√ Facebook, Intragram dan Whatsapp Eror Masal, Ini Penyebabnya --> -->

Advertisement

Facebook, Intragram dan Whatsapp Eror Masal, Ini Penyebabnya

Kamis, 14 Maret 2019

Ad1

Ad2

Facebook, Intragram dan Whatsapp Eror Masal, Ini Penyebabnya

Jakarta - Facebook membenarkan bahwa sejumlah layanannya tumbang yaitu Facebook sendiri, Instagram dan WhatsApp. Error masih terjadi dan sudah berlangsung berjam-jam. Apa penyebab sebenarnya?

Facebook tidak menjelaskan secara detail masalah yang mereka alami, hanya menjanjikan perbaikan segera. "Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah mengakses aplikasi di keluarga Facebook. Kami bekerja menyelesaikan isu ini secepat mungkin," terang Facebook.

Ada spekulasi bahwa Facebook tumbang karena terkena serangan DDoS dari hacker, namun mereka telah membantahnya. "Saya bisa mengkonfirmasi bahwa ini tidak ada hubungannya dengan usaha hack dari luar," kata juru bicara Facebook, Tom Parnell, kepada Wired.

"Tidak ada bukti yang mengindikasikan serangan. Bukan masalah itu," demikian konfirmasi dari Troy Mursch, periset sekuriti dari Bad Packets Report.

"Facebook, Google, perusahaan semacam itu sangat masif dan mereka bisa secara efektif meredam serangan skala besar sendiri. Dan tanpa keraguan, mereka telah mendesain koneksi internet mereka untuk masalah itu," sebut Alex Henthorn-Iwane, vice president ThousandEyes.

Dikutip detikINET dari Wired, jika bukan hacker, maka ada beberapa hal yang mungkin jadi penyebab. Seperti masalah di server, maintenance rutin yang ternyata tidak lancar atau isu di Domain Name System. Saat terjadi error, Facebook dan perusahaan sejenis seperti Google memang jarang mengungkap alasannya secara gamblang.

Sampai saat ini, error di aplikasi milik Facebook belum sepenuhnya terselesaikan walaupun telah berangsur normal. Permasalahan dilaporkan melanda sejumlah negara.

Berikutnya