memahami prilaku orang yang pinjam uang kepada kita terlebih dahulu, apakah dia memiliki niat untuk membayar hutang tetapi belum ada uang atau memang orang tersebut tidak memiliki niat untuk membayar hutang sejak awal.

A. Niat Ingin Membayar Hutang Namun Kondisi Tidak Mendukung


menagih hutang ke teman

Nah pada poin yang pertama ini kita tentu memiliki perasaan yang serba salah, antara kebutuhan dan tidak tega. Jika kita tidak menagih namun keadaan kita lagi butuh uang, bila kita menagih, keadaan dia emang lagi tidak ada duit.

Namun semua itu ada solusi terbaik untuk mengatasinya, berikut ini penjelasannya.

1. Jangan Nagih Lewat Telpon
Biasanya cara ini yang sering digunakan sebagian orang, jika ia ingin menagih uang kepada temannya, namun cara itu adalah cara yang salah. Sebab jika anda menagih melalui telpon maupun SMS, anda tidak akan tau apakah kondisi yang ia alami sebenarnya.

2. Datang Kerumahnya.
Cara paling ampun untuk menagih hutang ialah dengan datang kerumahnya untuk menanyakan kabar dia dalam artian menanyakan kondisi yang ia alami terlebih dahulu (JANGAN LANGSUNG NAGIH HUTANG).

Setelah anda tahu kondisi yang dialami, maka anda akan tahu apa yang sebenarnya yang terjadi hingga dia belum bisa membayar hutangnya.

Misalnya kondisi dia lagi menganggur belum ada pekerjaan otomatis dia tidak bisa membayar hutang, kita paksapun tetap gak akan membuahkan hasil, yang ada justru keributan dan pertemanan semakin renggang.

Jadi langkah yang tepat ialah dengan anda membantu mencarikan pekerjaan terlebih dahulu, atau menyuruh dia untuk berjualan produk kita (khusus pedagang), dengan begitu dia akan mendapatkan uang dan gaji dia bisa buat nyicil hutang terhadap diri kita.

3. Sering Mengobrol
Cara ketiga untuk menagih hutang ialah dengan anda sering mengobrol meskipun melalui Telpon maupun sms.

Dan didalam obrolan tersebut anda jangan membahas mengenai hutang dia terhadap anda, namun silahkan anda mengobrol tentang diri anda, bilang aja bahwa diri anda lagi mengalami kesusahan dan membutuhkan uang banyak.

Dengan setiap hari dia mendengar curhatan anda, maka kemungkinan besar dia akan berusaha keras untuk membayar hutang terhadap anda, walaupun dia akan menjual barang paling berharga sekalipun, karena pada dasarnya dia niat ingin membayar hutang namun keadaan yang membuatnya belum mampu membayarnya.

4. Sering Bertemu
Nah poin keempat ini lanjutan dari poin ketiga yaitu anda harus sering berjumpa dengan dia, untuk meyakinkan dia bahwa kondisi anda benar benar lagi memburuk dan membutuhkan uang.

Seolah-olah harapan satu-satunya adalah menunggu uang yang dia pinjam ke pada anda, dengan memasang wajah memelas dan jangan pernah menggunakan nada yang kasar.

5. Jangan Menghina
Cara yang sudah saya jelaskan diatas tidak akan ada artinya jika anda melakukannya dengan nada kasar bahkan menghina dia, karena dengan anda menggunakan nada kasar untuk menagih hutang, maka akan membuat teman anda tidak mau berusaha untuk membayar hutang.

Apabila langkah diatas sudah anda lakukan namun belum berhasil maka bisa diambil kesimpulan bahwa teman anda tidak ada niat untuk membayar hutang. Jadi silahkan anda pakai trik yang B berikut ini.

B. Menagih Hutang Teman Yang Tidak Memiliki Niat Membayar


nagih hutang teman

Jika anda melihat bahwa teman anda tidak memiliki niat sedikitpun untuk membayar hutang kepada anda, maka anda harus menggunakan langkah yang agar ekstrim namun masih dibatas kewajaran.

1. Ceitakan Mengenai Hukum Agama
Secara umum manusia akan takut bila suatu saat masuk Neraka jahanam, nah pada bagian ini silahkan anda ceritakan bahwa anda niat menagih hutang itu bukan karena uang, melainkan karena anda sayang sama dia sebagai teman.

Dalam hal ini, bilang saja jika anda takut bila suatu saat hutang dia akan di tagih di akhirat, sebagai teman tentu anda tidak rela melihat teman bilan di siksa dineraka karena memiliki hutang yang belum dibayar.

Dengan begitu maka kemungkinan besar dia akan berfikir bahwa membayar hutang adalah yang wajib dilakukan, karena dengan membayar hutang pertemanan akan tetap terjalin dan tidak akan di tagih diakhirat.

2. Tanda Tangan Perjanjian Hutang di Kwitansi Bermaterai
Apabila langkah pertama tidak berhasil maka silahkan anda gunakan poin yang kedua ini yaitu dengan membuat kwitansi diatas materai.

Didalam membuat kwitansi isinya ialah jika teman anda tidak mau membayar uang sesuai jatuh tempo yang di tetapkan maka barang yang berada di rumah, seperti TV, Kasur boleh anda ambil kemudian anda jual sesuai nominal hutang dia.

Diwaktu pembuatan kwitansi usahakan anda membuatnya di RT setempat (Rumah teman anda), jika teman anda menolak anda bisa sedikit menggunakan pemaksaan.

3. Samperin Saudaranya.
Siapa sih saudara yang rela bila melihat saudara menderita, oleh karena itu anda bisa datang ke rumah saudaranya untuk meminta pertimbangan harus bagaimana untuk mengatasi masalah utang piutang ini.

Biasanya saudaranya itu akan memberikan cara yang tepat untuk menagih hutang ke teman anda (saudaranya) Bisa jadi saudaranya itu yang akan menanggung hutang teman anda itu.

Itulah beberapa langkah untuk menagih hutang ke teman anda yang banyak janji tanpa kekerasan, apabila langkah diatas belum mampu, maka anda bisa menggunakan cara terakhir yaitu dengan mengikhlaskan hutang teman anda. Karena persaudaraan lebih penting dari pada uang, sekian dan trimaksih.